Pada tanggal 19 Mei 2018, Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi menikah. Hari ini, Duke dan Duchess of Sussex itu merayakan tiga tahun pernikahan mereka. Selama tiga tahun itu pula, Harry dan Meghan dikenal sebagai pasangan yang penuh kontroversi.

Dimulai dari masa-masa pacaran, pernikahan, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari Keluarga Kerajaan Inggris.

Ini kilas balik perjalanan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle selama tiga tahun terakhir.

1. Kisah hubungan asmara Harry dan Meghan sudah terjalin sejak tahun 2016.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan Marklehellomagazine.com

Hubungan mereka sejak awal sudah menimbulkan kontroversi, karena Meghan adalah seorang aktris Hollywood keturunan Afro-Amerika dan sudah pernah menikah sebelumnya. Meski banyak pemberitaan miring di tabloid maupun media massa, hal itu tidak menyurutkan mereka untuk melanjutkan hubungan ke jenjang berikutnya.

2. Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah pada 19 Mei 2018.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan Marklerd.com

Banyak tradisi yang tidak diikuti oleh Harry dan Meghan saat pernikahan mereka, mulai dari hari yang dipilih, kue pernikahan, hingga tradisi pengantin perempuan yang seharusnya diantar oleh Ayahnya ke altar tidak dilakukan.

3. Pada 6 Mei 2019, putra pertama mereka lahir.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan Marklestuff.co.nz

Saat baru menikah, Harry dan Meghan awalnya tinggal di Nottingham Cottage, di Kensington Palace. Namun mereka kemudian pindah ke Frogmore Cottage di Windsor Castle. Mereka melakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana sebesar 2.4 juta poundsterling atau setara dengan Rp48,3 miliar. Mereka mempersiapkan rumah itu untuk menyambut kehadiran putra mereka yang diberi nama Archie Mountbatten-Windsor. 

4. Dua tahun menikah, mereka membuat keputusan mengejutkan dengan keluar dari Keluarga Kerajaan.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan Marklemacleans.ca

Pada Januari 2020, Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat pengumuman mengejutkan, yaitu mereka memutuskan untuk keluar dari anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Sempat ditentang, tapi akhirnya mereka resmi pindah ke Kanada lalu ke Amerika Serikat pada Maret 2020.

5. Sempat mengalami keguguran dan akhirnya hamil lagi.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan MarklePeople.com/Missan Harriman

Meghan Markle sempat berbicara pada media bahwa ia mengalami keguguran saat mengandung anak kedua, tepatnya di pertengahan tahun 2020. Lalu pada 14 Februari 2021, Meghan mengumumkan bahwa dia kembali mengandung.

6. Kontroversi wawancara dengan Oprah Winfrey yang membuat ketegangan antara Harry-Meghan dengan Keluarga Kerajaan.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan Marklehollywoodreporter.com

Dalam wawancara mendalam bersama Oprah Winfrey yang disiarkan 7 Maret 2021, terdapat sejumlah fakta mengejutkan yang diungkap oleh Harry dan Meghan. Mulai dari hubungan Harry dengan sang Ayah, Pangeran Charles, hubungannya dengan Pangeran William, hingga isu seputar pertengkaran antara Meghan dan Kate Middleton.

Wawancara itu dikabarkan telah memberikan ketegangan antara Harry dan Meghan dengan Keluarga Kerajaan Inggris. Kerajaan Inggris membantah banyak hal yang diungkapkan Harry dan Meghan kepada Oprah. Di sisi lain, Harry dan Meghan mengaku merasa 'terpenjara' saat berada di dalam Kerajaan dan mereka melakukan berbagai cara untuk bisa mandiri secara finansial.

7. Merayakan anniversary pernikahan dengan kegiatan amal.

3 Tahun Menikah, Ini Kilas Balik Kisah Pangeran Harry & Meghan MarkleInsider.com

Sejak keluar dari Keluarga Kerajaan Inggris, Harry dan Meghan bertekad untuk fokus pada kegiatan amal. Itulah alasan yang membuat mereka mendirikan Archewell Foundation. Untuk merayakan anniversary pernikahan mereka yang ke-3, Harry dan Meghan mengumumkan rencana untuk pembuatan Pusat Bantuan Komunitas di India dalam kemitraan dengan World Central Kitchen.

"India sedang menghadapi gelombang kedua COVID-19 yang menghancurkan dan Archewell Foundation milik Harry dan Meghan akan fokus pada kebutuhan jangka panjang komunitas lokal," kata Harry dan Meghan dalam pernyataan bersama.

Selamat merayakan hari jadi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle!

Baca Juga: 6 Fakta Mengejutkan Soal Hubungan Harry-Meghan dan Keluarga Kerajaan

Baca Juga: 7 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'

Baca Juga: 5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry