Natal adalah waktu yang indah untuk dihabiskan bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, kerabat, dan pasangan. Momen Natal yang hanya dirayakan satu tahun sekali ini memang seharusnya dimanfaatkan dengan baik, khususnya dengan pasangan. Pasalnya, tradisi Natal adalah cara yang bagus bagi setiap pasangan untuk saling terhubung secara emosional.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di momen spesial itu, karena tidak ada aturan pasti bagaimana setiap orang harus menghabiskan hari Natalnya. Ada yang memilih menghabiskan Natal di rumah, ada juga yang menikmatinya dengan berkeliling melihat suasana di luar. 

Kalau kamu masih bingung atau bosan dengan kegiatan Natal yang biasa kamu lakukan, berikut ini Popbela bagikan sejumlah referensi ide perayaan Natal menyenangkan bersama pasangan!

1. Jadi secret santa

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan watermillcaterers.com

Karena Natal identik dengan hadiah, maka kegiatan pertama yang bisa dicoba berkaitan dengan pemberian hadiah. Yup! Kamu bisa mengejutkan pasanganmu atau orang-orang tersayang dengan menjadi secret santa mereka, lho!

Agar kebahagiaannya berimbang, kamu dan pasangan bisa saling bertukar kado Natal satu sama lain. Tidak harus selalu yang mahal, tapi pilihlah yang sekiranya paling ia sukai. Ingatlah kalau kamu memberinya di hari yang sangat spesial. Eits, tapi jangan lupa dirahasiakan, ya! Namanya juga secret!

Namun, kamu masih bisa, kok, memberi beberapa “clue” mengenai hadiah yang akan diberikan. Dijamin pasanganmu pasti akan antusias denganmu, begitu pun sebaliknya.

2. Buat makan malam bersama

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan Freepik.com

Salah satu ide kencan malam Natal yang mungkin disukai hampir semua pasangan adalah memasak makan malam bersama. Kegiatan memilih makanan favorit akan membawa kembali kenangan kalian sebagai pasangan. Kalian juga bisa memilih resep baru yang dicontek dari internet dan ciptakan kenangan baru bersama. 

3. Memanggang kue Natal

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan Pexels.com/Nicole Michalou

Jangan hanya ingat soal makanan utama saja, tapi Natal akan terasa kurang lengkap tanpa adanya cokelat atau kue-kue manis yang lezat. Lagipula, apa yang lebih menarik dari rumah yang beraroma cookies hangat atau kue lezat? 

Memanggang kue tidak hanya akan membuat rumahmu harum, tetapi kamu dan pasangan juga dapat menikmati camilan yang telah kalian panggang bersama segera setelah selesai. Kalau mau lebih romantis, kalian bisa sisipkan adegan layaknya film-film romantis, yaitu pertarungan tepung yang menggemaskan di dapur. Gimana, seru kan?

4. Menghias pohon Natal

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan freepik.com/senivpetro

Ide perayaan Natal menyenangkan bersama pasangan yang rasanya sudah menjadi agenda rutin adalah menghias pohon Natal. Kamu dan pasangan bisa berbagi peran untuk memilih hiasan yang tepat untuk digantung di pohon Natal. 

Mungkin dulu pohon Natal di keluarga kalian dihiasi oleh ornamen-ornamen yang mewah. Akan tetapi nggak ada salahnya kalau kalian mau mencoba sesuatu yang baru, lho. Salah satunya jika kalian ingin mencoba ornamen yang dibuat bersama atau DIY. Kalian bisa mencari referensinya dari internet atau lewat Pinterest. Kegiatan ini pasti semakin membuat kalian semangat dan bergairah, deh!

5. Mendekorasi rumah dengan berbagai pernak-pernik

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan Freepik.com

Jangan hanya hias pohon Natalnya saja, Bela! Biarkan suasana kebahagian Natal menyebar secara menyeluruh dengan cara mendekorasi rumah menggunakan berbagai pernak-pernik. Hal ini tentu bisa membuat rumah terasa nyaman dan semakin meriah.

Kamu bisa memulainya dari membeli pernak-pernik bersama sesuai kebutuhan. Kemudian hiasi bagian pintu dan jendela rumah dengan ornamen-ornamen, terakhir membingkai foto-foto bersama pasangan. 

6. Belanja bersama

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan Pexels.com/Andrea Piacquadio

Nah, semua ornamen dekorasi yang kamu berikan di pohon Natal dan area rumah tentu kamu dapatkan dari hasil belanja. Begitu pun dengan bahan makanan atau kue jika kalian memilih memasak bersama. Untuk itu, manfaatkan momen belanja berbagai kebutuhan tersebut dengan melakukannya bersama pasangan. 

Dengan melakukannya bersama-sama, kalian bisa saling berdiskusi mengenai apa-apa saja yang dibutuhkan. Alhasil, itu akan membuat kalian merasa saling dihargai satu sama lain.

7. Menonton film

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan mirror.co.uk

Ide perayaan Natal menyenangkan bersama pasangan selanjutnya adalah menonton film bersama! Ini adalah pilihan yang cocok kalau kamu ingin menghabiskan waktu lebih banyak berdua. Apalagi kalau film yang kalian pilih adalah film romantis. Pasti tidak hanya membuat malam Natal kalian menyenangkan tetapi juga terasa hangat. 

Selain itu, ide kencan malam dengan menonton film di rumah ini juga merupakan cara terbaik untuk menghemat uang saat Natal. 

8. Makan malam romantis

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan freepik.com/DCStudio

Jika kamu dan pasangan tidak memiliki waktu untuk memasak bersama, maka salah satu kegiatan yang bisa menjadi alternatif adalah melakukan dinner romantis di restoran. Tempat untuk melakukan kegiatan ini sifatnya fleksibel, karena bisa dilakukan di mana pun, tidak harus di tempat yang mahal.

Selain restoran, makan malam romantis di rumah pun bisa dilakukan. Kalian hanya perlu menyiapkan elemen-elemen pendukung seperti lilin untuk di meja makan, playlist lagu Natal dan lagu romantis, atau mungkin hiasan lainnya di meja makan. 

Elemen-elemen itu semakin mendukung suasana malam Natal dan menjadi pelengkap kebahagian kalian di momen spesial tersebut. 

9. Buat bucket list liburan

9 Ide Perayaan Natal Menyenangkan Bersama Pasangan Freepik.com

Terakhir, kegiatan yang tidak kalah seru adalah membuat daftar liburan bersama pasangan! Selama satu tahun ke belakang kalian mungkin sudah sama-sama berjuang dengan rutinitas pekerjaan yang sedikit mengganggu waktu berkualitas berdua. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan yang bisa menyenangkan di hari yang juga menyenangkan.

Membuat daftar liburan ini tidak hanya akan membuat kalian bersemangat, tetapi juga meningkatkan emosional hubungan karena adanya perasaan saling dihargai. Yup! Karena kalian sama-sama mau meluangkan waktu untuk berlibur bersama.

Itulah tadi sejumlah ide perayaan Natal menyenangkan bersama pasangan yang tidak hanya seru tetapi juga bisa meningkatkan kedekatan secara emosional. Semoga bisa menginspirasi dan membuat hari Natalmu menjadi lebih berwarna, ya, Bela!

Baca Juga: Penuh Makna dan kehangatan, Ini 15 Ucapan Natal dalam Bahasa Inggris

Baca Juga: 8 Inspirasi Kado Natal Berkesan untuk Mertua

Baca Juga: 7 Ide Kencan Menyenangkan untuk Para Introvert