Gemerlap dunia hiburan Korea memang tidak pernah ada habisnya. Ketenaran dan kesuksesan yang ditawarkan cukup menggiurkan, meski jalan untuk mencapai puncak sangat terjal. Tapi, akan ada masanya ketenaran tersebut memudar saat prioritas hidup tak lagi sama, seperti halnya beberapa Idol K-pop yang melepas jubah ketenarannya setelah menikah. Mereka pun memilih beralih menjadi warga biasa yang mengurus rumah tangga.

Mereka mantap menyatakan pensiun dari dunia panggung di saat popularitas masih tinggi dan mendapat banyak perhatian dari penggemar. Penasaran siapa saja mereka? Tenang, Popbela telah meringkasnya di bawah ini:

1. Yulhee eks Laboum

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanbiaswrecker.com

Gadis kelahiran 1997 ini memulai debutnya dengan Laboum, sebuah grup wanita besutan NH Media pada tahun 2014. Dirinya mengikuti kegiatan promosi bersama grupnya sampai tahun 2017. Di tahun inilah, kabar kurang sedap menimpa Yulhee. Rumor pacarannya dengan Minhwan - FT.Island terungkap. Tidak hanya itu, ia pun dikabarkan tengah hamil. 

Yulhee yang saat itu baru 3 tahun debut sempat merahasiakan kehamilan di luar nikahnya dari kedua orangtua dan suaminya tersebut. Ia juga nekat melanjutkan aktivitas sebagai seorang idol yang cukup berisiko buat kehamilan. Sadar akan kesehatan bayi yang dicintainya itu, Yulhee memberanikan diri untuk memberitahu orangtuanya dan Minhwan. Sang kekasih pun langsung menikahinya.

Tak lama setelah kabar hamil dan pernikahannya tersebut, Yulhee memutuskan keluar dari grup yang telah membesarkan namanya dan menjalani hidup yang jauh dari publisitas sebagai warga biasa sekaligus ibu dari seorang anak yang menggemaskan. Meski sempat bertabur popularitas, Yulhee sama sekali tidak menyesal dirinya keluar dari dunia hiburan. Ia merasa kehidupannya yang sekarang lebih bahagia bersama sang suami, Minhwan. 

2. Sunye eks Wonder Girl

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanbiaswrecker.com

Memulai karier sebagai idol sejak tahun 2007 dan mendapat populatitas cukup tinggi bersama rekan segrupnya, Wonder Girls, tidak membuat Sunye mempertahankan dunia keartisannya tersebut. 

Bertemu dengan sang pujaan hati dalam sebuah mission trip di Haiti, Sunye resmi   dipersunting oleh seorang pria berkebangsaan Korea-Kanada. Di awal pernikahan, Sunye masih sempat aktif dengan grupnya, bahkan ia menjadi personel grup wanita pertama yang melakukan promosi album dalam kondisi hamil. 

Dua tahun menjalani dunia pernikahan bersama sang suami, Sunye akhirnya mantap untuk berhenti dari dunia hiburan. Ia memilih fokus menjadi seorang istri dan ibu dari tiga putri cantik. Tidak hanya hengkang dari grup dan industri musik Korea Selatan, Sunye juga mengikuti langkah sang suami untuk menetap di Amerika Serikat. Dari akun Instagram resminya, @sunye.m, idol yang terkenal dengan lagu "Nobody" nya itu sangat menikmati hari-harinya menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga dan tampak menyayangi buah hatinya.

3. Soyul eks Crayon Pop

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanwww.soompi.com

Berasal dari salah satu grup wanita besutan Chrome Entertainment dan menuai banyak penghargaan di tahun 2013-2014 melalui lagu hit, "Bar Bar Bar". Soyul Crayon Pop juga harus melepas jubah ketenarannya saat dirinya resmi menikah dengan Moon Hee Jun dari grup H.O.T. 

Pertemuannya dengan Moon Hee Jun berawal dari sebuah program musik di mana H.O.T baru saja melakukan comeback. Dari sanalah, kedekatan mereka berlanjut dan Soyul sering membawakan bekal makan siang untuk Moon Hee Jun. Kabar kedekatan mereka tidak begitu tercium oleh media hingga Soyul mengumumkan bahwa dirinya mengalami panic dissorder yang membuatnya harus menghentikan promosi bersama Crayon Pop.

Namun setelah berita tersebut tersiar, rumor kehamilan Soyul berkembang. Akhirnya, Moon Hee Jun membuka suara bahwa dirinya berkencan dengan Soyul dan mengumumkan untuk segera menikah. Pernikahan yang mendadak sempat membuat penggemar marah tapi tidak menyurutkan langkah Soyul untuk menikah bersama Moon Hee Jun. Tak lama berselang, Soyul resmi mundur dari grup dan hidup bahagia bersama satu orang anak yang dibesarkannya bersama sang suami.

4. Eunji eks Nine Muses

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanwww.kpopchart.net

Telah lama malang-melintang di dunia hiburan Korea, idol cantik dari grup Nine Muses ini juga memutuskan undur diri dari grup yang telah bersamanya selama 4 tahun tersebut. 

Menggelar pesta pernikahan secara meriah bersama suami yang berasal dari kalangan pesepakbola pada tahun 2018, Eunji yang berposisi sebagai rapper dan vokalis di grupnya memutuskan untuk hengkang dari dunia musik Korea dan membangun kehidupan baru yang bahagia dengan suami tercinta. 

Melalui laman media sosial, @eunvely_park, Eunji eks Nine Muses tengah menanti kehadiran buah hatinya yang berjenis kelamin perempuan. Jauh dari hiruk-pikuk popularitas, Eunji menikmati kesibukannya sebagai seorang calon ibu yang ia bagikan di akun Instagram miliknya.  

5. Kim Jung Ah eks After School

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanwww.fanpop.com

Bersama grupnya After School, Jung Ah merasakan gemerlapnya dunia panggung hiburan Korea sejak tahun 2009-2016. Ia juga sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan leader dari grup pria besutan SM Entertainment, namun dibantah oleh masing-masing agensi.

Jung Ah akhirnya berkenalan dengan seorang pria yang berprofesi sebagai pebasket dari tim Changwon LG Sakers. Mereka menjalin hubungan yang serius hingga ke jenjang pernikahan. Jung Ah resmi menikah dengan Jung Chang Young pada tahun 2018 dan enggan untuk kembali ke dunia tarik suara. Ia memilih fokus pada keluarga kecilnya tersebut sambil mengurus bayi laki-laki yang baru saja lahir di tahun 2019 silam. 

6. Gaeun eks Dal Shabet

Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburanwww.koreanrea.com

Dara manis yang sempat bergabung dalam grup Dalshabet pada tahun 2011 juga membuat keputusan besar untuk meninggalkan panggung K-pop setelah 4 tahun berkarier. 

Usai kontraknya dengan agensi berakhir, Ga Eun tidak lagi meneruskan kariernya sebagai seorang idol . Ga Eun memilih untuk mendalami dunia fashion dan mendirikan perusahaan di bidang pakaian. Setelah tiga tahun keluar dari grup, dirinya mengumumkan tentang pernikahannya tersebut dengan seorang pria yang berasal dari kalangan non-selebritas. Kini, ia berbahagia dengan status barunya tersebut dan belum terlihat kembali ke dunia hiburan Korea yang penuh gemerlap.   

Setelah bertahun-tahun membahagiakan penggemar di belahan dunia, ada saatnya idol-mu akan menjalani kehidupan normal yang jauh dari popularitas dan bidikan kamera. Kebahagiaan keluarga adalah prioritas mereka saat ini. Sudah siapkah dirimu menerima saat mereka harus meninggalkan masa lajangnya, Bela?