Bela, kamu sudah kenal dengan pasangan Rifky Balweel dan Biby Alraen kan? Setelah menjalin hubungan pacaran selama tiga tahun, pasangan ini akhirnya resmi menikah pada 7 Januari 2018 lalu. Terlihat serasi dalam suasana biru muda, ada kejadian yang menarik perhatian dalam pernikahan tersebut. Jika biasanya di Indonesia ijab kabul menggunakan bahasa Indonesia, Rifky justru memilih untuk menggunakan bahasa Arab.

Ketika ditanya apa alasannya, lelaki yang lahir pada 27 Maret 1990 ini mengatakan bahwa hal ini hasil dari keputusan kedua belah pihak. Mengingat ayah dari Rifky berasal dari Arab sedangkan ayah dari Biby berasal dari Pakistan, untuk itu Rifky mantap untuk menikahi Biby dengan menggunakan ijab kabul berbahasa Arab.

Terdengar Sederhana, Ini Makna Penting Ijab Kabul yang Harus Kamu PahamiInstagram.com/bibyalraen13

Baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Arab, sebenarnya apa sih makna dari ijab kabul?

Arti dari ijab kabul sendiri ialah ucapan dari orang tua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Orang tua mempelai wanita melepaskan putrinya, khususnya sang ayah untuk dinikahi oleh seorang pria, dan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi. Bisa dikatakan, Ijab kabul merupakan ucapan sepakat antara kedua belah pihak.

Memang terdengar sederhana, namun sebenarnya makna kalimat “Saya terima nikahnya ...... binti ..... dengan mas kawin seperangkat alat sholat dibayar hutang/tunai” mempunyai arti yang sangat mendalam dan berat lho, Bela! Tidak hanya lelaki menikahkan perempuan untuk jadi istrinya, saat proses ijab kabul telah berhasil terlaksana, maka segala dosa si perempuan yang seharusnya menjadi tanggung jawab sang ayah menjadi berpindah ke bahu sang lelaki. Belum cukup disitu, memberi nafkah, membimbing agama, memanjakan si perempuan, menjaga si perempuan baik di dunia maupun akhirat dan menjadi pelindung utama bagi si perempuan menjadi tugas si lelaki.

Terdengar Sederhana, Ini Makna Penting Ijab Kabul yang Harus Kamu PahamiInstagram.com/bibyalraen13

Ternyata tidak sesederhana pengucapannya dan bahasa apapun yang digunakan, ijab kabul mempunyai makna yang sangat mendalam bagi si perempuan. Pantas saja para lelaki selalu merasa deg-degan saat menghapal dan mengucapkan kalimat ijab kabul ini, ya. 

Penulis : Shintya Maharani

BACA JUGA : Seperti Rifky Balweel, Ini 5 Persiapan Untuk Cowok Sebelum Menikah