Ketika kamu dan dia berkomitmen untuk menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih, kalian tentu memiliki harapan. Kalian berharap hubungan ini agar langgeng dan mampu melewati suka dan duka bersama-sama. Tetapi, karena yang menjalani hubungan ini adalah dua orang, tentu cukup sulit untuk menyatukan dua kepala yang berbeda pemikiran. Belum lagi adanya ego dari diri kalian masing-masing yang tidak bisa disatukan. Perbedaan pendapat akhirnya berujung pada pertengkaran. Namun, seberapa sering kita bertengkar pada akhirnya yang bertahan yang harus diperjuangkan. Agar hubunganmu tetap langgeng kamu dapat menerapkan 5 hal di bawah ini.

5 Rahasia Pasangan yang Berhasil Melangkah ke Pernikahan
 

Hal yang sering ditekankan semua orang dalam menjalani hubungan salah satunya adalah komunikasi yang baik. Apalagi bagi kalian yang menjalani hubungan jarak jauh. Saat kalian tidak suka selalu ditanya sedang apa, di mana, dan sama siapa kamu bisa membicarakan hal tersebut pada pasanganmu. Kamu tidak harus mendiamkan dia karena kamu tidak suka ditanya-tanya. Kamu harus memberi tahu dia karena dia bukan peramal yang bisa menebak dirimu. Lagipula, menjaga komunikasi yang baik akan membuat hubunganmu jadi lebih menyenangkan dan tidak akan ada prasangka dalam hubungan ini.

5 Rahasia Pasangan yang Berhasil Melangkah ke Pernikahan
 

Menumbuhkan rasa percaya itu memang tidak mudah. Apalagi kalau kamu tahu dulunya pasanganmu ini sempat menjadi cassanova. Tapi, dengan komitmen kalian menjalin hubungan itu dia seharusnya bertanggung jawab atas semua tindakannya. Khawatir boleh tapi jangan berlebihan karena rasanya hubungan kalian akan sia-sia saja bila dilanjutkan. Ketika kalian menjalin hubungan bukannya kalian seharusnya telah percaya memberikan perasaan kalian pada pasangan? Nantinya, rasa khawatir dan tidak percaya akan membuat pasanganmu malas dan kesal sendiri.

5 Rahasia Pasangan yang Berhasil Melangkah ke Pernikahan
 

Pertengkaran dalam hubungan itu adalah bumbu yang dapat membuat hubunganmu berasa. Kamu boleh marah dengan pasangan tapi coba sikapi pertengkaran kalian secara dewasa. Mengumbar emosi saat marah terhadap pasangan malah akan membuat permasalahan semakin runyam. Jadi lebih baik tahan emosimu dan selesaikan semua pertengkaran ini dengan kepala dingin dan saat emosimu telah mereda. Setelah selesai jangan pernah ungkit masalah tersebut, yang ada malah kamu dianggap sebagai seseorang yang tidak mudah memaafkan.

5 Rahasia Pasangan yang Berhasil Melangkah ke Pernikahan
 

Sudah seharusnya kalian saling jujur dengan pasangan masing-masing. Memang, sih, jujur itu sulit tapi bukan kah lebih baik tersakiti karena kebenaran daripada bahagia karena kebohongan? Contohnya, saat kamu tidak suka pasanganmu terlalu mengatur dirimu, kamu malah mencari teman bicara baru yang lebih nyaman daripada pasanganmu, hanya karena pasanganmu lebih mencampuri urusanmu daripada dia yang baru. Sampai dunia kiamat bila kamu terus seperti itu, kamu malah hanya menyakiti perasaan pasanganmu. Lebih baik utarakan semua yang kamu rasakan sejujurnya daripada harus main di belakang.

5 Rahasia Pasangan yang Berhasil Melangkah ke Pernikahan
 

Poin yang paling penting agar hubunganmu langgeng dengan pasangan adalah dengan saling menghargai satu sama lain. Sederhana, sih tapi bila diterapkan efeknya luar biasa. Coba bayangkan saat dirimu tidak menghargai dirinya sebagai kekasihmu atau sebaliknya. Hubunganmu dan dia seakan tidak ada maknanya. Kalian mengatakan saling cinta, tapi nyatanya kamu berbuat sesuka hati atau dia tidak menganggap dirimu selalu di sisi. Dengan saling menghargai, kalian akan mengetahui tujuan dari hubungan yang sedang kalian jalani ini.

BACA JUGA: Ini Langkah Terbaik yang Dilakukan Pasangan Langgeng Dikala Keharmonisan Terancam​