Setiap wanita yang bekerja tentu pernah terlintas pertanyaan dalam benaknya, “Bisa nggak ya tetap bekerja setelah menikah nanti?” Pasalnya, memang ada beberapa suami yang melarang istrinya untuk kembali aktif bekerja setelah menikah. Tapi ada juga lho, walaupun suami memberikan kebebasan, sang istri justru ragu kembali bekerja karena takut repot, apalagi kalau punya anak nantinya.

Setiap working mom tentu punya cara sendiri dalam mengatur rumah tangga, anak dan pekerjaan. Artis Bunga Zainal yang akhir-akhir sedang ramai diperbincangkan juga punya kiat khusus untuk mengurus semuanya. Gimana caranya? Yuk, tiru sama-sama.

1. Nggak menghilangkan pekerjaan sebelumnya

4 Cara Bunga Zainal Bagi Waktu Antara Pekerjaan dan KeluargaInstagram @bungazainal05

Bunga sebagai aktris tentu nggak melepaskan pekerjaan yang telah membesarkan namanya begitu saja. Kegiatan syuting pun masih ia lakukan, namun tentu dengan porsi yang sesuai dengan perannya kini sebagai istri dan ibu. Dirinya mengaku bahwa dia memiliki perjanjian khusus dengan suami bahwa dirinya tetap diperbolehkan syuting asalkan memprioritaskan keluarga dengan sampai rumah lebih awal.

2. Membangun bisnis

4 Cara Bunga Zainal Bagi Waktu Antara Pekerjaan dan KeluargaInstagram @bungazainal05

Nggak hanya aktif di dunia hiburan, ternyata Bunga juga memiliki bisnis di bidang perawatan tubuh. Sebagian wanita yang sudah menikah membangun bisnis untuk menambah pendapatan, tapi ada juga bisnis yang dijadikan sebagai kegiatan mengisi waktu luang, apalagi jika bisnisnya berkaitan dengan hobi. Apapun alasannya, carilah dukungan dari suami tercinta supaya bisnismu berjalan lancar, persis seperti yang dilakukan Bunga terhadap suaminya.

3. Prioritaskan anak dan suami

4 Cara Bunga Zainal Bagi Waktu Antara Pekerjaan dan KeluargaInstagram @bungazainal05

Inilah alasan kenapa Bunga perlu membuat perjanjian kepada sang suami jika dirinya masih ingin aktif bekerja. Walau sibuk dengan syuting dan bisnis, Bunga harus tiba di rumah lebih awal dari suami saat menjelang makan malam supaya ada yang mendampingi anak-anaknya. Sadarlah bahwa kini kamu bukan hanya wanita karier dan bebas berkumpul dengan teman atau mampir ke mal sepulang kerja. Berikan batasan yang jelas sejauh apa urusan pekerjaan dan bisnis menyita waktumu.

4. Luangkan waktu santai dengan keluarga

4 Cara Bunga Zainal Bagi Waktu Antara Pekerjaan dan KeluargaInstagram @bungazainal05

Banyak yang menjuluki working mom sebagai wonder woman karena bisa mengurus banyak hal mulai dari anak, rumah tangga, suami, pekerjaan bahkan bisnis. Tanggung jawab yang nggak sedikit itu sering menguras tenaga dan pikiran. Maka dari itu, kamu butuh penyegaran, entah itu berlibur keluar kota bersama keluarga atau membuat acara sendiri di rumah. Pergilah makan malam dengan suami ke tempat romantis seperti yang dilakukan Bunga untuk menjaga keharmonisan. Jangan ragu untuk mengambil jatah cuti. Bagaimanapun, kamu tetaplah manusia yang membutuhkan waktu beristirahat.

BACA JUGA: Bela, Kamu Nggak Perlu Merasa Bersalah sebagai Working Mom​