Setelah sukses menggelar acara pernikahan di Solo pada 8 November lalu, kini Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sedang mempersiapkan diri untuk acara ngunduh mantu yang rencananya berlangsung tanggal 24-26 November nanti. Prosesi tersebut akan diselenggarakan di Medan dan sejauh ini sudah banyak pihak yang mempersiapkan acara tersebut, mulai dari pihak kepolisian hingga rencananya kembali menggunakan bantuan dari para relawan.

“Ngunduh mantu itu ngapain sih?” Mungkin sebagian dari kita belum paham bahkan akrab dengan istilah ini. Hal itu wajar karena di zaman modern ini, prosesi ngunduh mantu semakin jarang ditemui karena sifatnya yang nggak wajib. Namun bagi keluarga yang masih memegang kebudayaan Jawa yang kuat, ngunduh mantu menjadi prosesi yang sayang untuk ditinggalkan. Jadi, sebenarnya apa sih yang akan dilakukan Kahiyang dan Bobby pada saat ngunduh mantu nanti?

1. Makna prosesi ngunduh mantu

3 Hal tentang Prosesi Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu dan Bobby NasutionInstagram @allseasonsphoto

Dilihat dari bahasanya, ngunduh mantu memiliki makna mengambil menantu. Prosesi ini adalah momen di mana orangtua mempelai wanita menyerahkan anak perempuannya yang baru menikah kepada keluarga suaminya. Prosesi ini biasanya nggak sebesar prosesi pernikahan. Ngunduh mantu sendiri memiliki makna yang dalam yaitu sebagai ucapan rasa syukur karena telah mendapatkan menantu yang baik dan sesuai harapan.

2. Lokasi dan waktu ngunduh mantu

3 Hal tentang Prosesi Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu dan Bobby NasutionInstagram @allseasonsphoto

Pernikahan Kahiyang dan Bobby diselenggarakan di Solo karena sesuai dengan asal keluarga mempelai wanita yaitu Solo. Sedangkan untuk ngunduh mantu dilakukan di kediaman keluarga pria. Karena Bobby berasal dari Medan, maka Presiden RI Joko Widodo beserta keluarga termasuk Kahiyang harus terbang ke Medan demi menunaikan prosesi ini. Ngunduh mantu biasanya dilakukan pada hari ke-5 setelah pengantin baru tinggal di kediaman keluarga wanita.

3. Prosesi yang disesuaikan dengan asal pasangan

3 Hal tentang Prosesi Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu dan Bobby NasutionInstagram @allseasonsphoto

Dalam ngunduh mantu, ada beberapa prosesi yang perlu dilakukan seperti penyambutan besan, menjalani beberapa ritual hingga sambutan. Namun karena Bobby berasal dari Medan, maka sebelum melakukan prosesi ngunduh mantu, ada beberapa prosesi yang perlu dilakukan, salah satunya yaitu pemberian marga. Meski memiliki nama belakang Nasution, marga yang akan diserahkan kepada Kahiyang adalah marga yang ada pada nama ibu kandung Bobby, yaitu Siregar. Setelah penyerahan marga, akan ada prosesi potong kerbau yang juga akan dihadiri oleh marga lainnya.

Semoga acara ngunduh mantu-nya nanti berjalan lancar sesuai dengan rencana ya, Bela.

BACA JUGA: Fantastis, Ini Kado Pernikahan yang Nggak Bisa Kahiyang Ayu Tolak