Percayalah, menghancurkan hati seseorang tak akan pernah semudah itu! Untuk dapat mengakhiri sebuah hubungan kamu perlu mempelajari beberapa cara agar tetap membuatnya merasa dihargai. Pada dasarnya yang paling penting untuk diingat adalah jangan sesekali memutuskan berpisah melalui pesan singkat. Sebagai orang dewasa, kamu harus dapat menghormati dan mencegah lebih banyak patah hati dari cara meminta putus yang salah.

Berikut cara yang wajib kamu terapkan guna mengakhiri hubungan dengan bersikap dewasa, terus terang, namun tetap memperhatikan perasaannya.

1. Beri si dia kejelasan melalui alasan yang tepat

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia TerlukaPexels.com/Keira Burton

Pertama, kamu harus mempersiapkan lebih dulu penjelasan mengapa kamu ingin mengakhiri hubungan. Ingat, jangan sesekali berpikiran untuk meninggalkannya tanpa kejelasan, ya! Dia berhak untuk dihargai, Bela

2. Be honest!

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terlukahttps://www.pexels.com/@alex-green

Ya, kejujuran adalah yang utama. Katakan alasan yang sebenarnya mengapa kamu ingin berpisah dari si dia, ya. Percayalah, penjelasan yang dibuat-buat hanya akan memperumit masalah di masa depan. Lagi pula meski pahit dan menyakitkan, pasangan kamu berhak untuk mengetahui seluruh kebenaran.

3. To the point dan nggak perlu bertele-tele

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terlukahttps://www.pexels.com/@sushantphotographyy-745299

Jangan sesekali bermain-main dengan perasaan si dia! Ketika kamu memutuskan untuk berpisah, siapa pun akan merasa rentan dan dipenuhi oleh kesedihan. Jika kamu ingin tetap berteman dengannya, katakan saja. Tapi ingat, hindari percakapan yang berpotensi untuk melukai perasaannya, ya.

4. Bersikaplah tegas dan percaya diri dengan keputusanmu

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terlukahttps://www.pexels.com/@william-fortunato

Bersikap terlalu baik kepada si dia dapat memberikan harapan palsu bahwa kamu mungkin ingin kembali bersama suatu saat nanti, lho. Untuk itu, putuskan hubungan kamu dengan jelas dan tanpa keraguan, ya.

5. Sampaikan perasaan kamu dengan jelas dan ringkas

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terlukahttps://www.pexels.com/@william-fortunato

Katakan padanya bahwa kamu ingin putus dan kemudian berikan alasan dengan jelas. Ingat, hindari tertawa atau tersenyum ketika kamu berbicara dengan si dia, ya. Be empathetic, Bela. Lagi pula, kamu juga tak akan suka jika seseorang tersenyum saat putus denganmu.

6. Putuskan hubungan kamu secara baik-baik

6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terlukahttps://www.pexels.com/@william-fortunato

Meski mungkin akan ada permasalahan yang nggak dapat terselesaikan di antara kamu dan dia. Usahakan sebisa mungkin untuk tetap berpisah secara baik-baik, ya. Beri si dia pengertian dengan jelas dan sopan tentang kebutuhanmu dan ia untuk melangkah maju.

Selain itu, jangan menutup-nutupi alasan mengapa kamu ingin berpisah darinya. Percayalah, itu hanya akan membuatnya kebingungan dan tak mengerti maksud kamu.

Baca Juga: Ini 9 Cara Membantu Sahabat Move On Pasca Putus Cinta

Baca Juga: Sudah Putus, 7 Artis Pria Ini Masih Simpan Foto Mesra Bareng Mantan

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Rasa Marah setelah Putus Masih Ada