Sempat menghilang dari dunia hiburan, mantan artis cilik era 90-an, Dena Rachman, menjadi perbincangan hangat publik setelah mengungkapkan identitas barunya sebagai seorang transgender. Pemilik nama asli Renaldy Denada Rachman ini memutuskan mengubah dirinya dari laki-laki menjadi perempuan beberapa tahun yang lalu.

Nyaman dengan identitas barunya, Dena pun kini sudah tak malu-malu lagi mengungkapkan kehidupan pribadinya ke publik. Tak terkecuali perihal asmara. Pemain serial Gossip Girl Indonesia ini sempat menceritakan soal kriteria pasangannya kelak. Seperti apa? Keep on reading, ya!

1. Putuskan jadi transgender

Jadi Transgender & Pindah Agama, Ini 5 Fakta Asmara Dena RachmanInstagram.com/denarachman

Jarang muncul di layar kaca, Dena Rachman justru datang membawa kabar mengejutkan soal keputusannya menjadi transgender di tahun 2013. Dalam obrolannya bersama Daniel Mananta, Dena akhirnya berani buka-bukaan soal keputusannya tersebut.

Dena mengaku merasakan perbedaan pada dirinya sejak SMP. Namun, ia baru mulai berani terbuka dan menunjukkan sikapnya yang cenderung seperti perempuan di depan banyak orang ketika SMA. Setelah beranjak dewasa, Dena mulai memberitahu orangtuanya soal keinginannya menjadi transgender. Sempat syok hingga membuat sang ibu menangis, perlahan orangtua Dena akhirnya bisa menerima keputusan sang anak.

2. Kepergok mesra dengan laki-laki bule

Jadi Transgender & Pindah Agama, Ini 5 Fakta Asmara Dena RachmanInstagram.com/denarachman

Pada Juli 2019 lalu, warganet dikejutkan dengan beredarnya video yang menunjukkan momen Dena Rachman sedang makan bersama laki-laki bule di New South Wales, Australia. Tak hanya sekadar makan bersama, ternyata itu merupakan momen di mana Dena baru saja dilamar oleh sang kekasih.

"Mesra banget sih mbak @denarachman yang habis dilamar. Nggak sabar Januari 2020 di New York #lovewins," bunyi tulisan di video tersebut. Meski videonya sudah beredar luas, sayangnya Dena tak pernah terang-terangan mengungkapkan hubungan mereka ke publik.

3. Sempat dikabarkan segera menikah

Jadi Transgender & Pindah Agama, Ini 5 Fakta Asmara Dena RachmanInstagram.com/denarachman

Setelah dilamar, Dena dan sang kekasih dikabarkan akan menggelar pernikahan pada Januari 2020 di Amerika Serikat. Sayang, rencana bahagianya itu harus tertunda lantaran pandemi COVID-19. Salah satu sahabat Dena, Papa Edwan, mengungkapkan bahwa seharusnya pasangan itu melangsungkan pernikahan di Jakarta dan Bali.

Tak hanya kabar pernikahannya, Papa Edwan juga membocorkan bahwa calon suami Dena merupakan seorang duda berkewarganegaraan Amerika Serikat. Laki-laki bule yang belum diketahui namanya itu juga telah memiliki tiga orang anak.

4. Pindah agama dan ingin pasangan seiman

Jadi Transgender & Pindah Agama, Ini 5 Fakta Asmara Dena RachmanInstagram.com/denarachman

Tak hanya putuskan jadi perempuan, Dena Rachman kini juga diketahui pindah keyakinan dengan memeluk agama Kristen. Hal itu mengagetkan banyak pihak, terutama keluarganya. Apalagi mayoritas keluarga Dena beragama Islam.

Menjadi seorang penganut agama Kristen, artis kelahiran 30 Agustus 1987 itu mengungkapkan keinginannya untuk memiliki pasangan yang seiman dengannya. Hal tersebut ia beberkan saat menjawab pertanyaan salah satu warganet soal tipe pasangan idamannya.

“Mbak Dena cantik begini, apa tidak ada cowok serius yang naksir, ya? Tipe pendamping Mbak Dena apa aja?” tanya seorang warganet dalam fitur QnA di Instagram. “Masa sih? Hmm... doain aja ya ketemu sama yang seiman dan sepadan,” jawab Dena.

5. Kriteria pasangan Dena Rachman

Jadi Transgender & Pindah Agama, Ini 5 Fakta Asmara Dena RachmanInstagram.com/denarachman

Dalam wawancaranya dengan media pada Desember 2015 lalu, Dena sempat mengungkapkan kriteria pasangan idamannya. Rupanya artis berzodiak Virgo ini ingin punya pacar yang cocok dengannya dan mampu membuatnya nyaman.

"Ya intinya kalau disejajarkan, jalan bareng gitu cocok, serasi secara visual," jelas Dena. "Kalau mau makan enak, belanja juga enak. Cocok kalau mau diskusi, cocok kalau ngobrol enak. Pokoknya yang penting cocok. Kalau mau dibawa ke teman-teman juga cocok. Jangan yang tiba-tiba out of the blue atau bengong."

Baca Juga: Intip Gaya Dena Rachman, Transgender Kece yang Banjir Pujian

Baca Juga: Dena Rachman & 10 Artis Indonesia yang Memutuskan Pindah Agama Kristen

Baca Juga: 10 Potret Persahabatan BCL & Dena Rachman, Setia dalam Suka Duka