Kalau membahas soal jodoh itu memang cukup unik, karena tidak ada satu pun dari kita yang tahu bagaimana dan kapan kita akan bertemu dengannya. Bisa saja ia adalah orang yang tidak pernah kita sebelumnya, atau justru orang yang selama ini berada dekat dengat kita tapi tidak kita sadari, misalnya dari lingkup pertemanan.

Lingkungan pertemanan yang sama biasanya yang paling sering memicu munculnya hubungan asmara dengan pasangan yang seumuran. Mungkin yang awalnya cuma teman saja lalu bisa menjadi pasangan kekasih. 

Nah, jika dilihat sekilas, pacaran dengan yang seumuran memang bisa terlihat lebih mudah dibandingkan dengan yang beda usia. Tapi jangan salah, pacaran seumuran juga punya suka duka tersendiri. 

Berikut ini adalah beberapa suka duka punya pacar yang seumuran.

1. Bisa lebih solid menghadapi jatuh bangun bersama, karena tantangan yang dialami kurang lebih sama

5 Suka Duka Punya Pacar Seumuranfreepik.com/timeimage

Meski setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing, akan tetapi berada di usia yang sama itu artinya problem, perjalanan, dan fase yang dilalui cenderung sama. 

Inilah yang menguntungkan kamu ketika berpacaran dengan orang yang seusiamu, karena kalian bisa lebih solid untuk menghadapi jatuh bangun bersama.

Kamu sudah hafal seluk-beluk keluarganya hingga jatuh bangun pacar kamu dalam menapaki karier, begitu pun sebaliknya pasangan kamu terhadapmu.

2.Bisa saling mendukung akan mimpi dan karier masing-masing

5 Suka Duka Punya Pacar SeumuranPexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika kalian sudah lebih solid menghadapi setiap rintangan dan masalah yang menghadang, itu artinya kalian sama-sama mendukung penuh apa pun yang sedang diperjuangkan.

Kamu tahu sulitnya mencapai sesuatu di usiamu saat ini, maka otomatis kamu juga menemukan kesulitan itu pada pasanganmu. Jadi, kamu tidak mungkin menambah bebannya lebih besar lagi dengan menahan ia mencapai karier impiannya.

3. Obrolan lebih nyambung dan punya chemistry yang kuat saat membicarakan berbagai hal

5 Suka Duka Punya Pacar SeumuranPexels.com/Yura Forrat

Hal lainnya yang menjadi poin plus saat pacaran dengan yang seumuran adalah memiliki chemistry kuat saat membicarakan berbagai hal.

Permasalahan hidup yang cenderung sama, membuat kalian memiliki semangat juang yang sama. Alhasil, kalian akan sejalan dan memiliki frekuensi yang sama untuk membicarakan berbagai hal, tak terkecuali masa depan.

Umur yang sama membuat kalian saling memahami segala hal yang lagi ngetren. Obrolan kalian pun jadi lebih nyambung tanpa harus menyesuaikan diri dua kali karena masalah umur.

4. Bisa saling memberikan kebebasan buat hobi atau kegemaran masing-masing

5 Suka Duka Punya Pacar Seumuran

Bukan hanya mendukung perihal karier, hal baik lainnya yang akan kamu rasakan saat memiliki pacar seumuran adalah adanya kebebasan untuk menikmati hobi dan kegemaran masing-masing.

Kamu tahu bahwa larangan itu sangatlah menyiksa. Kamu juga tahu betapa bahagianya bisa menjalani hobi dan hal-hal baru di usiamu tanpa diganggu. Maka dari itu, kamu tidak melakukan hal itu pada pasanganmu. 

Pacaran seumuran membuat kalian sama-sama paham bahwa menikmati hobi itu penting. Bukannya over protektif dengan tidak membolehkan ini itu, kalian malah saling membebaskan dan mendukung selama kegiatan yang dilakukan adalah hal positif.

5. Perselisihan kadang tidak terkendali karena memiliki kadar ego yang sama

5 Suka Duka Punya Pacar SeumuranPexels.com/Sagar Kumar

Nah, setelah tau apa saja kiranya hal menyenangkan dari memiliki pacar yang seumuran, jangan abaikan juga dengan dukanya, ya.

Tidak hanya memiliki semangat juang dan pemikiran yang sejalan, berada di usia yang sama juga membuat kamu dan pasangan memiliki kadar yang ego yang sama. Artinya, ketika ego itu dipertemukan dalam suatu masalah, meleburlah menjadi satu.

Kamu dan pasangan cenderung sulit mengontrol ego masing-masing karena saling merasa dirinya paling benar. Pemikiran kalian yang sama-sama belum matang membuat satu sama lain sering kali merasa yang paling berkorban. Padahal, tanpa disadari yang kalian ikuti hanya kepentingan diri sendiri bukan atas dasar hubungan bersama.

Itu dia suka duka punya pacar seumuran. Meski mungkin lebih banyak sukanya, tetap jangan remehkan permasalahan soal ego, ya. Sebab, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk bisa mengendalikannya. Semoga berhasil, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Tanda Pacar Kamu Tukang Menghindari Konflik

Baca Juga: 6 Perbedaan Cara Move On Perempuan dan Laki-Laki Setelah Diselingkuhi

Baca Juga: 6 Tantangan Menjalin Hubungan dengan Perbedaan Usia yang Jauh