6 Hal yang Akan Dialami Pasangan Setelah Melewati Fase Bulan Madu

Tidak semanis di awal pernikahan, tetapi tak berarti buruk.

6 Hal yang Akan Dialami Pasangan Setelah Melewati Fase Bulan Madu

Di awal pernikahan, wajar jika semuanya terasa indah. Ini disebut dengan fase bulan madu. Selain karena merasa excited dengan hubungan baru tersebut, otak juga melepaskan neurotransmitter dopamin dan norepinefrin yang membuat kamu dan pasangan selalu merasa bahagia.

Sayangnya, tidak ada yang bertahan selamanya, bahkan kebahagiaan dari sebuah pernikahan. 

"Fase bulan madu dapat berlangsung dari tiga bulan hingga satu tahun, dengan enam bulan sebagai standar yang cukup umum," kata psikoterapis Annalise Oatman, LCSW, dilansir laman Well+Good.

Namun, bukan berarti hubungan setelah fase bulan madu menjadi lebih buruk, ya. Malah menurut psikoterapis Erica Alter, LMSW, yang terjadi setelah fase tersebut bisa penuh dengan komitmen dan kepercayaan. Hal ini membuat hubungan langgeng dan memuaskan.

Jadi, apa saja yang akan dirasakan pasangan yang sudah menikah setelah melewati fase bulan madu? Simak ulasannya di sini.

1. Kehidupan seks mungkin menjadi kurang menarik

6 Hal yang Akan Dialami Pasangan Setelah Melewati Fase Bulan Madu

Ini mungkin hal pertama yang akan kamu dan pasangan rasakan. Namun, terapis hubungan dan seks Michelle Herzog, LMFT, CST, meminta untuk tidak perlu khawatir.

“Ini benar-benar umum terjadi saat momen-momen awal gairah mulai menurun. Daripada panik, jadikan ini sebagai kesempatan untuk membuat kehidupan seks lebih menarik. Jelajahi permainan seks yang lebih sensual atau erotis, lebih intim dengan komunikasi seksual, atau pilih bentuk keintiman yang lebih penuh kasih sayang,” jelasnya.

2. Mulai memperhatikan kekurangan masing-masing

Setelah menghabiskan lebih banyak waktu bersama, Erica bilang kamu dan pasangan jadi lebih menyadari momen-momen terburuk masing-masing daripada kebaikannya. Saat akhir fase bulan madu berakhir, kamu mulai memperhatikan pola hidup pasangan, termasuk baik dan buruknya.

Menurut Erica, inilah saat seharusnya kalian membangun hubungan emosional yang lebih dalam. Jika kamu merasa terganggu dengan beberapa (atau bahkan banyak) kebiasaan pasangan, ia memintamu untuk bertanya pada diri sendiri adalah mengapa hal itu sangat mengganggu.

Setelah itu, kamu baru bisa mengetahui apakah sebenarnya itu benar-benar tentang perilaku pasangan atau hanya cara kamu yang salah menafsirkannya. Jangan ragu bicara dengan pasangan agar tidak muncul kesalahpahaman.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here