Pangeran William dan Kate Middleton telah menikah sejak 29 April 2011 lalu. Royal Wedding dari Kerajaan Inggris ini adalah salah satu momen fenomenal yang ditunggu-tunggu masyarakat. Banyak yang mengidam-idamkan untuk bisa menikah dengan keluarga dari kerajaan tersebut. Apalagi sosok Kate yang menjadi idola masyarakat karena kesederhanaannya.

Latar belakang Kate yang sederhana pun menjadi nilai tambah untuknya menjadi seorang pendamping hidup anak kerajaan, Pangeran William. Tapi ternyata banyak fakta menarik dari sesi pernikahan mereka yang mungkin sebelumnya kamu nggak ketahui.

1. Pernikahan mereka dijadikan libur nasional

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonharpersbazaar.com

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton dilaksanakan di Westminster Abbey pada 29 April 2011. Saat hari pernikahan mereka berlangsung, di tanggal itulah hari pernikahan mereka dijadikan libur nasional. Hal itu juga berlaku di wilayah Bermuda, Turki, Caicos, dan Kepulauan Falkland.

2. Kate melakukan makeup-nya sendiri

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonaol.com

Menurut wedding planner pernikahan Kate dan William, Kate beberapa kali mengikuti kelas makeup dengan Arabella Preston secara privat. Seharusnya Arabella datang pada saat pernikahan Kate dan membantunya, namun Kate mengatakan kalau dia nyaman dan percaya diri untuk melakukan makeup pernikahannya sendiri.

3. Kate dan Pangeran William nggak mengeluarkan biaya pernikahan

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletontownandcountrymag.com

Melihat Royal Wedding yang begitu megah, mungkin banyak yang bertanya, berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan? Pernikahan Kate dan Pangeran William menghabiskan biaya 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 379,46 miliar. Anggaran pernikahan Kate dan Pangeran William ditanggung oleh pihak keluarga yaitu Ratu Inggris, Pangeran Charles, orangtua Kate, dan dari pajak rakyat Inggris. Kate dan Pangeran William nggak mengeluarkan anggaran untuk pernikahan mereka sendiri.

4. “Mengenakan sesuatu yang lama, yang baru, yang dipinjam, dan berwarna biru” adalah tradisi berpakaian yang harus Kate ikuti.

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonwomansown.co.uk

Tradisi yang harus diikuti oleh Kate sebagai calon pasangan dari keluarga kerajaan adalah dalam memilih pakaian untuk dikenakan saat pernikahan. Kate menggunakan gaun yang dibuat Alexander McQueen dengan aksen renda yang sudah tua. Anting yang digunakannya adalah hadiah pernikahan dari orangtua Kate. Ia juga meminjam tiara Ratu Elizabeth II, dan mengenakan pita biru yang dijahit di gaunnya.

5. Pakaian Pangeran William dan Pangeran Harry berbahan sweatproof

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonhellomagazine.com

Pakaian militer kerajaan yang digunakan Pangeran William dan Pangeran Harry dibuat senyaman mungkin untuk dikenakan. Pakaian mereka terbuat dari bahan sweat-wicking sehingga pakaian mereka pun sweatproof. Mereka akan tetap merasa dingin selama upacara pernikahan berlangsung.

6. Tidak ada sesi tukar cincin

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonwww.boston.com

Sebelum hari pernikahan mereka berlangsung, pihak kerajaan mengumumkan keputusan Pangeran William untuk nggak menggunakan cincin. Hal ini keluar dari tradisi namun mereka sudah membicarakannya dengan pihak keluarga. Memang Pangeran William sendiri nggak menyukai menggunakan perhiasan sehingga memilih untuk hanya memakaikannya pada sang istri.

7. Memiliki tiga orang anak yang sudah menjadi idola banyak masyarakat

7 Fakta Menarik Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletonhellomagazine.com

Setelah delapan tahun pernikahan Pangeran William dan Kate sudah dikaruniai tiga orang anak, dua laki-laki dan seorang perempuan. Anak laki-laki pertama meraka bernama Pangeran Louise of Cambrige, anak kedua yang seorang perempuan bernama Pangeran Charlotte of Cambrige, dan anak ketiga mereka yang seorang laki-laki bernama Pangeran George of Cambrige.

Baca Juga: Gelar Terhormat, Kado Pernikahan Kate Middleton dari Ratu Inggris