Tren bridal shower atau acara siraman pengantin yang dilakukan oleh bridesmaids ke teman mereka yang akan melepas masa lajangnya menjadi sebuah budaya baru yang sedang digemari anak muda kekinian. Selain menyenangkan, acara ini menjadi sebuah momen tersendiri bagi teman-teman perempuan untuk menunjukkan rasa cinta dan kepedulian pada satu sama lain. Ada begitu banyak cara untuk menggelar siraman pengantin yang berkesan. Sebelum merencanakan satu untuk temanmu (atau mungkin untukmu sendiri, Bela?), baiknya memulai riset dengan mencari ide dan tips untuk membuat bridal shower yang hits. Dilansir dari The Knot, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Persiapan dari jauh hari

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.momentaldesigns.com
 

Dadakan mungkin selalu jadi, tapi nggak salah kalau mau menyiapkan rencana pesta dari jauh hari, kok. Bahkan, persiapan acara bridal shower ini patut dilakukan tiga bulan sebelum pesta diadakan. Mulai dari penentuan tema, tempat pesta, tamu undangan, bentuk undangan sampai hidangan yang disajikan. Persiapan yang lebih terencana akan menghasilkan acara yang lebih matang dan sukses.

2. Menentukan tema pesta

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.theknotnews.com
 

Menurut catatan sejarah, bridal shower biasanya diselenggarakan dalam bentuk pesta teh atau makan malam. Tapi kini, kamu nggak harus terpaku pada dua konsep itu. Tentukan tema yang diinginkan, bisa berupa pesta kostum, perawatan relaksasi atau ide lainnya. Diskusikan juga dengan calon pengantin agar acara yang diadakan juga sesuai dengan keinginannya. Penentuan tema ini juga akan memudahkan pemilihan tempat untuk mengadakan acara.

3. Memerhatikan dekorasi pesta

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.mostbeautifulthings.com
 

Sentuhan dekorasi kreatif akan membuat pesta lebih unik dan seru. Kalau kamu punya keahlian lebih dalam membuat handcraft, tuangkan untuk menghiasi siraman pengantin ini! Namun nggak masalah kalau nggak sempat, kamu dan teman-teman bisa menyewa jasa party planner yang sudah banyak tersedia.

4. Hidangan yang beraneka ragam

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.marthastewartweddings.com
 

Sajian makanan pada pesta ini nggak harus selalu teh, kopi, dan ragam jenis finger foods. Kecuali jika membuat konsep pesta teh, kamu dan teman-teman bisa 'bermain' dengan pilihan menu, bisa dengan aneka pasta, cemilan coklat dan eskrim, atau menu tradisional. Sesuaikan hidangan dengan tempat dan tema pesta yang diadakan.

5. Highlight pesta

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.marifathing.com
 

Siapkan satu highlight pesta yang membuat semua undangan dan calon pengantin merasa berkesan. Biasanya highlight pesta ini berupa party cake yang dekoratif. Alternatif lainnya bisa berupa buket bunga yang sangat besar di atas meja makan atau beberapa penyambut pria yang akan selalu bernyanyi saat tamu datang. Pasti berkesan!

6. Kegiatan yang seru

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.sivanayla.com
 

Isi acara bridal shower nggak terbatas pada canda tawa antar teman, Bela. Kamu bisa isi pesta dengan berbagai kegiatan yang seru seperti manicure bersama, lomba membuat cupcake yang lucu, permainan rebut bangku, atau menghias tangan dengan henna. Pesta jadi semakin meriah! Pilih jenis kegiatan yang sesuai dengan tempat, atau memungkinkan diadakan di tempat pesta itu.

7. Menyiapkan satu momen untuk calon pengantin

Lagi Ngetren, Ini 7 Tips Bikin Pesta Bridal Shower Makin Hitswww.pinterest.com
 

Siapkan satu momen saat semua perhatian teman-teman berfokus pada calon pengantin, seperti bersulang untuk pernikahannya yang akan segera diadakan. Atau bisa dengan duduk mengelilingi calon pengantin dan mengungkapkan doa dan harapan baiknya. Konsepkan sesuatu yang spesial karena momen ini sangat berharga untuk kamu dan teman-teman semua, momen di mana cinta dalam pertemanan kalian saling terungkapkan dengan tulus.

Jadi, Bela, sudah siap merencanakan pesta bridal shower yang berkesan? Jangan lupa mengajak calon pengantin untuk berdiskusi agar pestanya pun sesuai dengan kemauannya, ya!

BACA JUGA: Untuk Bridesmaids, Ini Fakta Bridal Shower yang Harus Kamu Baca