Nama Jennifer Dunn beberapa waktu lalu ini menjadi buah bibir masyarakat karena dirinya disebut-sebut telah merebut suami orang. Bahkan, kini dirinya mengaku bahwa dia telah menikah secara siri dengan Faisal Harris. Istilah nikah siri pun semakin sering terdengar di kalangan selebriti Tanah Air. Tapi sebenarnya apa sih nikah siri itu?

1. Pengertian nikah siri

Masih Banyak yang Belum Paham, Ini 5 Fakta tentang Nikah Siridok. internet

Nikah siri berasal dari bahasa Arab yaitu sirri yang artinya rahasia. Pernikahan ini diartikan secara rahasia karena nggak tercatat secara hukum dalam Kantor Urusan Agama sehingga nggak sah secara hukum. Namun, pernikahan ini dianggap sah secara agama karena telah memenuhi syarat-syarat adanya pernikahan seperti kedua mempelai harus memiliki keyakinan yang sama dan nggak ada hubungan kerabat, adanya saksi, ijab kabul dan mahar serta mendapat restu dari orangtua atau wali pihak perempuan.

2. Alasan seseorang menikah siri

Masih Banyak yang Belum Paham, Ini 5 Fakta tentang Nikah Siriihdimages.com

Adakalanya sepasang kekasih ingin meresmikan hubungan mereka namun memilih untuk menikah siri karena berbagai alasan. Melansir dari Tirto.ID, salah satu alasannya karena nggak sanggup membayar biaya administrasi meskipun sudah diringankan oleh kebijakan pemerintah. Masih dari perkara ekonomi, nikah siri bisa terjadi apabila ada dorongan dari pihak keluarga perempuan untuk segera menikah supaya masalah keuangan menjadi tanggung jawab suaminya. Namun apapun alasannya, nikah siri nggak boleh dilakukan jika tujuannya untuk memenuhi kepuasan fisik saja.

3. Kerugian dalam nikah siri

Masih Banyak yang Belum Paham, Ini 5 Fakta tentang Nikah Sirivideolocks.com

Karena nggak diakui secara hukum, maka ada beberapa hal yang hilang dalam pernikahan siri jika dibandingkan dengan pernikahan pada umumnya. Perempuan merasa dirugikan karena nggak terlindungi secara hukum jika terjadi KDRT maupun pembagian gono gini. Selain itu, anak yang lahir dari pernikahan siri nggak diakui secara hukum sehingga dipandang sama seperti anak di luar nikah. Istilah ini memang merugikan anak tersebut dan keluarga yang bersangkutan sehingga sampai saat ini masih terjadi pro dan kontra. Terakhir, pembagian warisan nggak berlaku kepada istri dan anak dalam pernikahan siri. Jika suami ingin memberikan hartanya kepada istri dan anak sirinya, maka hal tersebut dianggap sebagai wasiat, bukan warisan. Itu semua menjadi masalah karena Indonesia merupakan negara hukum.

4. Nikah siri di era digital

Masih Banyak yang Belum Paham, Ini 5 Fakta tentang Nikah Sirigodates.co

Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat heboh dengan kemunculan situs nikah siri, di mana penggunanya bisa menjadi calon suami atau istri, saksi dan keperluan lainnya yang menjadi syarat dalam nikah siri. Hal tersebut menuai kontroversi karena nggak hanya nikah siri dianggap nggak sah secara hukum, situs ini seolah membuka peluang yang begitu mudah dan besar bagi orang yang ingin menikah siri dengan alasan yang kurang jelas, terutama untuk bersenang-senang. Kini, situs tersebut sudah diblokir.

5. Nikah siri di dunia hiburan

Masih Banyak yang Belum Paham, Ini 5 Fakta tentang Nikah SiriInstagram @mulanjameela1

Jennifer Dunn kini mengakui bahwa dirinya sudah menikah siri. Nggak hanya dia, beberapa seleb Indonesia yang mengaku pernah menikah siri antara lain Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo yang sempat menikah siri selama beberapa tahun sebelum meresmikan pernikahan mereka di jalur hukum. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela pun juga sempat menikah secara siri. Dari sekian banyak artis yang pernah menikah secara siri, sebagian dari mereka sudah memilih untuk menikah secara sah di mata hukum.

BACA JUGA: 5 Artis Indonesia yang Memilih Menikah Siri