Siapa yang nggak ingin pernikahan yang berkesan? Semua orang tentu ingin, terlebih ketika melihat model akad dan resepsi Raisa-Hamish, Bella-Emran, atau pasangan terdahulu seperti Chelsea-Glenn. Melihat pesta pernikahan pasangan-pasangan itu, semakin besar keinginan kita untuk memiliki acara sakral yang sama. Berarti, budget yang dipersiapkan harus besar ya? Nggak selalu, kok! Dilansir dari She Knows, ada beberapa tips untuk mempersiapkan pernikahan yang berkesan dengan biaya yang lebih hemat.

1. Menentukan tempat pernikahan

5 Rahasia Nikah Murah yang Nggak Banyak Orang Sadariwww.shopmysongs.com
 

Menentukan tempat pernikahan biasanya yang paling memusingkan untuk para calon pengantin. Sebab biaya terbesar dihabiskan pada penyewaan tempat. Jika ingin menyewa gedung atau taman tertentu, usahakan untuk menyewanya untuk hari-hari yang bukan musim pernikahan. Juga, luangkan waktu untuk mencari berbagai venue dan membandingkan tiap harga sehigga menemukan tempat yang sesuai dengan budget-mu. Kalau mau lebih murah lagi, adakan resepsi di ruangan terbuka sehingga nggak ada biaya gedung. Masih belum cukup murah? Adakan pernikahan di rumah saudara atau rumah sendiri yang kira-kira bisa menampung jumlah orang yang kamu undang.

2. Memilih baju pernikahan

5 Rahasia Nikah Murah yang Nggak Banyak Orang Sadariwww.southernliving.com
 

Ada yang ingin membeli baju pernikahan, menjahit sendiri, ada pula yang ingin menyewa. Apapun pilihannya, pastikan untuk mencermati tiap toko bahan atau butik yang didatangi. Jangan lupa keluarkan jurus tawar-menawar untuk bisa mendapatkan harga terbaik pada busana yang kamu inginkan. Katherine Oyer dari Aisle Planner merekomendasikan teknik detour atau kembali ke toko pertama sebelum pergi ke tempat lainnya. "Biasanya, pemilik toko akan memberikan potongan harga terbaik untukmu." Jangan lupa untuk memanfaatkan koneksi. Jika saudara atau temanmu kenal dengan penjahit profesional, cobalah bernegosiasi untuk mendapatkan 'harga teman'. Kalau follower media sosialmu banyak, nggak ada salahnya memanfaatkan situasi tersebut untuk minta endorse.

3. Merencanakan acara dalam pernikahan

5 Rahasia Nikah Murah yang Nggak Banyak Orang Sadariwww.theknot.com
 

Apa yang mau diselenggarakn saat akad dan resepsi nanti? Jika merencanakan pesta pernikahan yang sederhana, Oyer menyarankan untuk membuat rundown pesta yang juga sederhana karena selain menghemat biaya, juga memberi kenyamanan pada tamu undangan saat menikmati acaramu. "Kebanyakan tamu nantinya akan mengabaikan acara yang telah kamu program, yang nantinya bisa terasa sia-sia," jelas Oyer. Misalnya, kamu menyediakan budget yang banyak untuk mendatangkan pengisi acara seperti grup musik. Kamu dan para undangan mungkin hanya mendengar musiknya tanpa fokus pada pemusiknya dan para tamu akan sibuk mengobrol. 

4. Tidak terbuai dekorasi yang berlebihan

5 Rahasia Nikah Murah yang Nggak Banyak Orang Sadariwww.glacialart.com
 

"Pasangan sering membuang biaya untuk detail dekorasi yang kurang penting, seperti serbet penghias meja atau balon," ujar Kimberly Morrill, pemilik situs Your Perfect Bridesmaid, "Lebih baik berfokus pada makanan, suasana pesta, dan chemistry kedua pengantin. Di luar dari itu, tamu undangan kurang memerhatikan dekorasi ekstra pada pernikahanmu." Kecuali kalau kamu punya budget yang sangat banyak, hiasan balok es yang dipahat sesuai dengan inisial nama kamu dan pasangan pun sah-sah saja. Tapi kalau dilihat dari segi fungsi, dekorasi seperti itu pun juga akan lenyap dengan sendirinya dalam hitungan jam.

5. Memahami kebutuhan pernikahan

5 Rahasia Nikah Murah yang Nggak Banyak Orang Sadariwww.youtube.com
 

Kalau tertarik ingin menggunakan jasa wedding organizer (WO), pastikan kamu tahu apa yang kamu inginkan pada pernikahanmu nanti. Sebab, vendor WO akan memberikan berbagai paket pernikahan dengan daftar yang mungkin nggak kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu bisa memangkas biaya pernikahan sampai cukup terjangkau tanpa mengurangi kesan dari pesta nanti. Jangan malu untuk bertanya lebih lanjut tentang rincian paket yang ditawarkan serta fleksibilitas paket tersebut.

Pernikahan sakral harus mewah? Nah dengan tips ini, semoga rencana biaya pernikahan kalian bisa lebih hemat!

Baca Juga: Mau Pesta Pernikahan Seperti Raisa-Hamish? Siapkan Biaya Sebesar Ini Dulu!