Kehidupan pernikahan yang harmonis tentu menjadi impian setiap wanita. Selain itu, menjadi sosok istri yang diidamkan dan dicintai suami juga merupakan kebahagiaan tersendiri.

Tak hanya tampilan fisik saja, lho, yang menjadi kunci disayang suami. Ada banyak hal selain apa yang kasat mata, karena perilaku yang baik juga merupakan sesuatu yang diidamkan para laki-laki dalam diri pasangan hidupnya.

Lalu, seperti apakah seorang istri idaman yang disayang suami? Berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan.

1. Selalu tunjukkan rasa cintamu untuk suami

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!unsplash/Alvin Mamudov

Bila kamu ingin mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang suami, tentu kamu harus melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, salah satu cara menjadi istri idaman agar lebih disayang suami adalah selalu menunjukkan rasa cintamu untuk suami.

Cobalah untuk mengingat hal-hal yang kamu sukai dari suami, seperti senyumannya, wangi tubuhnya, atau kepribadian serta perilakunya. Dengan begitu, menunjukkan betapa kamu mencintainya pun akan semakin mudah.

Bila kamu sudah menunjukkan rasa cintamu untuknya dengan tulus, suami pun akan semakin nyaman dan mencintai kamu.

2. Menghargai dan memberi pujian pada suami

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Menghormati suami sejatinya telah menjadi salah satu kewajiban istri. Namun selain itu, kamu juga harus bisa menghargai setiap usahanya serta rutin memberikan pujian padanya. Hal ini termasuk ampuh dan bisa bikin kamu jadi sosok istri idaman, lho, Bela!

Contohnya, saat suami melakukan sesuatu, bahkan hal kecil sekali pun, ucapkanlah terima kasih padanya. Dengan begitu, suami akan merasa dihargai dan tersentuh pada ketulusanmu.

Jangan lupa juga untuk memberi pujian dan mengatakan bahwa ia telah melakukannya dengan baik. Jadi, suami akan merasa bangga dan terus berusaha membuatmu bahagia.

3. Bersikap lebih pengertian terhadap suami

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!John Schnobrich/Unsplash

Umumnya, tugas utama suami ialah bekerja dan mencari nafkah bagi keluarga. Nah, di sinilah sikap pengertianmu diperlukan. Saat suami bekerja, bersikaplah pengertian dan tidak menuntutnya untuk selalu ada setiap waktu untukmu. Dengan memahami pekerjaan dan tanggung jawabnya di kantor, itu saja sudah cukup bagi suami.

Kamu juga bisa melakukan tindakan-tindakan sederhana, seperti bertanya tentang harinya atau mendengarkan keluh-kesah suami seputar pekerjaan. Terkesan sederhana, tapi berarti, lho.

4. Menjaga dan menghormati privasi suami

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Walaupun telah menikah, privasi tetap menjadi kebutuhan masing-masing di antara pasangan suami istri. Untuk itu, kamu tidak boleh melanggar batasan. Cobalah untuk tetap menjaga dan menghormati privasi suami.

Tak hanya sekadar rahasia pribadi, ruang dan waktu untuk sendirian menikmati hari juga termasuk sbagai privasi yang diperlukan.

Bila kamu menghargai privasi suami, tentu ia juga akan melakukan hal yang sama padamu. Inilah yang nantinya mampu memperkuat ikatan dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

5. Bersikap mandiri

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!Pexels.com/Vovaflame

Meskipun laki-laki senang merasa dibutuhkan dan kamu pun berhak untuk minta bantuan pasangan, faktanya laki-laki juga menyukai pasangan yang bisa bersikap mandiri.

Jika ada hal-hal yang bisa kamu kerjakan sendiri, seperti pergi ke supermarket, beli obat di apotek, dan sebagainya, kenapa tidak melakukannya sendiri? Kamu tentu tak perlu menyeret-nyeret suami untuk menemanimu bukan?

Istri yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada suaminya, merupakan salah satu tips istri idaman yang perlu kamu ketahui.

6. Memberikan kejutan spesial dan istimewa untuk suami

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!freepik.com/master1305

Hampir setiap orang menyukai kejutan spesial dan istimewa dari orang yang dicintai. Maka tak heran bila tindakan ini juga termasuk sebagai trik jitu yang bisa bikin suami makin menyayangimu.

Berilah kejutan atau kado spesial untuk suami. Akan lebih baik bila kamu memberikan sesuatu yang disukai atau sedang diinginkannya. Tak harus menunggu hari ulang tahun atau anniversary, kejutan di hari biasa bahkan bisa lebih berkesan!

7. Memberikan pengaruh positif bagi suami dan rumah tangga

7 Tips Menjadi Istri Idaman, Makin Disayang Suami!Freepik.com

Terakhir, menjadi sosok istri idaman juga bisa dicapai dengan senantiasa memberikan pengaruh positif, baik untuk suami maupun bagi kehidupan rumah tangga. Beberapa pengaruh positif yang bisa kamu terapkan antara lain bersikap dewasa, suportif, serta bersedia mencari solusi dalam pertengkaran.

Bila kamu memberi pengaruh positif pada suami, lama-kelamaan suami akan merasa sangat beruntung memilikimu. Maka, rasa sayang suami untukmu pun menjadi semakin dalam dan tulus.

Itulah dia beberapa cara menjadi istri idaman agar lebih disayang suami. Mudah bukan? Kamu bisa mulai menerapkannya dari sekarang ya, Bela!

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kesetiaan Suami Istri, Kunci Rumah Tangga Bahagia

Baca Juga: 11 Ciri Suami yang Baik, Termasuk Pasangan Kamu Nggak?

Baca Juga: 5 Manfaat Mempunyai Suami yang Saleh