Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Opick, artis pelantun lagu Tombo Ati, ini telah melakukan poligami tanpa sepengetahuan istrinya, Dian. Bahkan, rumah tangganya pun hampir di unjuk tanduk akibat isu poligami tersebut. Memang, sebagian besar masyarakat Indonesia terutama kaum hawa masih menganggap tabu isu poligami ini karena dikhawatirkan suaminya tidak bisa berlaku adil terhadap para istrinya. Ternyata, hal tersebut nggak selamanya benar lho, Bela! Masih banyak pelaku poligami yang mampu berlaku adil terhadap istri-istrinya. Bahkan, para istri juga mampu menghormati sesama istri satu sama lain. Penasaran kan siapa saja mereka? Yuk langsung intip saja!

1. Keluarga besar Ziona Chana - India

Bukan 2 atau 3 Istri Lagi, Ini 5 Keluarga Poligami Terbesar di Dunia
dailymail.co.uk
 

Ziona Chana tinggal di India bersama 39 istrinya, 94 anak, 14 menantu perempuan, dan 33 cucu. Mereka semua tinggal dirumah besar yang terletak di desa dengan 100 kamar. Pada tahun 1942, Ziona Chana membentuk sekte Kristen yang memungkinkan anggotanya untuk memperistri perempuan sebanyak yang mereka inginkan. Untuk satu kali makan malam, keluarga besar ini mampu menghabiskan 30 ekor ayam. Salutnya dengan keluarga besar ini, mereka merasa diberkati oleh Tuhan dan mampu saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

2. Keluarga besar Joe S. Jessop – Utah

Bukan 2 atau 3 Istri Lagi, Ini 5 Keluarga Poligami Terbesar di Dunia
lemondedesreligions.fr
 

Joe S. Jossep adalah seorang anggota terhormat dari Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter Day (FLDS) yang memiliki 5 istri, 46 anak, dan 329 cucu. Sebagai pemuda yang datang dari Short Creek, dimana hanya ada tujuh rumah pada saat itu. Joe selaku pemuda di daerah itu membuat penataan hukum pernikahan jamak yang bertujuan untuk membangun kerajaan Tuhan. Kini ada sekitar 6 ribu jiwa yang tinggal di Utah dikarenakan kebijakan yang dibuat oleh Joe tersebut.

3. Keluarga besar Abuya Ashaari Muhammad – Malaysia

Bukan 2 atau 3 Istri Lagi, Ini 5 Keluarga Poligami Terbesar di Dunia
buahatisayidi.wordpress.com
 

Ashari Muhammad atau juga dikenal sebagai Abuya, telah meninggal baru-baru ini di usianya yang ke 72 tahun. Dia merupakan seorang pendiri sekte Muslim Al-Arqam, yang didirikan pada tahun 1968. Kelompok ini memiliki sekitar 10.000 pengikut, banyak diantaranya adalah Muslim yang terdidik. Abuya pernah menikah sebanyak lima kali. Dari pernikahannya tersebut beliau memiliki 38 anak, dan 203 cucu.

4. Keluarga besar William – Utah

Bukan 2 atau 3 Istri Lagi, Ini 5 Keluarga Poligami Terbesar di Dunia
namesfrenzy.wordpress.com
 

Brady William dan istri-istrinya baru-baru ini membuka kehidupan pribadinya ke khalayak publik. Menurut penuturannya sendirinya, William mengatakan reality show tentang lima istrinya sedang disiarkan di stasiun TV TLC, dan mereka pun merasa lega karena tidak perlu lagi menutupi sensasi kehidupan rumah tangga mereka. Dari hasil pernikahannya tersebut, William sudah memiliki 24 anak dan hidup damai di Salt Lake City.

5. Keluarga besar Brown – Utah

Bukan 2 atau 3 Istri Lagi, Ini 5 Keluarga Poligami Terbesar di Dunia
intouchweekly.com
 

Keluarga besar Brown terkenal saat acara TV Sister Wives mulai menyiarkannya di TLC pada tahun 2010. Ini adalah reality show yang dikhususkan untuk mengikuti kehidupan pelaku poligami di Utah. Brown sendiri saat ini sudah memiliki empat istri dan 17 anak. Brown dan istri-istrinya menyatakan bahwa mereka mulai melakukan pertunjukkan dengan keinginan untuk melawan prasangka sosial dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keluarga poligami.

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: Poligami karena 'Tuhan', Pria Ini Dijebloskan ke Penjara