Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara agar Lebih Mencintai Pasangan Setelah Menikah, Sudah Tahu?

Komunikasi masih jadi salah satu kuncinya

Raden Putri

Saat sudah menikah, pasanganmu mungkin akan berubah dan berbeda jika dibandingkan ketika masih berkencan. Namun, perubahan ini tidak boleh dijadikan alasan untuk mencari kekurangan pasangan dan tidak mencintainya lagi. Pasalnya, semua orang memang akan berubah dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan keadaannya.

Tak jarang orang akan merasa kehilangan rasa cintanya setelah menikah dan hidup bertahun-tahun dengan pasangannya. Mereka mulai mencari-cari hal baru yang menurutnya lebih menyenangkan dan menantang. Untuk mengatasi hal itu, perlu diketahui cara agar lebih menyukai pasangan meski telah menikah untuk waktu yang lama. Dilansir dari Your Tango, berikut beberapa cara agar lebih menyukai pasangan setelah menikah. Simak, yuk!

1. Berhenti membandingkan pasangan dengan orang lain

Pexels.com/Jasmine Carter

Hal terburuk yang dilakukan oleh seseorang kepada pasangannya adalah membandingkan si dia dengan orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk menerima keadaan pasangan saat ini tanpa membandingkannya dengan orang lain.

Jika kamu terus memikirkan kekurangan pasangan, bukan tidak mungkin rasa cintamu goyah seiring berjalannya waktu. Pasalnya, kamu terlalu fokus pada hal-hal yang tidak dimiliki pasangan. Padahal, mungkin si dia mempunyai sesuatu yang luar biasa, namun tidak kamu sadari karena terlalu sibuk membandingkannya dengan orang lain.

2. Tidak memikirkan bagaimana perilaku pasanganmu saat kencan dahulu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat sudah menikah, sebagian besar orang akan berubah mengikuti lingkungan kehidupan rumah tangganya. Tak hanya si dia, kamu juga mungkin akan berubah pada beberapa hal yang menurutmu lebih baik.

Saat sudah menikah, kedua pasangan memiliki tanggung jawab masing-masing, termasuk untuk mempertahankan rasa cintanya. Oleh karena itu, jangan terus memikirkan bagaimana perilaku si dia saat berkencan dahulu. Hal tersebut hanya akan membuat hubunganmu tidak berkembang dan diam di tempat.

3. Melakukan hal baik sebanyak mungkin

Pexels.com/Fernanda Latronico

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membahagiakan pasangan satu sama lain. Tak melulu soal hal dan barang-barang mewah, lebih sering mengajak pasangan berbicara dan bertukar cerita pun menjadi salah satu hal baik yang menyenangkan. Kamu bisa memberikannya barang buatan tangan yang berguna untuk membantu kesehariannya.

Selain itu, kamu juga bisa membelikan barang yang ada dalam daftar keinginannya atau membantu mewujudkan impian-impian sederhana. Saat kamu melakukan lebih banyak hal baik, pasanganmu juga akan merasa lebih bahagia karena memiliki pasangan yang suportif.

4. Habiskan waktu bersama tanpa anak

Pexels.com/Elina Sazonova

Jika kamu menganggap pasanganmu menyebalkan, bisa saja itu karena dia bosan dengan rutinitas yang ada. Oleh karena itu, sesekali cobalah untuk menghabiskan waktu bersama tanpa mengikutsertakan anak dan menikmati berbagai hal baru berdua.

Selain itu, kamu juga bisa bersikap seperti saat sedang berkencan dan melakukan beberapa nostalgia. Hal ini akan membantu menjaga hubunganmu dan si dia menjadi lebih erat lagi.

5. Beri tahu pasangan bagaimana perasaanmu yang sebenarnya

Pexels.com/Hasel L.

Cobalah untuk berhenti mengatakan hal-hal yang pasif-agresif kepada pasangan. Sebaliknya, cobalah untuk memberitahu pasangan dengan jujur tentang bagaimana perasaanmu yang sebenarnya.

Jika kamu ingin dibantu dalam melakukan pekerjaan rumah, katakanlah secara jelas dan jangan hanya menyindir. Pasalnya, tidak semua orang akan paham dengan sindiran tersebut. Jadi, alih-alih menghabiskan waktu dan tenaga untuk menyindir, mulailah mengatakan hal yang sebenarnya.

6. Minta apa yang diinginkan dengan senang hati

Pexels.com/Blue Bird

Jika kamu memiliki suatu keinginan dari pasangan, mintalah dengan baik dan senang hati. Umumnya, permintaan yang diucapkan dengan baik akan diterima dengan baik pula. Namun, bila pasanganmu menolak apa yang kamu minta, cobalah untuk melakukan hal pada point nomor 5, yakni mengatakan perasaanmu dengan jujur.

Selain itu, kamu juga bisa mengungkapkan alasan mengapa pasangan harus menuruti permintaanmu. Hal itu dapat membantu hubungan menjadi lebih erat karena komunikasi yang berjalan dengan baik. Selain itu, perasaanmu juga akan tetap tumbuh karena memiliki pasangan yang selalu mengerti.

Itulah 6 cara agar lebih mencintai pasangan setelah menikah. Melakukan hal baik, quality time, dan komunikasi adalah kunci utamanya.

IDN Media Channels

Latest from Married