Romantisme yang mulai berkurang atau bahkan hilang di kehidupan pasca pernikahan memang membuat sebagian pasangan, khususnya para istri, terkejut. Mulai dari tuntutan hidup yang membuat rasa lelah memuncak, sampai kesibukan yang makin menggila, jadi beberapa penyebab mengapa perilaku manis jarang didapatkan lagi dari pasangan. 

Nah, kalau kamu salah satunya yang mengalami hal ini, kamu nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan keromantisanmu dengan pasangan, lho.

Dari banyaknya cara tersebut, Popbela sudah merangkumnya menjadi 7 poin nih. Ini dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi sikap suami yang mulai tidak romantis.

1. Menerima apa adanya

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisDok. Confettisweethearts.com

Tahukah kamu, di luar sana ternyata banyak orang yang memiliki kepribadian yang sulit untuk mengungkapkan sisi romantismenya? Dari banyaknya orang tersebut, mungkin salah satunya ialah suamimu. Nah, kalau seperti ini, yang perlu kamu lakukan ialah menerima seutuhnya sang suami, termasuk ketidakromantisannya ini. Kamu nggak perlu khawatir, karena tidak romantis bukan berarti tidak mencintai. Daripada kamu pusing memikirkan ini, lebih baik kamu mencari hal-hal positif dari suami yang bisa membuatmu makin jatuh hati. 

2. Realita tidak seindah media sosial

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/Claire Forster

Kalau kamu mudah iri dengan unggahan pasangan suami istri di media sosial mengenai momen-momen romantis mereka, kamu perlu berpikir dua kali nih. Pasalnya, keindahan berupa romantisme yang diunggah di media sosial kerap kali menyembunyikan realita pelik di dalamnya. Oleh karena itu, mulai sekarang berhentilah iri dengan unggahan romantisme teman dan mulailah mensyukuri kebahagian yang kamu punya karena bisa saja hubunganmu yang kamu anggap tidak romantis tersebut jauh lebih indah.

3. Romantis banyak bentuknya

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/Muennesmavi

Sebelum kamu melabeli suami sebagai orang yang tidak romantis, kamu harus punya definisi romantis terlebih dahulu, nih. Perilaku apa, sih, yang kamu maksud dengan romantis? Apakah seperti di film-film yang membuat makan malam romantis disertai dengan buket bunga? Atau menyanyikan lagu disertai dengan petikan gitar? Karena, pada dasarnya, definisi romantis itu sangatlah luas. Oleh karena itu, kamu dan sang suami perlu mengkomunikasikan definisi romantis satu sama lain agar bisa mengerti dan memahami apa itu “romantis”.

4. Suami tidak punya standar romantis

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/Samantha

Kamu sebal karena sang suami tidak memberikan hadiah spesial di hari pertambahan usiamu? Kalau iya, maka kamu jangan langsung marah kepada suamimu. Hal ini dikarenakan suamimu mungkin saja tidak tahu bagaimana cara menjadi romantis dikarenakan minimnya pengalaman yang ia punya.

Oleh karena itu, sama seperti poin 3, coba komunikasikan kepada suami mengenai definisi atau perilaku romantis yang membuatmu senang. Cara komunikasi ini nggak melulu dengan mengobrol, lho. kamu bisa saja mencontohkan atau memberikan aksi terlebih dahulu kepada suami, agar mereka ia peka dan melakukan hal romantisme yang sama seperti yang kamu lakukan.

5. Stop membandingkan!

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/Womangettingmarried

Kalau kamu ingin mengkomunikasikan keinginan untuk diperilakukan secara romantis, jangan pakai cara ini, ya, Bela. Percayalah, kegemaran untuk membanding-bandingkan ini jadi salah satu sikap jelek yang harus dihilangkan dalam hubungan asmara. Pasalnya, seorang pria sangat benci jika harus menjadi objek pembandingan dengan pria lainnya. Oleh karena itu, komunikasikanlah secara baik atau dengan memberikan contoh terlebih dahulu agar ia peka dan meniru aksi romantismu di kemudian hari. 

6. Koreksi diri!

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/Sheknows

Terlalu sering menilai suami sampai lupa menilai diri sendiri bisa jadi salah satu alasan pasangan mungkin tidak bersikap romantis kepadamu. Bisa saja perilakumu, yang suka mengontrol aktivitasnya, memarahinya, menentukan jam malamnya, jadi penyebab suami tidak melakukan hal manis kepadamu. Oleh karena itu, bercerminlah terlebih dahulu, apakah sikapmu seperti yang dinginkan oleh suami atau malah sebaliknya. 

7. Cari kebahagiaan sendiri

7 Cara Menyikapi Suami yang Kurang RomantisPinterest.com/VogueMagzine

Seperti yang sudah disebutkan di nomor 1, jika suamimu tergolong manusia yang minim romantis, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mensyukuri dan mencari aktivitas lain yang membuatmu bahagia. Bermain bersama teman, menonton film, ataupun aktivitas menyenangkan lainnya bisa kamu pilih sebagai penghibur dirimu. Ingat ya, tidak romantis bukan berarti tidak mencintai. Oleh karena itu, fokuslah pada hal lain yang memang membuatmu senang daripada memikirkan sesuatu yang memang tidak bisa diubah.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menghadapi sikap suami yang kurang romantis. Hal terpenting adalah kalian saling mencintai, ya, Bela.

Baca Juga: Bucin, Ini 5 Zodiak yang Paling Romantis Mengekspresikan Rasa Cintanya

Baca Juga: 15 Film India Romantis Terbaik Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Baca Juga: 7 Cara Kreatif Jadi Romantis dengan Orang yang Kamu Cinta