5 Cara Menghentikan Suami yang Suka Mengungkit Masa Lalu

Bisa jadi karena dia punya luka yang belum tersembuhkan

5 Cara Menghentikan Suami yang Suka Mengungkit Masa Lalu

Ujian dan permasalahan dalam rumah tangga adalah hal yang nggak bisa terelakkan. Akan ada saja masalah yang hilir mudik datang ke dalam biduk pernikahan. Bukan hanya faktor eksternal, seperti halnya finansial saja yang bisa memengaruhi keharmonisan rumah tangga, tapi juga faktor internal, seperti ketika seseorang masih menyimpan luka akibat pasangannya dari masa lalu.

Biasanya, ketika seseorang masih menyimpan lukanya dan belum tersembuhkan di masa kini, maka saat konflik muncul, rentan baginya untuk terus mengungkit kejadian di masa lalu pada pasangannya. Akibatnya, permasalahan di masa kini jadi sulit untuk diselesaikan secara sehat karena fokusnya sering kali teralihkan pada kejadian di masa lalu.

Lantas, bagaimana caranya agar pasangan berhenti mengungkit masa lalu?

Simak 5 cara menghentikan pasangan yang suka mengungkit masa lalu yang sudah Popbela rangkum berikut ini. Keep reading!

1. Pahami pokok permasalahannya

5 Cara Menghentikan Suami yang Suka Mengungkit Masa Lalu

Yang pertama adalah dengan memahami pokok permasalahannya terlebih dahulu. Pasanganmu bisa mengungkit kejadian pahit atau kesalahanmu di masa lalu karena kamu dan dia belum menemukan apa sebenarnya inti dari permasalahan yang kalian hadapi. Apakah karena dia merasa tidak didengarkan tentang suatu kebutuhan penting yang kamu tidak sadari? Atau, karena ada lukanya di masa lalu yang belum tersembuhkan?

Jadi, cobalah untuk berdiskusi secara sehat untuk mencari alasan sebenarnya. Dengan menemukan pokok permasalahannya, maka kamu dan pasangan bisa mulai bekerja untuk menyelesaikannya, supaya dia tidak mulai mengungkit kembali hal yang telah terjadi di masa lalu.

2. Kelola emosimu dengan baik

Biasanya, pasangan akan mengungkit hal di masa lalu ketika konflik sedang terjadi di saat ini. Ketika hal ini terjadi, penyelesaian permasalahan pun jadi sulit untuk dilakukan. Terlebih saat pasangan mulai menunjukkan emosi yang meningkat.

Maka dari itu, mengelola emosi jadi kunci penting untukmu untuk merespons sikapnya. Memang nggak semudah itu bagimu untuk tetap menjaga emosi dengan lebih netral ketika pasangan terus mengorek hal pahit di masa lalu dan bertindak reaktif. Tetapi, saat kamu bisa memegang kendali atas emosimu, maka kamu bisa mengajaknya berdiskusi dengan lebih baik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here