Setiap pasangan tentu memiliki tujuan akhir untuk duduk bersama di pelaminan. Selain menabung untuk bekal berumah tangga, nyatanya biaya resepsi pernikahan juga membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Sewa gedung, gaun pengantin, pesan makanan, makeup artist, emas kawin dan seserahan, bahkan hingga hal-hal kecil seperti seragam bridesmaid bisa membuat kantongmu terkuras habis. Jangan khawatir Bela, cara ini dapat menimimalisir biaya hari bahagiamu!

1. Modern minimalis

5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahanwww.mppblog.com
 

Zaman dulu, pernikahan memang harus digelar dengan menggunakan adat pengantin. Nggak hanya baju yang terus berganti, terkadang pernikahan seperti ini bisa berlangsung hingga berhari-hari. Sekarang, nggak ada salahnya kamu menggunakan konsep minimalis tanpa terlihat murahan. Gunakan dekorasi yang didominasi warna putih untuk memberi kesan formal dan elegan.

2. Dekorasi pintu masuk

5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahanwedding-room.blogspot.co.id
 

Menyambut kedatangan tamu, pintu kerap dihiasi dengan tanaman gantung dan tempelan pernak-pernik yang heboh. Bila kamu sudah menggunakan konsep yang minimalis, coba deh gantung balon dengan tema warna yang sama. Cukup dengan puluhan balon dengan ukuran yang sedang dapat memenuhi area pintu tanpa terkesan sepi.

3. Karpet merah pengantar

5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahanwww.partywarehouse.co.nz
 

Saat akan menyalami pengantin, kamu mungkin menyadari bahwa karpet menuju pelaminan sering dihiasi dengan tiang-tiang tanaman di sisi kanan dan kiri. Agar nggak memenuhi tempat, kamu bisa menggantinya dengan balon yang diikat dengan hiasan dedaunan untuk membuatnya terlihat semakin menarik. Unik namun tetap menawan bukan?

4. Buket bunga pendamping

5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahanwww.etsy.com
 

Selain gaun kembaran, kamu juga perlu menyiapkan buket bunga untuk para bridesmaid. Meski nggak seberapa, nyatanya kebiasaan ini bisa menjadi pengeluaran berlebih. Nggak kalah lucu, kamu bisa menggantinya dengan balon yang sesuai dengan warna gaun mereka untuk diterbangkan bersama. Cara ini semakin efektif bila kamu melakukannya di ruangan terbuka.

5. Karangan bunga pelataran

5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahanwww.weddingsinbc.com
 

Memberi kesan megah pada kursi pengantin, memang hal yang lumrah pada budaya kita. Nyatanya, hiasan bunga dengan karangan berukuran raksasa menjadi salah satu biaya pengeluaran terbesar dalam biaya pernikahan. Kamu bisa kok menggantinya dengan karangan bunga yang kecil-kecil. Untuk membuatnya tetap terlihat mewah, tambahkan hiasan balon dan bunga-bungaan di sekitarnya juga bisa memberikan kesan segar di panggung istimewamu!

BACA JUGA: Bridestory Kembali Gelar Pameran Pernikahan Terbesar