11 Alasan Pasangan Memilih Childfree, Pahami Tanpa Menghakimi

Memiliki atau tidak memiliki anak adalah pilihan

11 Alasan Pasangan Memilih Childfree, Pahami Tanpa Menghakimi

Istilah childfree ramai diperbincangkan setelah influencer dan YouTuber, Gita Savitri, memutuskan untuk childfree di tahun 2021 lalu. Istilah ini sebenarnya bukan istilah baru dan Gita Savitri bukan satu-satunya orang yang memutuskan hal demikian. Namun, sebenarnya apa itu childfree?

Secara harfiah childfree berarti keputusan pasangan suami dan istri (pasutri) untuk tidak memiliki anak, baik biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini juga untuk menggambarkan pasutri yang tidak dapat memiliki anak atau pasangan yang berjuang dengan ketidaksuburan.

Pilihan untuk childfree sering diperdebatkan oleh warganet, karena banyak yang mengatakan bahwa salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki keturunan. Banyak pula yang mengatakan bahwa agama juga mengajarkan pasangan yang telah menikah untuk memiliki anak.

Namun, sebenarnya setiap pasangan punya alasan tersendiri kenapa mereka memilih untuk childfree. Simak alasannya di sini.

1. Tidak ada keinginan untuk memiliki anak

Faktanya, tidak semua orang ingin menjadi orangtua. Di tengah-tengah banyak orang yang mengatakan tidak dapat membayangkan hidup tanpa anak, ada juga yang memilih tidak ingin memiliki anak. Itu adalah pilihan yang sangat wajar untuk tiap orang, Bela.

Hanya karena seseorang tidak menginginkan anak, bukan berarti mereka orang jahat. Sebaliknya, mereka adalah orang yang membuat pilihan terbaik untuk dirinya sendiri. Lagipula, keputusan childfree ini diambil oleh pasangan suami istri yang tetap berkomitmen satu sama lain. Siapa kita yang bisa menghakimi mereka?

2. Alasan Pekerjaan

Pekerjaan memakan banyak waktu dan karier yang diimpikan harus dibangun dengan kerja keras. Membangun karier dapat memakan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, sehingga banyak orang yang tidak ingin menyerahkan kariernya setelah susah payah membangunnya.

Memiliki anak berarti harus ada yang dikorbankan. Kamu mungkin tidak bisa sepenuh hati fokus pada kariermu, karena juga harus mengurus anak dengan baik. Menjadi orangtua adalah pekerjaan yang multitasking dan mungkin ada orang yang keberatan melakukan itu.

Mereka yang mengutamakan karier akan menginvestasikan waktu dan perhatiannya dalam pekerjaan daripada mengurus anak. Ini juga bukan pilihan yang salah, selama mereka merasa itu adalah keputusan terbaik mereka.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here