Banyak orang mati-matian mempertahankan hubungannya. Apalagi jika hubungan tersebut sudah berjalan lama dan orang-orang terdekat sudah memberikan restu. Rasanya apapun yang terjadi jangan sampai hubungan itu berakhir. Well, inilah alasannya kenapa banyak orang yang berusaha mempertahankan hubungannya meski sudah berantakan.

1. Malas memulai semua dari awal lagi

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.farfarawaysite.com

Banyak orang merasa bahwa memulai sebuah hubungan adalah proses yang melelahkan. Mereka membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak lagi nantinya. Itulah kenapa mereka berusaha mempertahankan hubungannya hingga titik darah penghabisan.

2. Takut kesepian

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.popsugar.com

Kebiasaan bersama pasangan akan hilang jika berpisah. Tentunya ini akan membawa rasa kesepian. Dan banyak orang takut untuk merasa kesepian, sehingga pada akhirnya memilih untuk mempertahankan hubungannya.

3. Merasa terlalu tua jika harus sendiri lagi

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.entertainmentoutlook.com

Alasan lainnya yaitu ia merasa sudah terlalu tua jika harus mengakhiri hubungan dan menjalin hubungan baru. Ia dihantui ketakutan jika nantinya tak kunjung menemukan pasangan dan tepat. Belum lagi desakan untuk menikah karena faktor usia.

4. Ada rasa tidak enak pada pasangan atau keluarganya

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.onceuponatime.wikia.com

Bersamanya dalam waktu lalu tentu membuatmu tahu bagaimana karakternya. Karena hal inilah kemudian kamu terus mempertimbangkan jika harus meninggalkannya. Kamu dihantui rasa bersalah, tidak enak, dan ketakutan bahwa dia tidak bisa hidup tanpamu.

5. Gengsi

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.etonline.com

Sebagian orang merasa gengsi untuk putus atau berpisah dari pasangannya. Karena mereka beranggapan bahwa perpisahan adalah sebuah kegagalan dan mereka tak ingin untuk dianggap gagal.

6. Tak ingin investasinya sia-sia

6 Alasan Orang Berusaha Bertahan dalam Hubungan yang Berantakanwww.tv.com

Menjalin hubungan juga termasuk salah satu investasi. Sama seperti menjalankan bisnis, kita memberikan waktu, tenaga, dan dana yang tidak sedikit untuk membuatnya berjalan dengan baik. Jadi, disbanding harus merelakannya hancur lebih baik mengurusnya untuk tetap berjalan bagaimana pun keadaannya.

BACA JUGA: Daftar Resolusi Cinta yang Perlu Dimiliki Setiap Pasangan di Tahun Baru!