Apa yang akan kamu lakukan jika kamu mengenali tanda-tanda suamimu tidak mencintaimu lagi? Terutama jika kamu sudah lama bersamanya, kemudian memiliki anak, dan menua bersama? 

Apa yang akan kamu berikan untuk menyelamatkan pernikahanmu? Tidak ada solusi yang mudah dan instan, tetapi ada juga cara yang bekerja dan berhasil. Inilah lima belas tanda bahwa suamimu sudah tidak mencintaimu lagi, coba simak tanda-tandanya, ya.

1. Dia tidak banyak berkomunikasi denganmu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Jika suamimu telah berhenti berkomunikasi dan kamu merasa ada yang tidak beres, itu pertanda bahwa dia perlahan-lahan tidak lagi mencintaimu. Untuk menyelamatkan pernikahanmu, kamu dapat mencoba untuk berbicara dengannya. Pada akhirnya, jika kamu tidak sama sekali mencoba, kamu tidak akan pernah tahu apakah kamu bisa melakukan sesuatu atau tidak.

Apabila ini pertama kali terjadi, katakanlah kepadanya secara terbuka bahwa kamu tidak merasa nyaman dalam suatu hubungan tanpa komunikasi terbuka. Jika dia mengatakan akan mencoba  memperbaiki dan meluruskan kekeliruan di antara kalian berdua, kamu harus menghormatinya.

2. Dia bosan denganmu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Wajar jika dalam hubungan jangka panjang akan ada saat-saat di antara kalian berdua akan bosan dengan pasangan, dan kamu hanya perlu melakukan beberapa hal menarik dengannya. Tetapi jika kamu melihat bahwa suamimu bosan hanya ketika dia bersama denganmu dan bukan ketika dia melakukan urusannya sendiri, itu pertanda ada sesuatu yang sangat tidak beres.

Atau mungkin ada masalah yang sedang dia alami. Namun, jika dia tidak berbicara denganmu dan kamu dianggap mengganggunya setiap kali kamu mengatakan sesuatu, itu bukan pertanda baik.

3. Dia berkelahi denganmu sepanjang waktu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Jika kamu tidak bisa lagi melakukan percakapan normal dengannya dan dia mengatakan bahwa kamu bersalah atas semua masalah di antara kalian berdua, kemungkinan dia tidak memiliki masalah dalam membuatmu merasa buruk. Ini adalah tanda bahaya serius bahwa dia tidak mencintaimu lagi. 

Kamu harus memeriksa apakah ini adalah sesuatu yang akan hadir dalam hidupmu hanya untuk waktu yang singkat atau akan berlanjut lebih lama. Mendapatkan bantuan dari konselor pernikahan adalah langkah yang membantu banyak pasangan bermasalah. Bicara dengan seseorang yang profesional diperlukan bagi pasangan yang membutuhkan dorongan demi menuju masa depan yang lebih dewasa dan bahagia. 

4. Dia tidak berusaha keras dalam hubunganmu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Untuk beberapa waktu sekarang ini, kamu adalah satu-satunya yang telah berusaha keras dalam hubungan kalian berdua. Dia tidak ingin melakukan sesuatu yang baik untukmu, dan dia bahkan tidak ingin membicarakannya. 

Jika dia tidak ingin hidup bersama denganmu, katakan padanya bahwa kamu bukanlah orang yang akan menanggung semua tanggung jawab atas hidup dan kebahagiaannya. Kamu akan merasa jauh lebih baik sendiri daripada dengan laki-laki yang tidak mengusahakan apa pun, yang bahkan dia juga tidak peduli denganmu.

5. Dia dingin dan selalu sibuk

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Setiap kali kamu mencoba meneleponnya, dia tidak menjawab atau segera mengakhiri panggilan. Sebaliknya, setiap kali orang lain menelepon, dia selalu hadir dan tersedia. Apa artinya itu bagimu? Itu artinya bahwa dia hanya tidak mencintaimu lagi, dan dia mungkin hanya akan bersamamu sebentar lagi. Atau bisa juga dia tidak mau dikritik oleh keluarga dan teman-temannya. Dia hanya bersikap dingin saat bersamamu, bahkan jika kamu mencoba berbicara dengannya dan menyelesaikan masalah, ada sesuatu yang serius terjadi di sana.

6. Dia selalu tidak ada di rumah

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Ketika kamu mencintai seseorang, kamu pasti ingin menghabiskan banyak waktu bersamanya. Tetapi jika kamu melihat suamimu tidak melakukan hal ini seperti dulu, tanyakan kepadanya apa alasannya. Jika suami tidak menghabiskan cukup waktu dengan dirimu atau anak-anak, ini adalah tanda bahaya besar.

Artinya dia lebih suka menghabiskan waktu dengan teman dan rekan kerja daripada dengan keluarga kecilnya. Ini adalah indikasi bahwa dia tidak menganggapmu menarik lagi, bahwa kalian berdua tidak memiliki topik yang bagus untuk dibicarakan. Yang dapat kamu lakukan adalah berbicara dengannya jujur dan apa adanya.

7. Dia tidak ingin berhubungan seks

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Kurangnya keintiman fisik adalah salah satu tanda paling jelas bahwa suamimu sudah tidak mencintaimu. Apa pun alasannya, ketika situasi kamarmu sudah tidak muncul hasrat berhubungan intim dari pasangan, itu bukanlah pertanda yang sehat.

Penting baginya untuk memahami bahwa seorang wanita perlu dekat dengan pria yang dicintainya dan jika dia tidak memberikan apa yang dia butuhkan, dia akan menjauh. Ini pada akhirnya akan mengarah pada akhir sebuah hubungan.

8. Dia kesal saat kamu berbicara

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Apa pun yang kamu katakan, itu selalu terlihat tidak penting baginya. Jika kamu berbicara tentang keadaan kantor tempat kamu bekerja dan hal-hal hebat yang telah kamu capai di tempat kerja, dia bahkan masih menganggap itu biasa saja dan tidak perlu dibanggakan. Itu tandanya bahwa suamimu tidak menghormatimu.

Dia harus tahu bahwa kunci dari hubungan yang hebat sebenarnya adalah komunikasi yang baik dan kalian berdua harus terbuka tentang segala hal. Kamu perlu mempertimbangkan lagi atas kelanjutan hubunganmu saat melihat sikap pasanganmu seperti ini.

9. Kamu curiga dia menipumu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Ada laki-laki yang cenderung selingkuh, dan mereka tidak pernah berubah. Jadi, jika pasanganmu tidak pernah menunjukkan ketertarikan pada perempuan lain dan dia melakukannya sekarang, inilah saatnya untuk menghadapi kenyataan bahwa dia berubah dan kamu perlu waspada pada kelanjutan hubunganmu. 

Selain itu, jika kamu memiliki bukti yang mengungkapkan perselingkuhannya, kamu perlu khawatir. Kamu bisa melihatnya dari perubahan perilakunya, ketidakpeduliannya, kurangnya komunikasi, dan kurangnya cinta dalam pernikahanmu.

10. Kamu mulai merasa "taken for granted"

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Ini adalah salah satu tanda yang paling jelas bahwa dia tidak mencintaimu lagi. Dia berpikir bahwa apa pun yang dia lakukan, kamu akan selalu ada dan tahan dengan semua sikap perilakunya

Dia berpikir bahwa kamu mencintainya dan memaafkannya karena telah mengabaikanmu sepanjang waktu, sementara dia memberikan semua perhatiannya kepada hal-hal lainnya. Jangan pernah takut untuk menunjukan padanya bahwa dia bisa kehilanganmu dalam hitungan waktu.

11. Dia menuntut banyak ruang

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Masing-masing pasangan butuh ruang bahkan jika itu untuk diri mereka sendiri. Ini tidak harus menjadi aktivitas sehari-hari, cukup ketika kamu merasa perlu menyendiri untuk sementara waktu. 

Tetapi jika pasanganmu pergi selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari tanpa memberi kabar, itu adalah tanda yang mengkhawatirkan bahwa dia mencoba melarikan diri dari pernikahanmu. Bahkan ketika kamu berhasil memiliki waktu bersamanya, koneksi kalian mendadak seakan terputus. Dia mungkin akan hadir secara fisik, tetapi secara emosional dia berada di tempat lain.

12. Dia sering mengkritikmu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Satu hal ketika seseorang mengkritikmu untuk membantu dirimu menjadi lebih baik dan kuat. Itulah kritik yang membangun. Tidak ada yang berarti atau berbahaya dalam hal itu. Jika suamimu terus-menerus membicarakan hal-hal yang tidak dapat kamu ubah, seperti penampilan atau kepribadianmu.  

Jika dia tidak melepaskannya bahkan setelah mengatakan bahwa dia menyakiti dan menghinamu, maka kata-katanya yang "baik hati" sebenarnya dirancang untuk melemahkan kamu. Ini adalah taktik umum bahwa pria yang tidak punya nyali untuk memutuskan sesuatu sendiri untuk membuatmu pergi lebih dulu.

13. Dia melihat hubunganmu dengan penuh prasangka negatif

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Saat suamimu berhenti mencoba memecahkan masalah, kamu tahu bahwa itu sudah berakhir. Ketika dia tidak lagi melihat pentingnya memperjuangkan pernikahan, itu artinya sudah tidak ada lagi ikatan emosional yang dirasakannya. Semua pria adalah pemecah masalah alami. Ketika mereka melihat suatu masalah, mereka berusaha sekuat tenaga untuk menemukan solusinya.

Mereka melakukan ini setiap hari dalam kehidupan sehari-hari mereka, tentu saja itu termasuk hal-hal yang juga menyangkut denganmu. Jika dia mencapai titik di mana dia sakit dan lelah, dan dia tidak memiliki kekuatan untuk memperjuangkan kebahagiaanmu, dia mungkin berpikir dia tidak menginginkannya lagi. Menyerah adalah pilihan yang dia punya.

14. Dia tidak merindukanmu

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiunsplash.com/@austindistel

Jika suamimu bersikap acuh tak acuh saat kamu pulang dari perjalanan panjang beberapa hari, maka hubunganmu berada di bawah ancaman serius. Terkadang tanda-tandanya bahkan lebih jelas bahwa suamimu jauh lebih bahagia saat kamu tidak ada. Ketika kamu kembali ke rumah, dia jelas-jelas tidak senang kamu kembali. Tentu itu sangat jelas bahwa dia tidak mencintaimu lagi.

15. Kamu melangkah dengan hati-hati saat di dekatnya

15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagiherway.net

Dia dulu sangat baik dan manis padamu, tapi seiring berjalannya waktu, perasaan indah itu perlahan lenyap. Itu pasti pertanda dia tidak mencintaimu lagi. Cinta tidak bisa hilang seiring waktu. Itu hanya bisa tumbuh lebih kuat atau berubah bentuk, namun tidak akan pernah bisa lenyap. 

Sekarang dia keberatan dengan segala perilakumu dan dia selalu memiliki sesuatu untuk dikatakan. Seringnya dia memberi komentar negatif. Dia adalah bom waktu yang terus berdetak, dan untuk memperjelas, dia tidak tahan denganmu lagi sebelum kamu berubah sesuai dengan keinginannya.

Itulah 15 tanda bahwa suami sudah tidak mencintaimu lagi dalam pernikahan. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya kembali seperti pada saat kalian bertemu. Tidak semua cara yang kamu gunakan akan langsung bekerja dan berhasil tanpa usaha kedua belah pihak. Namun, itu lebih baik dibandingkan tanpa mengusahakan apapun.

Baca Juga: 5 Kegiatan Baru Isyana Sarasvati Bersama Suami, Produktif Banget!

Baca Juga: 15 Tanda Pernikahan Tanpa Cinta

Baca Juga: Ini Cara Pria Membuat Bahagia Pasangannya Berdasarkan Zodiak