Menikah merupakan tujuan dari hubungan antara dua pasangan. Karena di tahap inilah kamu dan pasangan memulai perjalanan kehidupan bersama, di tempat tinggal bersama, berbagai secara finansial, dan menghasilkan keturunan. Apalagi jika kamu sudah bertahun-tahun pacaran, menikah juga merupakan langkah selanjutnya.

Nah, akan tetapi jika pasangan belum membahas tentang pernikahan bagaimana ya? Apakah ternyata dia hanya main-main atau belum yakin terhadapmu? Sedangkan kamu sudah siap untuk tahap ini.

Jangan khawatir Bela! Tanpa drama, inilah cara mengajak pasangan menikah tanpa kode.

1. Tanyakan padanya

Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimufreepik.com/prostooleh

Tanpa drama dan kode, bertanyalah kepadanya mengapa dia belum mengajakmu menikah. Pastikan juga kamu melontarkan pertanyaan ini di waktu yang tepat. Mintalah jawaban yang spesifik dari sudut pandangnya, dari mana dia belum siap hingga komitmennya terhadapmu sejauh apa.

2. Jangan drama

Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimufreepik.com/drobotdean

Banyak dari perempuan yang menginginkan pernikahan dengan drama, seolah-olah membandingkan hubungan dengan orang lain hingga ingin dilamar bak artis. Hal ini sesungguhnya yang membuat laki-laki memikirkan lagi, apakah ini perempuan yang akan hidup bersamanya hingga ajal menjemput.

3. Jangan terlalu bergantung padanya

Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimufreepik.com/suthiporn.hanch

Memang kamu butuh akan kehadirannya, akan tetapi pikirkan lagi akan hal itu. Jika kamu sudah menanyakan alasan mengapa dia belum mengajakmu menikah, akan lebih baik kamu dan pasangan berdiskusi bersama kapan waktu yang tepat. Bukan menanyakannya berulang kali sehingga membuatnya merasa kamu terlalu bergantung padanya.

4. Beri tahu padanya jika kamu sudah siap menikah

Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimufreepik.com/branin

Banyak laki-laki berpikir serius tentang pernikahan ketika dia melihat kamu sudah siap menikah. Jika memang dia belum berpikir tentang itu, katakan kamu sudah siap untuk tahap yang lebih jauh. Diskusikan waktu yang tepat dengan berkompromi dengannya, jangan mendesaknya karena terkesan kamu terlalu terburu-buru.

5. Berbicaralah tentang kehidupan setelah menikah

Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimufreepik.com/freepik

Setelah menikah akan banyak sekali perubahan yang terjadi di hidupmu dan pasangan. Bukalah obrolan tentang hal itu, seperti menyatukan dua keluarga, masalah keuangan, tempat tinggal bersama, dan rencana program untuk buah hati.

Mungkin akan sedikit kaku, tetapi semua akan terlalui dengan begitu cepatnya. Nggak ada salahnya untukmu melakukan riset tentang bagaimana kehidupan di awal pernikahan agar selalu harmonis.

Intinya adalah tidak apa-apa jika kamu membuka pembicaraan soal pernikahan dengan pasangan, namun jangan pernah terkesan memaksa pasangan untuk segera menikahimu. Selain itu, sebelum membuka pertanyaan soal pernikahan, kamu juga harus mempersiapkan diri seandainya pasangan justru merasa belum siap menikah denganmu. Selanjutnya, keputusan ada di tangan kalian berdua, apakah kalian akan terus lanjut menjalani hubungan meski pernikahan belum menjadi tujuan.

Baca Juga: Ramalan Cinta Shio Kerbau di Tahun 2020, Banyak Tantangan