Sudah menjalin hubungan dengan seseorang pastinya akan bahagia jika memulai langkah yang lebih serius. Memperkenalkan satu sama lain ke keluarga. Apa yang kamu rasakan jika akan pertama kali akan bertemu dengan keluarga pasanganmu?

Tapi kamu perlu hati-hati karena first impression mereka terhadapmu sangat berpengaruh dalam hubunganmu. Karena orangtua pasanganmu menjadi calon mertuamu. Salah-salah, kamu akan menjadi orang yang tak diharapkan oleh mereka. Tenang saja, inilah hal yang harus kamu perhatikan saat akan bertemu calon mertua.

1. Gunakan pakaian yang sopan

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Iniunsplash.com/ Tamara Bellis

Suka nggak suka, penampilanmu adalah bagian yang berpengaruh untuk membuat kesan pertama yang baik. Pilih pakaian yang sopan, rapi dan nggak terlalu terbuka. Karena kamu akan berhadapan dengan keluarganya. Jangan berlebihan untuk tampil mencolok. Itu akan membuat kesan pertama yang nggak kamu inginkan.

2. Bawakan mereka hadiah kecil saat berkunjung ke rumah

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Iniunsplash.com/ Kira auf der Heide

Jika calon mertua mengundangmu untuk menghadiri acara keluarga, kamu dapat membawakan makanan, minuman ataupun hadiah kecil lainnya seperti cokelat atau bunga. Tanyakan kepada pasanganmu yang mereka anggap pantas, jangan lupa untuk memberikannya sendiri ke calon mertuamu.

3. Mulai percakapan yang menunjukkan kamu tertarik kepada mereka

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Inirawpixel.com/

Sebelum bertemu calon mertua, ada baiknya cari tahu apa yang mereka minati. Saat kamu tahu, cobalah riset tentang hal itu. Kamu bisa memulai percakapan dan kemudian membahas hal tersebut. Kamu juga dapat bertanya tentang hobi, pekerjaan, bahkan sejarah keluarga mereka.

4. Jangan lupa untuk memuji

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Inipexels.com/ Fox

Cobalah beri pujian kepada calon mertuamu dari hal yang paling kecil. Seperti memuji makanan yang disajikan enak, rumahnya bersih bahkan memuji pakaian dari calon mertuamu. Kamu juga dapat mencari bahasan obrolan yang masih berhubungan dengan pujian itu agar terjadi percakapan yang panjang, seperti menanyakan lukisan di dinding itu dibeli di mana dan kamu menyukainya.

5. Lakukan obrolan one on one

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Iniunsplash.com/ Matthew Henry

Jika kamu menghadiri acara keluarga besar, cobalah untuk sejenak mengajak ngobrol calon mertuamu secara personal. Nggak harus pembicaraan serius, kamu bisa membahas berita terkini ataupun acara yang diselenggarakan. Ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan kamu merasa nyaman di sekitar mereka. Jangan lupa untuk berterima kasih karena telah mengundangmu.

6. Bersikap sopan

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Inipexels.com/ Elina Sazonova

Pertemuan pertama dengan calon mertua akan membuat mereka benar-benar memperhatikanmu, bagaimana kamu memperlakukan mereka, pasanganmu dan orang lain. Tunjukkan rasa hormat dan sopan. Misalnya kamu berada pada makan malam di restoran, ini bukan saatnya untuk mengkritik makanan dan bersikap acuh kepada waiter.

7. Tetap memakan makanan yang disajikan sekalipun kamu nggak menyukainya

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Inipexels.com/ Chan Walrus

Jika kamu disuguhkan dengan beberapa makanan yang nggak begitu kamu sukai, cobalah untuk tetap memakannya. Hal ini ditujukan untuk menghargai mereka. Cobalah sedikit agar mereka merasa terapresiasi. Jika kamu alergi, coba untuk memberi tahu kamu alergi dan nggak bisa memakannya.

8. Biarkan mereka tahu kamu senang bertemu dengan mereka

Yakin Siap Bertemu Calon Mertua? Coba Perhatikan 8 Hal Penting Inipexels.com/ Craig Adderley

Pastikan untuk mengambil beberapa waktu sebelum pergi berpamitan. Katakan kamu bisa senang untuk datang ke acara itu atau sekadar bertemu dengan mereka. Katakan juga kamu berharap bisa bertemu dan datang kembali ke acara serupa.

Baca Juga: Tinggal Bersama Mertua? Ini 5 Tips Agar Rumah Tanggamu Tetap Harmonis