Pernikahan yang dijalani oleh pasangan artis Korea Selatan tidak semuanya berakhir bahagia. Ada pula, pernikahan dari pasangan artis Korea yang diharapkan langgeng malah berujung pada perceraian yang menghebohkan. 

Alasan perceraian artis Korea pun beragam, mulai dari perbedaan sifat hingga memaksa pasangan untuk melakukan hal yang tidak diinginkan demi menutupi utang. Wah, sungguh tidak disangka, kan.

Lantas, siapa saja pasangan artis Korea yang bercerai dan membuat geger publik? Dirangkum dari berbagai sumber, ini daftar perceraian artis Korea yang menghebohkan. 

1. Song Joong Ki & Song Hye Kyo

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPinterest.com

Perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo menjadi perceraian artis Korea Selatan terheboh di 2019 silam. Tidak ada yang menyangka jika Song Joong Ki dan Song Hye Kyo memilih untuk bercerai setelah menjalani pernikahan selama 18 bulan saja. 

Padahal, pernikahan keduanya diharapkan langgeng dan berakhir dengan bahagia setelah terlibat cinta lokasi di drama Descendants of The Sun. Mereka juga dijuluki sebagai Song Song Couple dan menjadi ikon pasangan serasi di mata publik. Sayang, perbedaan sifat dan konflik sengit di antara mereka membuat pasangan sejuta umat ini harus berpisah jalan. 

2. Ahn Jae Hyun & Goo Hye Sun

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanSoompi.com

Sama seperti Song Song Couple, pasangan Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun yang menikah pada 2016 setelah terlibat cinta lokasi ini, disebut sebagai pasangan harmonis di mata publik lantaran memilih menyumbangkan donasi ke rumah sakit anak daripada menggelar pesta pernikahan yang mewah. 

Namun kabar perceraian Ahn Jae Hyun dan Goo Hye Sun menghebohkan usai Gugat cerai Ahn Jae Hyun ke Goo Hye Sun pada September 2019 di Pengadilan Keluarga Seoul. Proses perceraian mereka diwarnai berbagai masalah, dari perubahan sikap Goo Hye Sun setelah menikah hingga tuduhan perselingkuhan Ahn Jae Hyun. 

Bahkan, keduanya saling membongkar aib di akun media sosial masing-masing. Hal ini pula yang membuat Ahn Jae Hyun harus vakum dari dunia hiburan. Meski akhirnya, mereka sepakat untuk bercerai pada 15 Juli 2020. Kabarnya, Goo Hye Sun juga telah menemukan kekasih hatinya yang baru. 

3. Lee Sang Min & Lee Hye Yeong

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPerceraian Artis Korea (Channel-korea.com)

Meski tengah berada di puncak popularitas, Lee Sang Min dan Lee Hye Yeong tetap melangsungkan pernikahan pada 2004 silam. Diketahui, Lee Sang Min berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, hingga produser rekaman. Sementara, Lee Hye Young merupakan seorang aktris, penyanyi, dan pengusaha yang populer. 

Baru merasakan manisnya pernikahan, tiba-tiba saja Lee Hye Yeong menggugat Lee Sang Min dengan tuduhan penipuan. Lee Hye Yeong mengungkapkan kalau mantan suaminya itu melakukan kecurangan dan mengambil uang rumah tangga sebesar 2.2 miliar won atau setara Rp27 miliar kala itu. 

Nggak hanya digugat oleh mantan istri, Lee Sang Min juga dituntut oleh dua orang tak dikenal karena melakukan penipuan yang total kerugiannya mencapai 4 miliar won atau setara Rp48,3 miliar. Tidak sampai di situ, perceraian keduanya juga diwarnai dugaan bahwa Lee Sang Min memaksa Lee Hye Yeong untuk sesi pemotretan telanjang. 

4. Chu Yong Jin & Go Hyun Jung

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPerceraian Artis Korea (kenh14.vn)

Aktris ternama di era 90-an, Go Hyun Jung mendadak ramai diperbincangkan karena diketahui telah menikah dengan putra konglomerat, sekaligus keponakan dari CEO Samsung, Lee Kun Hee pada 1995. 

Chu Yong Jin sendiri berprofesi sebagai wakil presiden dari perusahan besar Korea, Shinsegae Group. Namun, setelah menjalani pernikahan selama delapan tahun, Chu Yong Jin dan Go Hyun Jung memutuskan untuk bercerai dan hak asuh anak mereka jatuh ke keluarga suami. 

Perceraian Chu Yong Jin dan Go Hyun Jung menjadi heboh saat rumor penyebab retaknya rumah tangga mereka karena Go Hyun Jung tidak pernah diterima oleh keluarga sang suami. Namun, rumor tersebut dibantah oleh Go Hyun Jung saat menjadi bintang tamu di sebuah acara.

Tapi, bantahan Go Hyun Jung tidak sejalan dengan aksi yang dilakukan oleh Shinsegae Group, karena mereka mengumumkan bahwa tidak akan memajang produk yang diiklankan oleh Go Hyun Jung di semua pusat perbelanjaan milik mereka. 

5. Seo Taiji & Lee Ji Ah

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPerceraian Artis Korea (Hancinema.net)

Tertangkap menjalin hubungan asmara dengan Jung Woo Sung pada 2011 silam, Lee Ji Ah yang berperan dalam drama The Penthouse ini ternyata pernah menyimpan kisah perceraian yang cukup menghebohkan sebelum bertemu dengan Jung Woo Sung. 

Skandal masa lalu terungkap, ia diketahui sempat menikah dengan pelopor musik Kpop, Seo Taiji yaitu salah satu anggota dari grup Seo Taiji and Boys. Lee Ji Ah mengenal Seo Taiji pada 1993 saat dirinya menempuh pendidikan di Amerika Serikat melalui seorang kenalan di konser musik Los Angeles.

Kemudian, keduanya jatuh cinta dan memulai hubungan LDR secara diam-diam selama 4 tahun. Mengejutkannya, Seo Taiji mengumumkan pensiun dari dunia musik pada 1996 dan memilih tinggal di Amerika Serikat, dimana ia menikah dengan Lee Ji Ah setahun kemudian. Mereka menjalani pernikahan selama 9 tahun saat Lee Ji Ah masih 19 tahun.

Perceraian Lee Ji Ah dengan Seo Taiji menjadi heboh karena gugatan sebesar 5.5 miliar won atau setara $ 5.1 juta USD untuk tunjangan dan aset pada 2011 karena Lee Ji Ah menderita tekanan psikologis selama pernikahan tersebut.

6. Dongho eks U-Kiss & Kim Seehee

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPerceraian Artis Korea (Wowkeren.com)

Pernah menjadi bintang idola generasi kedua bersama grupnya, U-Kiss, Dongho resmi menikah dengan Kim Seehee pada 2015 dan menjadi salah satu pasangan yang rumah tangga adem ayem awalnya. 

Pernikahan keduanya digelar tertutup dan terbatas karena hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat. Setahun kemudian, Dongho dikarunai seorang putra bernama Shin Asher. Namun, gugatan perceraian Dongho ke pengadilan pada September 2018 menghebohkan publik lantaran tidak terlihat masalah di pernikahan keduanya. 

Namun, Ayah Dongho akhirnya buka suara perihal penyebab perceraian putranya, Dongho dengan Kim Seehee. Shin Sung Chul mengungkapkan kalau perceraian tersebut disebabkan oleh perbedaan sifat satu sama lain.

7. Eli eks U-Kiss & Ji Yeon Soo

Diwarnai Masalah, 7 Perceraian Artis Korea yang Paling MenghebohkanPerceraian Artis Korea (Soompi.com)

Menikah dengan Ji Yeon Soo pada 2017, pernikahan Eli eks U-Kiss terlihat harmonis dan tampak melengkapi satu sama lain meski keduanya memiliki perbedaan usia 11 tahun. Selama menikah, keduanya telah dikarunai seorang putra bernama Michael yang lahir di tahun 2016. 

Sayangnya, pernikahan yang terjalin selama enam tahun tersebut harus kandas. Penyebab perceraian Eli eks U-Kiss ini tidak hanya perihal perbedaan usia, namun banyak hal yang diungkap oleh Ji Yeon Soo saat hadir menjadi bintang tamu di acara Rice Heart Kang Ho. 

Ji Yeo Soo mengungkapkan bahwa citranya sebagai pasangan bahagia hanya untuk kebutuhan televisi saja, aslinya kehidupan rumah tangganya jauh dari indah dan manis. Bahkan, ia pernah ingin melakukan bunuh diri, karena tidak bisa bertemu dengan sang putra selama 6 bulan. Hal itu karena putranya masih berada di Amerika Serikat bersama Eli. 

Wah, ternyata pernikahan artis Korea yang selama ini dilihat begitu harmonis ternyata menyimpan berbagai polemik saat kabar perceraian muncul ke ranah publik. Selain mereka, apakah ada pasangan artis Korea lain yang perceraiannya juga menghebohkan, Bela?

Baca Juga: Awet Pacaran, 7 Pasangan Artis Korea Ini Didukung Menikah

Baca Juga: Dicap Perusak Hubungan, 5 Artis Korea Terseret Skandal Perselingkuhan

Baca Juga: Bagaikan Drama Korea, Ini 4 Kisah Cinta Jun Ji Hyun & Choi Joon Hyuk