Sejak kecil, mungkin kita para wanita sudah sering diberi tahu atau dididik oleh orang tua kita soal menjalani kehidupan rumah tangga di masa depan. Nah, tanpa terasa masa depan tersebut sudah ada di depan mata kita sekarang. Tapi apakah semua nasihat dan omongan dari orang tuamu sudah cukup untuk menjadi bekalmu dalam menjalani pernikahan? Tentunya hidup berumah tangga di zaman sekarang sudah banyak berubah dari zaman orang tua kita dulu. Saat ini hampir semua wanita bekerja di luar rumah sekaligus mengurus rumah tangga. Selain itu, wanita juga sudah berperan aktif dalam pengambilan keputusan keluarga meskipun secara struktural laki-laki masih dianggap sebagai kepala rumah tangga. Maka, kita para wanita modern harus tahu bagaimana caranya membangun rumah tangga yang smart dan fair. Di bawah ini Popbela sudah menyiapkan empat langkah jitu yang harus ditempuh para pasangan muda, jangan lupa diterapkan, ya!

 

1. Belajarlah untuk bertengkar secara efektif

Nih Contek 4 Langkah Efektif untuk Kehidupan Rumah Tanggamu di Masa Depan!justgowithitmovi.blogspot.com

Pasangan cerdas tahu caranya bertengkar karena setelah menikah kalian akan menghabiskan waktu bersama sepanjang usia kalian. Memilih dirinya sebagai pasangan hidupmu berarti memilih pasangan bertengkar seumur hidupmu. Baca artikel di tautan ini untuk melihat bagaimana caranya bertengkar secara dewasa dengan pasanganmu. Kuncinya adalah menekan ego, lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, dan menjaga nada bicaramu. Kalau kalian bisa bertengkar dengan baik, apa pun tantangan yang kalian hadapi dengan mudah bisa kalian selesaikan.  

 

2. Diskusikan hal-hal yang penting sejak awal

Nih Contek 4 Langkah Efektif untuk Kehidupan Rumah Tanggamu di Masa Depan!fanpop.com

Jangan menunggu sampai ada masalah atau kesalah pahaman baru membahas hal-hal penting seputar rumah tangga kalian seperti bagaimana mengatur keuangan, gaji siapa yang akan dipakai untuk membayar tagihan, siapa yang akan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, apakah setiap minggu harus ke rumah mertua, apakah selama ini kamu nyaman dengan kehidupan seks kalian, atau kapan kalian akan merencanakan untuk punya anak. Rumah tangga yang smart hanya bisa diwujudkan apabila suami dan istri mau terbuka membicarakan hal ini tanpa saling tunjuk. 

 

3. Jangan terjebak dalam rutinitas

Nih Contek 4 Langkah Efektif untuk Kehidupan Rumah Tanggamu di Masa Depan!aceshowbiz.com

Waktu masih pacaran dulu, kalian masih rajin menghadiahkan kado istimewa atau dandan maksimal untuk momen-momen berharga kalian. Tapi setelah menikah, banyak pasangan yang terjebak rutinitas rumah tangga sehingga sepertinya tak ada kesempatan untuk saling menggoda dan memberi kejutan seperti dulu. Setiap hari bekerja, pulang, dan beristirahat. Lalu kapan bersenang-senangnya? Sesekali cobalah sempatkan waktu untuk makan siang bersama suami di tengah-tengah harimu yang sibuk. Kejutkan suamimu dengan paket spa untuk pasangan di akhir pekan untuk melepaskan ketegangan di rumah dan di kantor. 

 

4. Kalian tak harus melakukan segala hal bersama

Nih Contek 4 Langkah Efektif untuk Kehidupan Rumah Tanggamu di Masa Depan!nextjam.blogspot.com

Walaupun sudah disatukan sebagai suami dan istri, kalian masih bisa menghabiskan waktu masing-masing, kok. Justru waktu sendiri penting untuk kesehatan hubungan kalian. Ingat Bela, kamu tetap memiliki identitasmu sendiri dan kamu juga masih punya sisi yang tak bisa kamu tunjukkan di depan suami, misalnya sisi gilamu kalau sedang kumpul dengan geng SMA-mu atau sisi ambisiusmu di kantor. 

 

Itu dia empat cara pintar untuk membangun rumah tangga yang adil dan smart. Semoga bisa membantu kamu dan suami dalam mengarahkan pernikahan kalian, ya!