Prosesi Pernikahan Adat Bali

Nggak kalah dengan keistimewaan alamnya

Prosesi Pernikahan Adat Bali

Bukan hanya keindahan alam yang dimiliki Bali, namun budaya yang mereka miliki juga mengandung keistimewaan dan keindahan budaya yang sangat kental. Bali adalah daerah yang sangat erat mempertahankan kebudayaannya.

Begitu pun dalam pernikahan, mereka masih sangat memegang erat ritual-ritual kebudayaan mereka dalam prosesi pernikahan adat Bali yang mereka lakukan secara turun-temurun. Yuk simak rangkaian acara prosesi pernikahan adat Bali.

1. Menentukan hari baik

Warga yang akan melakukan upacara pernikahan ini memilih hari baik sesuai dengan kalender Hindu, hari baik dipilih mulai dari calon mempelai laki-laki datang untuk nyedek (memberitahukan) hari melangsungkan pernikahan sesuai hari yang disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Pemilihan hari baik diyakini akan memengaruhi kelancaran melakukan upacara tersebut dan juga kehidupan mereka sebagai suami istri saat berumah tangga nantinya.

2. Upacara Ngekeb

Prosesi pernikahan adat Bali selanjutnya adalah upacara yang melambangkan transformasi mempelai perempuan dari remaja menjadi seorang istri yang setia terhadap suaminya. Upacara ini juga ditujukan untuk memohon restu kepada Tuhan agar merestui kedua belah mempelai dalam ikatan suami istri dan di masa depan nanti dan diberikan keturunan yang baik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here