Tepat hari ini, Selasa (31/3/2020), Pangeran Harry dan Meghan resmi keluar dari keluarga kerajaan sekaligus melepas gelar kehormatan mereka, yakni Duke dan Duchess of Sussex.

Pada Januari lalu, Kerajaan Inggris mendapat kabar mengejutkan ketika Harry dan Meghan mengumumkan keinginan mereka untuk mundur dari anggota Senior Kerajaan. Mereka pun berharap untuk bisa mandiri secara finansial. Selama dua bulan terakhir ini, mereka pun mulai mempersiapkan diri untuk bisa hidup mandiri dan terpisah dari keluarga kerajaan.

Lalu apa saja kabar terbaru dari mereka?

1. Resmi lepas gelar kerajaan

Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran HarryInstagram.com/Sussexroyal

Dalam akun Instagram resmi @sussexroyal hari ini, Harry dan Meghan mengucapkan salam perpisahan. Mereka juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang mereka terima selama ini.

Setelah resmi keluar dari keluarga kerajaan, mereka pun harus melepas gelar kerajaan, Duke dan Duchess of Sussex. Mereka juga diminta untuk melepas brand Sussex Royal untuk setiap kegiatan amal dan proyek yang mereka kerjakan.

Sejak hari ini pula, tidak ada lagi perwakilan komunikasi atas nama Duke dan Duchess of Sussex di Kerajaan Buckingham. Ditegaskan pula, Kerajaan Buckingham tidak akan memberikan komentar seputar Harry dan Meghan.

2. Sempat ke Kanada lalu pindah ke Los Angeles

Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran Harryksat.com

Saat mengumumkan keputusan mereka, Harry langsung memboyong Meghan bersama putranya, Archie Mountbatten-Windsor, ke Kanada. Negara ini dipilih karena merupakan tempat tinggal Doria Ragland, ibu dari Meghan Markle.

Namun mereka tak berlama-lama di Kanada, karena kini Harry dan Meghan telah pindah ke Los Angeles, California. Meski begitu tidak diketahui apakah kepindahan mereka ke Los Angeles adalah permanen atau untuk mengerjakan sebuah proyek.

3. Meghan menjadi narator untuk film dokumenter produksi Disney

Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran Harrychicago.suntimes.com

Keinginan Harry dan Meghan untuk mandiri secara finansial juga ditunjukkan dengan pekerjaan pertama Meghan sebagai narator untuk sebuah film dokumenter produksi Disneynature bertajuk “Elephant”. Hasil penjualan dari film dokumenter, yang akan tayang di layanan streaming Disney+ pada April nanti, akan dinonasikan untuk Yayasan Elephant Without Borders yang membantu suaka gajah di Botswana.

4. Saat ini fokus pada keluarga dan anak

Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran HarryPeople.com

Di tengah pandemi virus corona, Harry dan Meghan juga mengatakan mereka akan akan menghabiskan waktu selama beberapa bulan ke depan untuk fokus pada keluarga dan melakukan apa pun yang mereka bisa, secara aman dan private, untuk mendukung berbagai kegiatan amal.

5. Akan tetap bergerak di proyek nirlaba

Keluar dari Kerajaan, 5 Kabar Terbaru Meghan Markle dan Pangeran Harrybustle.com

Selain ingin mandiri secara finansial, Harry dan Meghan juga akan fokus pada kegiatan amal dan nirlaba. Rencananya, mereka juga akan mendirikan yayasan non-profit sendiri. Awalnya mereka akan merilis yayasan tersebut pada bulan April, namun dengan adanya pandemi virus corona saat ini, kemungkinan besar mereka akan menunda rencana tersebut.

Baca Juga: 7 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'