Kencan dengan gebetan merupakan kegiatan menyenangkan yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Tak hanya sekadar mengobrol via chat maupun telepon, akhirnya kita bisa bertemu dan nge-date dengan si dia. Kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan dengan beragam cara, mulai dari dinner, acara pesta, menonton film, dan hal lainnya. 

Tapi di sisi lain, banyak anak muda yang berpikiran nge-date itu butuh biaya besar sehingga tak jarang di antara mereka merasa mengajak kencan jadi sebuah tekanan tersendiri. Waduh, padahal nggak selalu seperti itu, kok!

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Good Faces Agency

Menurut laporan The Future of Dating yang diluncurkan Tinder pada Maret 2021, saat ini para singles lebih memilih first date yang santai dan kreatif daripada pergi ke restoran yang fancy. Tahun lalu, setelah mayoritas masyarakat mendapatkan vaksin dan booster, aktivitas nge-date di ruang publik mulai ramai.

Nah, karena banyak generasi muda lebih sadar soal pengeluaran selama pandemi, akhirnya mereka mulai mencari ide nge-date yang tidak menghabiskan banyak uang. Maka, muncullah tren “Affordates” atau affordable dates.

“Biaya kencan yang mahal menjadi alasan mengapa para single harus lebih kreatif dalam menyusun rencana kencan mereka. Di satu sisi, hal ini memberikan kesempatan untuk lebih mengenal satu sama lain, terutama ketika membuat keputusan praktis,” ucap Dr. Angela, intimacy coach dan founder Academy of Relationship & Sex, mengenai Affor-dating.

Nah, kamu nggak perlu bingung lagi karena Popbela akan memberikan beberapa ide kreatif untuk affor-dating. Check this out!

1. Melakukan hal-hal sederhana

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Kenrick Baksh

Kencan tak harus mewah kok, Bela! Tak ada salahnya jika kamu melakukan hal-hal sederhana bersama gebetan saat berkencan. Misalnya, sekadar mengobrol di taman, memandangi awan bersama, bahkan merajut.

Menurut laporan dari Tinder, setidaknya 21% pengguna aplikasi ini lebih memilih melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat mereka senang tanpa mengeluarkan banyak uang.

2. Kencan di thrift shop

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Robinson Greig

Kalau kamu cuma punya uang Rp200 ribu di kantongmu, belanja di thrift shop bisa jadi alternatif kencan juga, lho. Bahkan jumlah pengguna Tinder yang menuliskan ‘thrifting’ di bionya naik hingga 26%. Wah, kamu sendiri sudah pernah coba nge-date sambil thrifting nggak nih, Bela?

3. Cari yang gratis

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Zalfa Imani

Kamu tahu nggak kalau di Indonesia banyak museum dan tempat rekreasi yang gratis? Ini bisa jadi alternatif kencan pertama juga, lho! Kamu juga bisa explore hidden gems di sekitar Pecinan Glodok dengan jalan kaki atau olahraga bersama di Gelora Bung Karno, Jakarta.

4. Walk the talk

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Bailey Alexander

Daripada cuma mengajak match kamu jalan-jalan naik kendaraan umum atau pribadi, kenapa nggak coba untuk naik Commuter Line atau Transjakarta buat ketemu dan mengobrol dengan partner date kamu sambil berjalan?

Menurut Dr. Angela, hal ini bisa jadi alternatif untuk berhemat dan waktu yang dipakai untuk jalan bareng teman kencan kamu bisa jadi waktu tambahan untuk saling kenal satu sama lain.

5. Volunteering? Kenapa nggak?

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Cristi Tohatan

Salah satu aktivitas favorit Dr. Angela untuk berkencan adalah melakukan kegiatan sukarela sama partner nge-date. Kamu bisa mencoba mencari match yang tertarik sama social issues di Explore dan nyobain volunteering di organisasi-organisasi sosial juga.

6. Nyobain challenge dance bareng

6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!Unsplash.com/Jakob Owens

Kamu juga bisa ngajak gebetan kamu untuk recreate beberapa dance yang lagi happening buat tes kerja sama kalian! Siapa nih kira-kira yang bisa ngikutin beat-nya dengan baik tanpa kalah?

Nah, itu dia 6 ide kreatif untuk kencan hemat. Kira-kira, kamu akan melakukan yang mana nih, Bela?

Baca Juga: 13 Ide Kencan Penuh Tantangan, Cocok untuk Pasangan Petualang!

Baca Juga: 7 Ide Kencan Menyenangkan untuk Para Introvert

Baca Juga: 5 Ide Kencan Romantis di Jakarta, Cocok untuk Pengantin Baru!