Perempuan saat ini memiliki banyak peran, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Sebagai istri dan ibu, mereka kerap dihadapkan pada berbagai situasi. Mengurus rumah tangga, berkarier, sekaligus menjadi pelindung kesehatan bagi keluarga. Di tengah situasi pandemi yang tidak menentu ini, tak dapat dipungkiri bisa membuat perempuan merasa kewalahan, sehingga rentan gangguan kesehatan tubuh dan mental.

Melalui gelar wicara “Ibu Sehat, Keluarga Sehat”, Aqua membahas peran perempuan di dalam keluarga bersama penyanyi Raisa, psikolog anak Saskhya Aulia Prima, dan Brand Director Danone-Aqua Intan Ayu Kartika.

Di Rumah Saja, Cara Self-Care Bagi Perempuan yang Sudah BerkeluargaDok. Danone-AQUA

Di tengah situasi seperti ini, mudah bagi siapa pun untuk merasa lelah. Sebagai ibu, saya sendiri merasakan ada tantangan lebih dalam menyeimbangkan peran saya sebagai ibu yang bekerja, membimbing anak, dan pelindung Kesehatan bagi keluarga di masa adaptasi baru,” ujar Intan.

Sementara itu, Saskhya menuturkan pentingnya mengelola stres bagi perempuan, khususnya selama masa pandemi ini.

Jika tidak dikelola dengan baik, selain dapat mengganggu Kesehatan fisik, kondisi itu juga bisa memengaruhi kestabilan emosi, cara pengasuhan, serta interaksi sehari-hari dengan anak dan pasangan.

Kita bisa mencegah stres dengan menjaga rutinitas sehari-hari secara konsisten, berbagi tugas dengan suami, atau pengasuh lainnya. Jangan lupa untuk mengatur ekspektasi yang sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta melakukan self-cara baik dari fisik maupun mental.

Di Rumah Saja, Cara Self-Care Bagi Perempuan yang Sudah BerkeluargaDok. Danone-AQUA

Saskhya mengungkapkan, saat ini mungkin akan sulit bagi seorang perempuan melakukan me-time. Namun semua itu bisa diakali. Misalnya, dengan menikmati waktu sendiri nonton film kesayangan atau melakukan hobi yang disukai. Bahkan menurutnya, 15 menit sehari saja sudah cukup, asalkan kita sudah merasa ‘baterai’ kita sudah diisi ulang.

Sejak masa pandemi dan diberlakukannya work from home, banyak perempuan yang merasakan kelelahan. Terlebih ketika mereka harus terus-menerus di depan layar, melakukan meeting virtual, dan lainnya. Hal itu juga bisa diatasi dengan sesekali mengambil waktu istirahat dengan tidak menggunakan alat elektronik atau gadget sementara waktu. Saskhya juga menganjurkan agar kita selalu menjaga asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh.

Sementara Raisa, yang kini juga merasakan peran sebagai istri dan ibu, juga mengakui pentingnya me-time dan self-care. Raisa mengatakan, memiliki hobi yang juga merupakan profesi, cukup membantu dia melakukan me-time, meski di rumah saja.

Ketika saya menulis lagu, menyanyi, itu adalah me-time bagi saya,” kata Raisa.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Terpaksa Tunda Menikah Akibat Pandemi COVID-19

Baca Juga: Terapkan 5 Tips Self-Care Ini Selama Pandemi, Supaya Tetap 'Waras'

Baca Juga: 5 Zodiak yang Pacaran Lama Sebelum Memutuskan Menikah