Seakan sudah menjadi hal lumrah ketika ibu mertua dan menantu perempuan tidak bisa rukun. Cara dibesarkan dan zaman yang berbeda adalah dua hal yang membuat hal ini sering kali terjadi. Meski demikian dan apa pun alasannya, kamu harus tetap menjaga hubungan yang baik dengan ibu mertua ya Bela, bagaimanapun caranya.

Sejatinya, masih ada hubungan mertua dan menantu yang harmonis, tapi tak bisa dipungkiri juga kalau kasus mertua dan menantu yang berkonflik jumlahnya lebih tinggi. Apalagi kalau menantu dan mertua tinggal dalam satu atap, maka risiko terjadinya konflik pun akan semakin besar. Berikut adalah kata-kata tentang mertua dan menantu yang bisa kamu renungkan atau mungkin malah mencerminkan hubunganmu dengan ibu dari suamimu selama ini.

Kata-kata bijak mertua dan menantu

"Kalau kamu jadi mertua kelak, jadilah temannya, bukan ibunya. Pahamilah kenyataan bahwa dialah istri anak laki-lakimu dan perlakukanlah dia sebagaimana kamu menginginkannya memperlakukanmu."

"Seperti apapun sikap dan sifat mertua, semua itu hanya karena pola pikir yang sangat berbeda. Mungkin kalau kamu mengisi posisinya, kamu bisa bersikap sama bahkan lebih buruk darinya."

"Mertua, jangan pernah engkau mengkritik segala kekurangan menantumu, karena pastinya anak lelakimu juga punya kekurangan di mata istri dan mertuanya.

"Jangan engkau katakan engkau tau segalanya tentang anak lelakimu, engkau hanya tau dia sebatas anak bukan suami dan anakmu pun memperlakukan engkau hanya sebatas ibu bukan istri."

"Hormati dan sayangi mertuamu, sebagaimana engkau menghormati dan menyayangi ibu kandungmu. Karena bagaimanapun, dia yang telah mengandung dan melahirkan suamimu."

Kata-kata susahnya tinggal dengan mertua

Kata-Kata tentang Mertua dan Menantutara.no/Getty Images

"Sehebat apapun pekerjaan rumah yang sudah diselesaikan menantu, tidak akan memiliki arti apa-apa kalau belum memberikan pelayanan memuaskan pada ibu mertua."

"Beban mental terberat saat tinggal dengan mertua adalah ketika kamu kelelahan dan butuh istirahat, tapi di saat yang sama mertua mengerjakan sesuatu dan seolah menunjukkan kesan butuh bantuan."

"Satu rumah dengan mertua akan menimbulkan persaingan antara menantu dan orangtua bagi suami. Kamu ingin agar suamimu lebih mengutamakanmu, tapi di sisi lain orangtuanya juga punya hak untuk diutamakan oleh anaknya sendiri.

"Seindah-indahnya pondok mertua tentu akan lebih enak tinggal sederhana di rumah kontrakan. Memulai sesuatu dari awal dan dengan makan seadanya."

"Tinggal bersama mertua itu bukan hal mudah. Harus selalu menjaga perilaku, tutur kata, dan rajin membersihkan rumah."

Kata-kata tentang menantu yang selalu salah

"Jika cowok selalu salah di mata cewek, maka cewek juga akan selalu salah di mata mertua."

"Pemikiran ibu mertua yang beranggapan bahwa dirinya lebih mengerti putranya dibandingkan pihak perempuan akan membuat menantu selalu salah di matanya.

"Hubungan menantu dan mertua memang selalu rumit dan sulit dipahami. Bahkan, sebagian besar seorang ibu mertua akan 'memprogram' dirinya sendiri untuk tidak menyukai menantunya."

"Semua dimatanya salah, hal hal sepele diurusin semua, bahkan aku pulang kerumah orang tuakupun dipermasalahkan."

"Menantu dan mertua biasanya menyatu karena dipaksa keadaan. Menantu merasa sang mertua terlalu berkuasa atas pernikahan atau pun sebaliknya menantu yang terlalu ‘memagari’ kehidupan rumah tangganya."

Kata-kata lucu tentang mertua dan menantu

Kata-Kata tentang Mertua dan Menantusavvymom.ca

"Selain terjadi pada tahun 1945, kemerdekaan yang paling berkesan adalah ketika menantu punya rumah sendiri setelah sebelumnya tinggal bersama mertua."

"Kadang ibu mertua itu lebih kejam daripada ibu kota."

"Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing, tapi apa daya kalau mertua berkata lain."

"Sekalinya mertua datang bawa masakan, eh cuma bawa seporsi buat cucunya doang"

"Nanti kalau jadi ada sertifikasi nikah, kayaknya harus ada syarat lulus ujian mendengar omongan mertua deh"

Satu hal yang mesti kamu ingat, bahwa mertua tidak selamanya menjengkelkan. Ada kalanya juga mereka sangat baik dan perhatian. Terlepas dari bagaimanapun sikap mereka terhadapmu, mereka tetap seperti orangtuamu sendiri yang tetap harus dihormati ya.

Itulah kata-kata tentang mertua dan menantu. Semoga bermanfaat, Bela!

Baca Juga: Anti Canggung, Ini 5 Langkah Mudah Biar Makin Akrab dengan Mertua