Ada banyak anggapan tentang pelaksanaan honeymoon atau bulan madu. Ada yang langsung ingin berangkat setelah pesta pernikahan selesai, ada yang menunggu beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Biasanya penundaan ini dikarenakan alasan keuangan hingga pekerjaan yang nggak bisa ditinggal.

Ketika memilih berangkat berbulan madu, masih ada lagi yang dipertimbangkan. Ikut dalam paket tur yang disediakan travel agent atau pergi mengatur perjalanan sendiri? Ikut paket honeymoon mungkin terdengar lebih praktis, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya. Simak penjelasannya yuk! 

Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Paket Bulan Madu

Jika kamu mengetikkan "paket honeymoon" di Google, kamu akan menemukan banyak sekali pilihan yang ditawarkan oleh berbagai agen perjalanan. Baik itu dalam ataupun luar negeri. Mereka juga sudah mencantumkan dengan lengkap tujuan, jadwal kunjungan, hingga harga. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Paket Bulan Madu

Meski ada perasaan tak bebas karena kalian nggak benar-benar menjalani bulan madu berdua, tapi kamu juga akan merasa aman. Pemandu akan menemanimu sepanjang tur. Mereka siap memberikan semua informasi yang kamu butuhkan. Jadi tenang saja, kamu tak perlu takut tersesat.

Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Paket Bulan Madu

Bayangkan saja, jika kamu pergi bulan madu secara mandiri berdua dengan pasangan, pasti kalian akan lebih senang bermalas-malasan. Nah, dengan adanya jadwal yang dibuat travel agent kamu akan "dipaksa" melakukan kegiatan setiap harinya. Jadi nggak ada lagi waktu liburan yang terbuang dengan tidur-tiduran di hotel.

Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Paket Bulan Madu

Pilihan akomodasi dan jadwal kunjungan sudah diatur sedemikian rupa oleh travel agent, maka kamu dan pasangan hanya punya sedikit sekali ruang untuk fleksibilitas. Waktumu akan terikat dan jadwal yang telah ditentukan nggak akan memberi banyak pilihan.

Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Paket Bulan Madu

Agen perjalanan seringkali mematok tarif jutaan rupiah pada setiap paketnya. Dan biasanya, harga yang tercantum tersebut belum termasuk tiket transportasi dari kota asal ke tempat tujuan. Meski nampak praktis dan mudah, tapi sejatinya biayanya lebih mahal dibanding mengatur sendiri.

Jadi, kamu lebih fokus pada kekurangan atau kelebihannya, Bela? Apa pun pilihanmu, semoga bulan madumu bersama pasangan tetap seru dan menyenangkan ya!

Baca Juga: Mau Bulan Madu di Korea Selatan Seperti Anisa Rahma? Simak 5 Tipsnya