20 Masalah Rumah Tangga dan Cara Mengatasinya

Masalah rumah tangga itu nyatanya sangat kompleks.

20 Masalah Rumah Tangga dan Cara Mengatasinya

Tidak ada hubungan apa pun itu yang bisa berjalan mulus tanpa adanya hambatan dan masalah, apalagi hubungan rumah tangga. Pernahkah kamu duduk dan bertanya-tanya mengapa pernikahan itu sulit? Apakah masalah pernikahan membuatmu mempertanyakan hubunganmu dan pasangan seperti mungkinkah itu bertahan lama?

Mengatasi masalah rumah tangga dengan cara yang sehat memang sangat sulit, terutama karena masalah itu bisa datang dari berbagai sumber. Meski begitu, bukan berarti masalah itu tidak ada jalan keluarnya, ya!

Berikut ini ada beberapa sumber masalah rumah tangga dan cara mengatasinya. Mempelajari semua masalah ini bisa membantumu memperkecil kemungkinan retakan yang lebih besar. 

1. Ketidaksetiaan

20 Masalah Rumah Tangga dan Cara Mengatasinya

Perselingkuhan adalah salah satu masalah rumah tangga yang paling umum ditemui. Dilansir dari laman Marriage.com, data terbaru menunjukkan bahwa sekitar 20% laki-laki yang diwawancarai mengaku selingkuh dengan pasangannya dibandingkan dengan 10% perempuan. 

Solusi untuk mengatasinya:

Perselingkuhan terjadi dalam suatu hubungan karena berbagai alasan. Perselingkuhan bisa terjadi ketika koneksi dalam rumah tangga tidak kuat dan dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan. Penelitian mengungkapkan bahwa mempertahankan ikatan emosional yang kuat, keintiman seksual, serta menghormati batasan adalah tiga cara utama untuk memerangi perselingkuhan dalam sebuah hubungan.

2. Masalah perbedaan seksual

Keintiman fisik sangat diperlukan dalam hubungan jangka panjang. Di sisi lain, ini juga merupakan akar penyebab dari salah satu masalah pernikahan paling umum. Masalah seksual dapat terjadi dalam suatu hubungan karena beberapa alasan, salah satunya karena adanya perubahan situasi setelah memiliki anak. 

Kehidupan seksual tidak lagi jadi prioritas karena fokus sang istri akan terbagi pada sang buah hati. Belum lagi jika istri harus mengalami gejolak emosi yang parah, mulai dari kelelahan, stres, mood swing, tentu semua itu akan berpengaruh pada aktivitas seksual.

Selain itu, masalah seksual yang juga umum dalam rumah tangga adalah hilangnya libido. Banyak anggapan bahwa hanya perempuan yang mengalami masalah libido, padahal laki-laki juga mengalami hal yang sama.

Kasus lainnya, masalah seksual dapat disebabkan oleh preferensi seksual pasangan. Misalnya, dalam hubungan bisa saja pasanganmu menyukai hal-hal seksual yang berbeda darimu, dan akhirnya membuat kalian saling merasa tidak nyaman.

Cara mengatasinya:

Kunci untuk melewati segala bentuk ketidakcocokan seksual adalah dengan menerapkan komunikasi dan tetap berpikiran terbuka. Ini dapat membangun kembali ikatan fisik dan emosional yang sangat penting untuk keintiman seksual untuk berkembang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here