Sikap underestimate pada diri sendiri adalah memandang rendah dan menilai diri selalu kurang dalam segala hal. Sikap ini juga banyak menjangkit kaum cewek terutama saat mereka sudah menikah, entah karena bentuk tubuh yang berubah atau kesadaran status sosial yang terasa lebih sensitif.

Banyak kaum cewek yang nggak cukup yakin dengan sisi menarik mereka di depan suaminya. Berikut beberapa contoh sikap yang seharusnya dijauhi cewek supaya nggak underestimate pada diri sendiri.

1. Nggak percaya diri dengan postur tubuh, misal terlalu pendek

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan SuamiUnsplash.com/wooozxh

Perbedaan postur tubuh dengan pasangan memang terlihat timpang. Misalnya pasangan punya tubuh yang tinggi dan gagah, sedangkan kamu mungil dan pendek. Sebaliknya, ada pula cewek yang tinggi tubuhnya melebihi suaminya. Sudah banyak, kok, perbedaan postur tubuh pasangan semacam ini, dan mereka tetap bahagia.

Kekhawatiranmu pada penilaian buruk dari suami hanya anggapan semu, toh dia nggak pernah mengeluhkannya, kan? Kenapa harus minder kalau suamimu sendiri terang-terangan memilihmu sebagai istri? 

2. Merasa kurang cantik

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan SuamiUnsplash.com/Anh Le

Pasanganmu pasti punya alasan kuat mengajakmu hidup bersama. Pernah dengar, kan, kalau cantik itu relatif bagi setiap orang? Mungkin dia terpesona pada kebaikan atau prestasimu selama ini. Boleh jadi dia jatuh cinta pada caramu menyelesaikan masalah dan merasa nyaman bersamamu.

Merasa kurang cantik dan takut suami melirik cewek lain hanya kekhawatiran yang kamu buat-buat sendiri. Hilangkan perasaan underestimate semacam ini, sebab kamu memesona jadi dirimu sendiri. 

3. Merasa nggak sepadan dengan kondisi latar belakang keluarga suami

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan SuamiUnsplash.com/A L ff0x69FIayk

Underestimate pada diri sendiri dalam hal ini cukup sering dirasakan cewek. Kalau kamu ada di posisi yang cukup kontras dengan latar belakang keluarga suami dari segi materi, nggak perlu merasa rendah diri kok, sebab suami mantap memilihmu sebagai istri pasti karena kamu spesial di matanya.

Kurang percaya diri memang wajar, tapi kamu tetap harus menjaga wibawa dan citra baikmu di depan keluarga suami. Kedepankan attitude yang baik dan curahkan rasa sayang, itu yang lebih suamimu butuhkan

4. Kurang percaya diri karena masalah kulit, baik wajah maupun bagian tubuh yang lain

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan Suamifreedesignfile.com

Sering membandingkan diri dengan para artis atau selebgram berkulit mulus, memang bisa mencuatkan pandangan rendah pada penampilanmu sendiri. Underestimate dalam kasus ini juga cukup banyak menjangkit kaum cewek. Mereka merasa minder karena beragam masalah kulit, seperti punya bekas luka pada kulit tubuh atau jerawat membandel di muka.

Kamu nggak sadar kalau perasaan ini bikin hatimu sakit sendiri, lama-lama kamu bisa frustasi. Padahal pasanganmu sudah menerima kamu apa adanya jauh sebelum ia mengajakmu menikah. Hilangkan sikap minder dan rawatlah kulitmu dengan baik sesuai dengan kemampuanmu. Kamu harus hargai dirimu sendiri.

5. Merasa nggak menarik dan bingung dengan penampilan yang cocok

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan Suamiunsplash.com/Avel Chuklanov

Pernah gonta-ganti model baju tapi merasa semua model kelihatan jelek di tubuhmu? Boleh jadi kamu underestimate pada penampilanmu sendiri. Kamu merasa nggak menarik dilihat dari sisi mana pun, sampai-sampai bingung mau pakai kostum yang mana.

Padahal bisa jadi suami atau orang lain nggak begitu memperhatikan atau peduli dengan pakaianmu. Kamunya saja yang terlalu khawatir dan berlebihan. Ubahlah sikap ini dengan membuang jauh rasa nggak percaya diri. Kamu harus yakin kalau kamu itu menarik, karena dengan sendirinya kamu bakal terlihat pantas mengenakan baju apa pun.

6. Merasa berat badan gak proporsional, terlalu kurus atau gemuk misalnya

6 Sikap 'Rendah Diri' Ini Sering Dirasakan Cewek di Depan SuamiNews-Medical.Net

Setiap cewek pasti ingin bentuk tubuh yang ideal, gak gemuk atau pun terlalu kurus.Beragam cara dan diet dilakukan demi mendapat tubuh idaman. Tapi mengubah bentuk tubuh itu nggak instan, alhasil banyak cewek yang underestimate pada body mereka sendiri.

Boleh-boleh saja punya ambisi untuk mendapat bentuk tubuh yang proporsional, tapi kamu harus tetap mencintai dirimu sendiri. Bersyukurlah saat suami menerimamu apa adanya, kamu gak perlu mempersulit diri dengan perasaan minder.

Nah, itu dia sederet sikap underestimate yang sering dirasakan cewek pada dirinya sendiri, padahal sang suami sudah mencintai apa adanya. Mulai sekarang gantilah sikap ini dengan rasa percaya diri. Yuk, lebih hargai dan cintai diri kita sendiri!

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "6 Sikap 'Rendah Diri' yang Sering Dirasakan Cewek di Depan Suaminya"

Baca Juga: 8 Sikap yang Harus Dijauhi Pengantin Baru Pasca Menikah