Fakta Long Distance Marriage dan Tips agar Tetap Harmonis

Ada pasangan yang masih harus merelakan jarak

Fakta Long Distance Marriage dan Tips agar Tetap Harmonis

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

LDM adalah singkatan dari Long Distance Marriage atau hubungan jarak jauh pada pernikahan. Di mana dalam kasus ini suami dan istri tidak tinggal bersama, bisa beda kota, atau bahkan beda negara. Apa kamu termasuk salah satu pasangan yang juga menjalani LDM, Bela?

Menjalani hubungan pernikahan jarak jauh macam ini sama sekali tak mudah. Sebab, manisnya hidup setelah pernikahan harus dibarengi dengan ketabahan ekstra agar rindu yang dipunya berbuah manis di masa depan. Tak semua pasangan sanggup menjalani LDM. Lalu, kenapa masih banyak pasangan yang memilih menjalani hubungan seperti ini? Kamu akan menemukan jawabannya di sini!

Alasan pasangan terpaksa menjalani LDM

Sekuat dan seikhlas apa pun pasangan suami istri menjalani long distance marriage, pasti jauh dalam lubuk hatinya tetap ingin bersama. Tapi bagaimanapun hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan memiliki risikonya masing-masing. Ini beberapa alasan kenapa pasangan menjalani LDM!

  • Pendidikan

Alasan ini bisa datang dari pihak suami ataupun istri. Sebab, menikah bukanlah penghalang bagi siapa pun untuk tetap menuntut ilmu dan meng-upgrade diri, kan? Dan seringkali kuliahnya di luar kota atau luar negeri yang tidak memungkinkan untuk memboyong keluarga.

  • Pekerjaan

Cukup banyak pekerjaan yang punya konsekuensi untuk tidak selalu tinggal bersama keluarga. Seperti TNI yang terkadang bertugas di daerah konflik, pelaut, para pekerja di pertambangan, dan bahkan PNS yang ditempatkan di daerah yang berbeda dengan tempat tinggal. Meski banyak yang mengikuti ke manapun suami dipindahkan, tapi tetap ada beberapa yang memilih menjalani LDM dengan beberapa pertimbangan.

  • Orangtua

Hal yang satu ini juga kerap jadi alasan. Karena orangtua salah satu pasangan, entah suami atau istri sudah tua atau bahkan sakit-sakitan dan tidak ada yang menemani di rumah. Akhirnya sang istri merelakan untuk pulang dan merawat orangtua, sementara suami tetap mencari nafkah di kota tempat tinggal.

Tips menjaga LDM agar tetap harmonis

  • Komitmen

Tetap fokus pada hal-hal positif yang didapat dari keputusan menjalani LDM. Ingat lagi alasan dan tujuan kenapa LDM menjadi pilihan kalian. Dalam LDM, komitmen di antaranya adalah tentang kesetiaan.

  • Komunikasi

Kamu bisa memilih berkomunikasi hanya dengan menggunakan suara atau langsung melihat wajahnya melalui video call WhatsApp, Skype, Google Hangout, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Selalu sempatkan berkomunikasi dengan pasangan sesibuk apa pun.

  • Simpan memori bersama pasangan

Menyimpan memori bersama pasangan bertujuan untuk menjaga kedekatan secara psikologis, bisa dalam bentuk cetakan gambar yang diletakkan di dompet, atau meja kerja.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here