Fase PDKT itu tidak harus selalu berakhir dengan pacaran, lho. Ada yang harus merasakan pahitnya kegagalan di tengah manisnya momen-momen pendekatan. Pastinya, ini terjadi karena beberapa alasan.

Akan tetapi, pernah nggak terlintas dalam benak kamu untuk balik dengan mantan gebetanmu itu? Mantan gebetan, lho, ya, bukan mantan pacar. Soalnya, biasanya, nih, hubungan yang tidak kesampaian itu justru yang sering kali bikin gagal move on.

Nah, kalau kamu pernah memikirkan untuk balik dengan mantan gebetan tapi takut-takut untuk memulainya, berikut Popbela bantu bagikan tips PDKT lagi dengan mantan gebetan! Simak yuk, biar nggak gagal lagi!

1. Sebelum memulai PDKT kembali, perhatikan situasi

5 Tips PDKT Kedua dengan Mantan Gebetan Biar Nggak Gagal Lagiunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Masa jeda antar hubunganmu dengan mantan gebetan pasti diisi dengan banyak hal. Entah mungkin kesibukannya yang baru, prioritasnya yang berbeda, atau bahkan tidak menutup kemungkinan kalau dia sudah memiliki pacar.

Jadi, sebelum mengambil langkah untuk mendekatinya lagi, lebih baik lihat situasi dulu, ya. Jangan sampai, ekspektasimu harus mendahului kenyataan yang sebenarnya.

2. Ingat kembali apa yang membuat hubungan kalian gagal

5 Tips PDKT Kedua dengan Mantan Gebetan Biar Nggak Gagal LagiPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Setiap apa pun yang terjadi, pasti ada penyebabnya kan, Bela? Nah, begitu pun gagalnya hubungan PDKT kamu dengan mantan gebetan. Pasti ada alasan dan penyebab yang melatarbelakanginya. Entah mungkin karena tidak ada kecocokan, atau mungkin memang waktunya saja yang nggak tepat.

Sebelum kamu mencoba untuk mengulang pendekatan lagi, coba deh ingat-ingat lagi, kira-kira kenapa sih dulu bisa gagal? Hal ini penting supaya kamu bisa mengukur apakah niatmu untuk PDKT lagi dengan mantan gebetan itu adalah keputusan yang benar, atau justru bisa berakhir dengan hal yang sama.

3. Hubungi ia kembali dengan cara yang natural

5 Tips PDKT Kedua dengan Mantan Gebetan Biar Nggak Gagal LagiPexels.com/Adrienn

Setelah sudah menimbang situasi dan penyebab gagalnya hubungan kalian dulu, maka kamu bisa lanjut memikirkan bagaimana cara menghubunginya kembali. Eits, tapi dengan cara yang natural, ya. Jangan sampai terkesan modus.

Kamu bisa manfaatin momen-momen yang dia bagikan di media sosial, lho. Misalnya, kalau mantan gebetanmu ulang tahun atau lulus sidang skripsi, kamu bisa mengucapkannya. Baru deh, setelah itu kamu buat alur percakapan yang kiranya bisa berlanjut.  

4. Terbuka dengan apa niatmu

5 Tips PDKT Kedua dengan Mantan Gebetan Biar Nggak Gagal LagiPexels.com/Andrea Piacquadio

Selanjutnya, saat komunikasimu dan mantan gebetan sudah mulai berjalan lancar, maka ini waktu yang tepat untuk terbuka dengan apa niatmu menghubunginya kembali. Bukan untuk memaksanya, kok. Ini hanya memperkecil kemungkinan kalian membuang-buang waktu.

Dengan melihat respons gebetan, kamu jadi tahu apakah hubungan PDKT kedua ini worth it untuk dilakukan atau tidak.

5. Jangan terburu-buru

5 Tips PDKT Kedua dengan Mantan Gebetan Biar Nggak Gagal LagiPexels.com/Rodnae Productions

Tips terakhir yang penting untuk diingat adalah jangan lakukan PDKT secara buru-buru. Meskipun ini merupakan PDKT kedua dan kamu merasa sudah pernah mengalaminya, tetapi ini tetap fase pendekatan, lho.

Apalagi, kamu dan dia sudah lama tidak berinteraksi. Pasti ada beberapa hal yang berubah, baik dari dirinya maupun kamu sendiri. Jadi, slow but sure aja, Bela!

Nah, itu dia tips aman PDKT lagi dengan mantan gebetan. Semoga berhasil!

Baca Juga: 7 Perilaku Perempuan Saat PDKT yang Bikin Para Lelaki Ilfeel 

Baca Juga: Malu Tapi Mau, 6 Zodiak Ini Paling Pasif Saat PDKT

Baca Juga: 10 Tips Menolak Cowok yang PDKT Denganmu Tanpa Harus Menyakitinya