Menikah merupakan suatu momen yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu tak jarang setiap orang berlomba-lomba untuk memberikan kesan yang istimewa saat pernikahan. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau ada cara mudah untuk menghemat biaya pernikahan. Singkirkan gengsi, biaya yang murah tetap bisa membuat momen pernikahanmu berkesan. Untuk kamu yang sedang merencanakan pernikahan, berikut rincian pernikahan dengan modal 5 juta rupiah.

1. KUA dan penghulu

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!thinglink.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengajukan pernikahan di Kantor Urusan Agama. Persyaratannya pun berupa dokumen seperti fotokopi KTP, akta kelahiran, surat pengantar dari RT, dan sebagainya. Adapun biaya yang dikeluarkan yaitu biaya pencatatan nikah sebesar Rp 30 ribu. Setelah semua berkas selesai, jangan lupa untuk mengundang penghulu. Biaya penghulu ini biasanya berkisar Rp 600 ribu.

2. Gedung pernikahan

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/Jeremy Wong

Untuk gedung pernikahannya bisa dilaksanakan di tempat yang bebas biaya seperti rumah atau halaman tempat ibadah. Kamu pun bisa memanfaatkan halaman agar nggak menyewa pelaminan. Agar terlihat menarik, kamu bisa menggunakan dekorasi yang simpel namun tetap cantik.

3. Mahar dan seserahan

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/Porapak Apichodilok

Saat mulai mendekati pernikahan tentunya kamu sudah harus mempersiapkan mahar atau seserahan. Biaya mahar dan seserahan ini mulai dari Rp 250 ribu. Contoh ide seserahan yang bisa dicoba adalah baju gamis, alat salat, dan kain batik.

4. Baju dan Makeup

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/freestocks.org

Selain yang sudah disebutkan, kedua mempelai pun juga harus mempersiapkan baju dan makeup. Untuk biayanya berkisar sekitar Rp 1 juta. Perlu diingat bahwa baju pernikahan tidak usah terlalu mewah dan gunakan makeup yang natural saja.

5. Dokumentasi

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/Marcus Spiske

Biaya menyewa fotografer biasanya berkisar Rp 1 juta. Kamu pun bisa mengajak teman yang ahli dalam fotografi agar biaya lebih terjangkau. Tak perlu menyetak foto, cukup gunakan dalam bentuk soft file. Hindari menggunakan foto prewedding sebagai dekorasi untuk hemat biaya.

6. Konsumsi

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/Edward Eyer

Konsumsi seringkali menjadi salah satu biaya terbesar dalam pernikahan. Untuk menyiasatinya, kamu dan keluarga bisa mencoba masak sendiri. Jika ingin lebih praktis bisa juga katering dengan penjual gerobak makanan seperti bakso atau siomay. Untuk konsumsi ini menghabiskan biaya sekitar Rp 900 ribu.

7. Undangan

Menikah Bisa Modal 5 Jutaan, Ini Caranya!pexels.com/Alena Koval

Terakhir yang tak kalah penting adalah menyiapkan undangan. Kamu bisa mendesain undangan tersebut dengan ukuran kecil dan selembar saja. Untuk undangannya kamu bisa membuat 300 buah. Harganya pun tak sampai Rp 800 per lembar.

Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat menyebarkan undangan melalui e-mail ataupun media sosial. Cukup mengundang keluarga dan tetangga dekat agar suasana tak terlalu ramai. Kamu dan pasangan pun bisa lebih santai dan senang saat mengobrol dengan mereka.

Itu dia rincian pernikahan dengan modal kurang lebih 5 juta rupiah. Pastikan kamu bisa berkomunikasi dengan baik bersama pasangan dan keluarga untuk membicarakan hal ini. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca Juga: 11 Cara Cepat Menabung untuk Modal Nikah dengan Gaji Rp 3 Juta