Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tren Pernikahan 2023, Mulai dari Busana hingga Dekorasi!

Lebih berfokus pada warna dan estetika

Anatasia Anjani

Bela, siapa, nih yang tahun 2023 nanti punya rencana untuk menikah? Ada yang sudah punya rencana tema dengan wedding dream mereka, atau mungkin ada yang masih bingung sama tema apa yang bakal diambil buat pernikahan nanti?

Nggak usah khawatir, Popbela punya referensi busana sampai dekorasi untuk pernikahan kamu di tahun 2023 nanti. Yuk simak rekomendasinya berikut ini, ya!

1. Kasual dan sentuhan modern

Pinterest

Tahun 2020 banyak pernikahan yang tertunda akibat pandemi COVID-19, sehingga beberapa pasangan telah menunggu bertahun-tahun. Ternyata, dalam proses menunggu waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan tersebut, mereka ingin pernikahan yang tidak terlalu tradisional. Salah satunya dengan merencakan pernikahan yang santai.

Sekitar 50% pasangan memilih mengundang teman atau anggota keluarga untuk membuatnya lebih unik. Banyak dari mereka memprioritaskan pesta yang menyenangkan bersama orang yang mereka cintai. Alhasil, mereka banyak memilih pernikahan yang terkesan kasual dan santai.

2. Cari Inspirasi lewat sosial media

Pexels/ Kerde Severin

Banyak pasangan yang mencari inspirasi melalui sosial media, secara spesifik yaitu TikTok. Wah, kamu juga bisa mencoba melakukannya, lho, Bela!

3. Rencanakan anggaran

Pexels/ Karolina Grabowska

Apa yang penting dari perencanaan anggaran? Yup, menetapkan anggaran dan kemudian mengevaluasi anggaran selama proses perencanaan pernikahan.

4. Utamakan kenangan

Pexels/ Inga Seliverstova

Kenangan pernikahan sangat layak untuk diutamakan. Meskipun ingin pernikahan yang santai, jangan sampai merekrut fotografer yang kualitasnya nggak bagus kualitasnya karena foto-foto pernikahan kamu akan jadi memori di masa depan.

Jadi jangan ragu buat kasih budget khusus fotografer yang punya kualitas bagus.

5. Wedding thrift?

Pexels/ Nika Zhorzholiani

Kenapa tidak? Wedding thrift bisa menjadi salah satu cara untuk menekan budget pernikahan. Misal, kamu sudah memiliki gaun impian, veil yang sudah pernah digunakan bisa kamu manfaatkan atau memakai gaun yang sudah ada di lemari pakaian. Kamu bisa sedikit melakukan modifikasi juga.

6. Bach Parties dan bridal shower yang ramah anggaran

Pexels/ Craig Adderley

Banyak pasangan akan memilih untuk mengadakan acara tambahan sperti Bach Parties dan bridal shower dengan lebih simpel serta ramah anggaran. Mereka memilih untuk menyelenggarakannya dekat rumah dan menjadikannya acara dalam sehari. Sehingga bisa menekan budget.

7. Pilihan memberi uang tunai untuk hadiah pernikahan

Pexels/ Karolina Grabowska

Mungkin ini sudah biasa di Indonesia, ya, kamu bisa memberikan pilihan uang tunai sebagai hadiah pernikahan. Pilihan tersebut akan memudahkan bagi tamu yang kesulitan memilih hadiah.

8. Pilih venue outdoor

Pexels/ Jeremy Wong

Pernikahan outdoor menjadi tren tahun 2023. Menurut situs Zola, sebanyak 81% pasangan mencari tempat luar ruangan yang sepenuhnya terbuka atau semi outdoor.

Tempat pernikahan seperti peternakan ternyata juga jadi penelusuran populer, lho. Banyak pasangan yang tertarik melaksanakan pernikahan mereka di alam dengan menyoroti lingkungan sekitar seperti gunung dengan kabutnya.

Alam sekitar juga bisa menjadi dekorasi karena ada aksen kayu, warna, dan tekstur yang netral. Pernikahan di alam bisa membuat pasangan menjadi kreatif untuk dekorasi pernikahan mereka

9. Tentukan palet warna

Pexels/ Pixabay

Pantone baru saja merilis warna tahun 2023, yaitu Viva Magenta. tahun 2023 pasangan banyak memilih suasana moody untuk palet warna mereka.

Warna yang lebih gelap dan tone permata seperti plum, zamrud, emas, dan merah anggur. Kalau kamu pilih palet warna ini, maka kamu bsa mempertimbangkan untuk memilih fotografer yang lebih dramatis dan sinemtik.

10. Gunakan warna kontras untuk dua tema yang berbeda

Pexels/ Uri Espinosa

Kalau kamu punya dua tema untuk pernikahan, bisa pertimbangkan untuk menggunakan dua warna yang berbeda. Seperti mungkin kamu suka dengan vibes dari series Wednesday sekaligus Enid dari Wednesday, maka kamu bisa coba warna indigo yang futuristic dan honeycomb yang menerangi.

Dirilisnya album solo debut RM dari BTS, Indigo, sepertinya juga akan berdampak pada populernya warna rona biru dan ungu.

11. Menggabungkan Rust Shades

Pinterest

Untuk warna pernikahan yang lebih cerah, warna rust yang akan muncul di tahun 2023 bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mempertimbangkan warna orange dalam pakaian pengantin atau dekorasi bunga.

Pencarian tema brunt orange sudah meningkat di Pinterest lebih dari 695% dengan gaun bridesmaid berwarna terakota.

12. Pernikahan di dekat Rumah

Pinterest

Jika tren pernikahan tahun 2022 adalah destination-inspired, maka tahun 2023 trennya ‘staying close to home.’ Kamu bisa memilih tempat yang lebih terasa berarti bagi kamu dan pasangan sekaligus bisa menekan budget.

13. Sediakan menu makanan yang relatable

pexels.com/michael burrows

Memilih menu makanan untuk pernikahan bisa menjadi proses yang menyenangkan. Kamu bisa menyesuaikan dengan tema pernikahan. Berdasarkan situs Zola, pasangan calon pengantin memilih menu makanan yang berhubungan dengan kampung halaman atau khas dari daerah mereka Memilih menu makanan yang relatable dengan kampung halaman bisa membuat pernikahan menjadi lebih intim.

Selain itu pizza juga menjadi tren untuk tahun 2023 dan beberapa pasangan memesan makanan cepat saji favorit mereka.

14. Pertimbangkan detail busana airy

Pinterest

Kalau menurut Pinterest, tahun 2023 akan menjadi tahunnya airy fashion. Itu berarti kamu mungkin bisa mencoba pakaian yang memilki renda, tulle, ruffles, dan shimmer.

Gaun bridesmaid yang mengkilap atau detail lengan tipis, cutouts, dan one-shoulder necklines. Meningkatnya popularitas series Bridgerton juga mempengaruhi populernya sarung angan pengantin.

15. Tema rom-com

Pinterst

Fashion tahun 2000 saat ini sedang kembali melejit. Saat itu adalah masa-masa awal saat rom-com mendominasi. Begitupun dengan pernikahan, tema rom-com akan ikut menjadi populer.

Pernikahan menjadi semacam akhir bahagia dari cerita rom-com kamu dan pasangan. Kamu bisa tonton ulang film rom-com favorit untuk mendapatkan inspirasi.

16. Tambahkan aksesoris glamor tahun 80-an

Pinterest

Nggak hanya tahun 2000, tren tahun 80-an juga bisa melejit. Ini sebagai reaksi terhadap pernikahan yang lebih minimalis selama dua tahun terakhir. Tren ini menjadi selebrasi dengan proporsi yang epik. Kamu bisa mencoba penampilan seperti sleeves, high necks, dan all the volume.

Untuk ide, kamu bisa kembali melihat pernikahan dari Putri Diana. Kalau sesuai dengan anggaran, kamu juga bisa menghadirkan kue bersusun di pesta pernikahan.  

17. Menyalurkan tema Barbiecore

Pexels/ Наталья

Berbeda dengan tren tahun 80-an, Barbiecore juga menjadi populer dengan warna paletnya yang cerah dan more is more bertemu dengan neon philosophy.

18. Sertakan mocktail pada menu

Dok. Caffe Tutti

Salah satu cara menghemat uang adalah dengan memberikan menu minuman spesial alih-alih menyediakan fasilitas bar terbuka. Setidaknya tambahkan satu mocktail ke dalam menu.

Minuman beralkohol gratis, menjadi tren pada tahun 2023. Juga akan lebih banyak orang memilih minuman alcohol-free tanpa melewatkan estetiknya instagram. Sehingga kamu harus menghiasi mocktail agak semakin estetik.

19. Tambahkan garnish bunga ke makanan penutup

Pinterest

Menurut Pinterest, makanan yang memiliki sentuhan bunga akan menjadi populer. Tentunya kamu bisa tambahkan bunga yang bisa dimakan atau kamu bisa mendekor dessert table dengan blooming.

20. Menggunakan cape

Pinterest

Cape semakin populer sebagai alternatif veil pernikahan yang modern tapi tetap anggun seperti saat memakai veil. Buat kamu yang ingin tampi beda, maka wedding capes adalah jawabannya. Pilih cape dress yang bisa dilepas agar bisa dipadukan dengan gaun yang sudah kamu miliki.

21. Ambil inspirasi dari The White Lotus untuk tempat pernikahan

Pexels/ Pixabay

Kalau kamu sudah menonton The White Lotus season 2, mungkin kamu akan terinspirasi untuk menikah di Italia. Seperti menyewa Vila Quentin atau mencari villa yang mirip dengan tempat Daphne dan Harper menginap.

22. Menabung sedikit demi sedikit

Pexels.com/Karolina Grabowska

Budget memang menjadi hal yang sensitif dalam persiapan pernikahan. Kamu harus mulai menabung sedikit demi sedikit. Kemudian anggarkan juga keperluan pernikahannya.

23. Lebih penting estetika daripada tema

Pexels/ Pixabay

Banyak pasangan yang lebih mengutamakan estetika daripada tema pernikahan karena akan lebih mendapatkan vibes pernikahannya. Motif yang terinspirasi dari entomologi (serangga) akan lebih dipilih daripada pernikahan spesifik bertema kupu-kupu.

24. Hadiah pernikahan yang berupa pengalaman

greyshairdressing.co.uk

Alih-alih memberikan hadiah seperti peralatan dapur, hadiah pengalaman jadi trend pernikahan tahun 2023. Seperti mengajak pasangan untuk berlayar, wisata kuliner, atau liburan. Bisa, nih, buat kamu yang bingung mau kado apa. Bisa ajak pasangan baru buat jalan-jalan.

25. Bach Party yang bertema

Pinterest

Tahun 2023 pesta lajang atau bach party akan populer dengan tema. Beberapa ide seperti western bach party, disco cowgirl, pajama party, friends-themed bash, dan terinspirasi dari the Nancy Meyer’s.  Popularitas series Wednesday juga bisa mempengaruhi tema bach party tahun 2023 sebagai perpanjangan dari tema estetika nighluxe tahun 2022.

Nah, gimana nih sudah ada gambaran apa aja yang kira-kira bakal kamu terapkan di pernikahan nanti? Selamat mempersiapkan pernikahan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married