Apakah kamu pernah cemburu kepada pasanganmu saat dia dekat dengan perempuan lain? Yap, ini sangat wajar karena berarti sayang kepadanya. Akan tetapi sikap cemburu yang berlebihan akan mengubahmu menjadi pacar yang posesif, lho, Bela.

Sikap posesif hanya akan merusak hubungan, karena kurangnya kepercayaan kepada pasangan untuk bertindak, cemburu yang teramat sangat, hingga emosi yang kadang terpancing karena pertengkaran-pertengkaran yang sebenarnya nggak perlu.

Jika kamu merasa dirimu adalah seorang yang posesif, inilah saat yang tepat untuk berubah. Buat hubunganmu sehat, inilah cara berhenti menjadi seorang yang posesif.

1. Lupakan masa lalu

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ gorynvd

Mungkin sebelum kamu menjalani hubunganmu yang sekarang ataupun sedang menjalani hubunganmu ini, kamu pernah ditipu atau dibohongi sebelumnya. Akan tetapi itu adalah masa lalumu, jangan biarkan hal itu merusak hubunganmu saat ini.

Biarkan masa lalu dan rasa sakit hati itu berlalu, kamu nggak bisa mengubah yang sudah terjadi. Mempunyai dendam akan membuatmu nggak bisa fokus pada hubunganmu saat ini.

2. Jangan terlalu insecure

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ freepik

Semakin kamu khawatir bahkan insecure terhadap pasanganmu, nggak akan membuat hubunganmu lebih baik. Hal ini justru akan membuatnya merasa nggak nyaman dan merasa nggak betah terhadapmu.

Sikap insecure yang terus menerus membuat pasanganmu membutuhkan seseorang untuk curhat, bisa jadi kekhawatiranmu justru akan menjadi kenyataan, karena ada perempuan yang lebih mendengarkan pasanganmu.

3. Nikmati kehidupanmu sendiri

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ prostooleh

Kamu nggak perlu memiliki persaan cemburu yang berlebih. Dengan kamu menikmati kehidupanmu, seperti pekerjaan yang kamu miliki, hobi, dan kehidupan sosialmu sendiri akan membuat pasanganmu lebih tertarik denganmu.

Mungkin bagimu akan menyenangkan jika menghabiskan waktu bersama pasangan, akan tetapi yang harus kamu ingat, dia juga mempunyai kehidupan pribadi, begitupun denganmu. Melakukan me time juga menyenangkan kok, Bela, seperti pergi ke salon, melakukan shopping, traveling bersama teman, belajar keahlian baru, berolahraga, dan masih banyak hal lainnya.

4. Saling mengenali teman satu sama lain

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ freepik

Cara yang baik untuk menjaga kepercayaan adalah mengenalkannya dengan teman-temanmu, begitupun sebaliknya. Kamu bisa membiasakan diri dengan lingkaran sosial pasanganmu. Jika kamu tahu siapa teman-teman pasanganmu, rasa cemburu saat dia menghabiskan waktu bersama mereka nggak menjadi alasan.

Ataupun jika kamu mau, kamu bisa ikut saat pasanganmu pergi bersama mereka. Hal ini akan mendekatkanmu dengan mereka juga tentunya.

5. Jangan mencoba mengubah pasanganmu

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ freepik

Meski dalam hubungan kamu mempunyai harapan untuk pasanganmu menjadi lebih baik, biarkan dia berusaha menyenangkanmu dengan caranya sendiri. Jangan mencoba untuk mengubah personality-nya. Itu nggak akan membuat hubunganmu lebih baik, yang ada dia akan melakukannya dengan terpaksa.

6. Percaya dengan apa yang dilakukan

6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesiffreepik.com/ yanalya

Mungkin kamu mempunyai perasaan takut kehilangan pasanganmu saat dia sedang berada di sebuah tempat, berkumpul dengan teman lama, atau sekadar dekat dengan rekan kerja. Jika kamu percaya dengan pasanganmu, hal ini akan membuatnya selalu ingat padamu akan komitmen yang dibuat.

Seorang laki-laki tidak suka terkekang oleh pasangan. Semakin dia terkekang, semakin dia berusaha melarikan diri, lho. Jangan sampai kamu merugikan diri sendiri karena sikap posesifmu itu.

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan Disfungsional

Baca Juga: Pakai 5 Cara Ini Agar Pacar Tahu Kamu Memikirkannya Saat Terpisah

Baca Juga: Ini Cara Agar Tetap Bisa Bertahan dalam Pacaran yang Membosankan