Perselingkuhan bisa saja terjadi dalam hubungan setiap orang, nggak terkecuali kamu. Standar perilaku berselingkuh yang dilakukan sangatlah bervariasi, lho. Misalnya seperti menunjukkan kasih sayang dan berbagai jenis kontak fisik maupun seksual dengan orang lain selain kamu sebagai pasangan. Lantas, bagaimana dengan keterikatan emosional terlarang yang nggak seharusnya ada dalam hati seseorang?

Ya, inilah bagian tersulitnya! Perihal emosional memang akan selalu abu-abu dan tak sejelas perilaku berselingkuh yang nyata terlihat. Namun, jika ada setitik perasaan atau perbuatan kamu yang mengarah pada beberapa hal berikut maka dapat dipastikan kamu tengah berselingkuh. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya penjelasan Popbela berikut, ya.

1. Kamu mencari perhatian dan validasi dari orang lain selain pasangan

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!freepik.com/ lookstudio

Jika kamu tengah menjalin sebuah hubungan, seharusnya kamu takkan lagi membutuhkan validasi dan perhatian dari orang lain selain pasangan. Bahkan, saat hubungan kamu sedang berada dalam situasi paling sulit! Namun, apabila yang terjadi justru sebaliknya, maka dapat dipastikan bahwa kamu berselingkuh secara emosional. Padahal, yang perlu kamu lakukan ketika hubunganmu memasuki fase surut adalah memperbaiki sembari mencari alternatif solusi, bukannya membuka diri untuk cinta yang baru.

2. Menyembunyikan interaksi kamu dengan orang lain dari pasangan

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!pexels.com/Rodnae Productions

Pada dasarnya, komunikasi adalah kunci keberhasilan dari setiap hubungan. Oleh karenanya, penting sekali untuk tak merahasiakan apa pun dari pasangan, termasuk interaksi kamu dengan orang lain. Tetapi, jika kamu merasa perlu menyembunyikannya dari pasangan, cobalah bertanya pada diri sendiri, ya. Apakah hubungan yang kamu dan pasangan jalani jauh dari kata sehat? Atau mungkin interaksi kamu dengan lelaki lain yang nggak sehat dan terlarang?  

3. Membicarakan hal-hal yang tidak pantas dengan lelaki lain

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!pexels.com/Katerina Holmes

Membangun percakapan dengan topik yang nggak seharusnya diperbincangkan bersama orang lain selain pasangan juga termasuk dalam kategori perselingkuhan emosional, lho. Misalnya seperti flirting atau menggoda dan terus menerus berbicara tentang keburukan pasangan. So, berhentilah melakukannya jika kamu pernah berbuat hal serupa, ya. Meneruskan kebiasan buruk semacam ini akan berdampak buruk pula terhadap kelangsungan hubungan kamu.

4. Kamu ingin menghidupkan kembali hubungan di masa lalu

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!freepik.com/ArthurHidden

Ya, menghidupkan kembali hubungan di masa lalu dengan bernostalgia adalah salah satu hal terlarang yang nggak seharusnya kamu perbuat ketika sudah berpasangan. Meski berteman dengan mantan merupakan hal baik, kamu harus berhati-hati, ya. Tetapkan batas dan teguhkan hati agar nggak tergoda untuk membangun kembali keintiman yang telah lama berlalu!

5. Memiliki perasaan pada seseorang yang bukan pasangan kamu

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!Pexels.com/cottonbro

Menyimpan perasaan pada orang lain yang bukan pasangan kamu merupakan sebuah pertanda bahwa kamu telah melewati batas secara emosional. Meski kamu tak melakukan aksi nyata untuk meneruskannya, tetap saja hal ini masuk ke dalam kategori perselingkuhan! Nggak percaya? Tunggu sampai pasangan kamu melakukan perbuatan yang sama dan rasakan sendiri kepedihannya.

6. Memberi timbal balik kepada seseorang yang telah menggodamu

Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!https://www.pexels.com/@amina-filkins

Kamu memang takkan pernah dapat mengontrol apa yang akan orang lain lakukan. Namun, jika seorang pria mencoba menggodamu tanpa henti maka kuatkan hati untuk selalu memegang kontrol diri. Membalas flirting yang datang dari orang lain selain pasangan akan membuatmu terlibat dalam perselingkuhan emosional, lho. Oleh karena itu, jangan pernah memberi timbal balik untuk hal-hal yang tak seharusnya kamu lakukan ketika sedang berkencan, ya.  

Baca Juga: Anti Selingkuh! 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Setia dengan Pasangan

Baca Juga: 10 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berselingkuh

Baca Juga: Ini 8 Ciri Pasangan yang Selingkuh di Dunia Maya