Ada banyak jenis cinta di dunia ini. Cinta romantis, cinta orangtua, cinta saudara, dan cinta terhadap sesama. Semua bentuk itu adalah perekat yang menyatukan kita dan membuat hidup layak untuk dijalani.

Cinta juga tentang dicintai, sebuah hubungan dua arah, yaitu menerima cinta dan mengembalikannya. Cinta dianggap oleh semua orang sebagai salah satu hal terpenting dalam hidup dan kebahagiaan sangat terkait dengan mencintai dan dicintai.

Tapi apa sebenarnya kenapa cinta itu begitu kuat dan penting bagi kehidupan manusia? Mari kita lihat dari beberapa alasan yang paling mendasar.

1. Insting dasar manusia

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah JawabannyaPexels.com/pixabay

Banyak yang bilang kalau cinta sejati itu tidak pernah ada. Cinta hanyalah bentuk penipuan romansa Hollywood yang menempatkan harapan tidak realistis di depan semua orang. Banyak juga anggapan skeptis yang mengatakan bahwa cinta sebenarnya membuat orang lebih menderita daripada bahagia. 

Jika memang semua anggapan itu benar, maka pertanyaan sederhananya cuma satu: mengapa cinta bisa dirasakan oleh anak kecil? Mungkin mereka tidak benar-benar jatuh cinta, tetapi mereka menemukan sensasi kebahagiaan darinya. 

Maka jawabannya adalah karena cinta adalah bagian dari insting dasar manusia. Kita tidak bisa memaksa itu hilang dalam kehidupan kita, bahkan bisa dikatakan kalau cinta itu penting.

2. Cinta adalah sumber inspirasi terbaik

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah Jawabannyapexels.com/Orione Conceição

Kalau selama ini kamu kesulitan menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa cinta itu penting, pikirkan saja semua seni di dunia. Pikirkan soal musik, seni rupa, patung, film, atau mungkin teater. Kira-kira, dari mana inspirasi nomor satu bagi kebanyakan seniman di dunia? Jawabannya mungkin akan satu suara yaitu: cinta.

Cinta adalah inspirasi kreatif paling umum untuk semua seniman di luar sana. Bahkan, itu juga menjadi inspirasi yang terkuat. Tidak masalah apakah kamu tidak pandai dalam berkata-kata atau berbakat melukis. Yang jelas, ketika jatuh cinta, kamu bisa berubah menjadi sosok pujangga paling puitis atau bahkan pelukis paling imajinatif. Yup, that's the power of love!

3. Cinta mengajarkan untuk tidak mementingkan diri sendiri

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah Jawabannyafreepik.com/jcomp

Sifat dasar manusia kebanyakan mengarah untuk mengutamakan dirinya sendiri. Namun, ketika kamu jatuh cinta, kamu secara otomatis berhenti menjadi egois, lho. Faktanya, ini adalah salah satu pelajaran terpenting yang diajarkan cinta kepada kita semua: bagaimana menjadi tidak mementingkan diri sendiri.

Kamu bisa menjadi orang yang paling mandiri di dunia, tetapi ketika kamu mengungkapkan cinta kepada seseorang dan ketika seseorang membalas cintamu, kamu tidak menjalani hidup sendirian lagi.

4. Cinta mengajarkan bentuk kompromi

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah Jawabannyafreepik.com/nensuria

Kamu mungkin orang yang keras kepala. Semuanya harus berjalan sesuai keinginanmu atau tidak sama sekali. Nah, kalau kamu bertanya-tanya mengapa cinta itu penting, salah satu jawabannya adalah cinta mengubah semua orang, termasuk sikapmu yang keras kepala itu.

Pelajaran hidup penting lainnya yang diajarkan jatuh cinta kepadamu adalah pentingnya kompromi. Hal itu akan kamu dapat dimulai dari pasanganmu. Tanpa mereka memaksa kamu untuk melakukan apa pun, kamu secara sadar maupun tidak, akan belajar beradaptasi dengan semua kebutuhan dan gaya hidup mereka.

5. Cinta memberi kita kekuatan

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah JawabannyaPexels.com/Snapwire

Banyak orang akan memberitahu kamu bahwa cinta membuat semua orang lemah. Ia memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat orang paling kuat di dunia bertekuk lutut. Sebenarnya ada beberapa kebenaran tentang ini. Namun, yang gagal dipahami banyak orang adalah bahwa ketiadaan cinta itulah yang membuat seseorang rapuh.

Kita pasti akan hancur setelah kehilangan seseorang yang kita cintai. Meski dari luar seseorang bisa saja mengelak, tetapi faktanya, hati akan hancur berkeping-keping ketika kita tidak lagi dicintai oleh orang yang pernah bersama.

Jadi, hadirnya cinta di hatimu tak lantas membuatmu lemah. Faktanya, seperti sebuah kutipan terkenal tentang cinta oleh Lao Tzu: "Dicintai secara mendalam oleh seseorang memberimu kekuatan, sementara mencintai seseorang memberimu keberanian."

6. Cinta mendatangkan rasa aman

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah Jawabannyafreepik.com/marymarkevich

Merasa aman adalah hal terpenting bagi kesehatan mental setiap orang, dan tidak ada di dunia ini yang bisa membuat kamu merasa aman seperti cinta. 

Jatuh cinta dan memiliki kehidupan cinta yang bahagia berarti mengetahui bahwa selalu ada seseorang yang mendukungmu setiap saat. Tidak peduli apa yang kamu lakukan, mereka tidak akan pernah meninggalkan atau membiarkan kamu menggantung sendiri.

Cinta adalah rumah, tempatmu berlindung, dan pelabuhan paling aman. Sesuatu yang dapat kamu jadikan tempat kembali, ketika dunia tidak lagi bisa menerima dan menginginkanmu.

7. Cinta memberikan kita keberanian

Kenapa Cinta Itu Penting? 7 Alasan Inilah JawabannyaPexels.com/Helena Lopes

Hal hebat lainnya yang bisa diberikan oleh cinta adalah perihal keberanian yang luar biasa, yang bahkan tidak kamu sadari bahwa kamu memilikinya. 

Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu pasti merasa seperti tidak ada yang tidak bisa kamu lakukan, bukan? Kamu yakin dengan kemampuanmu sampai pada titik di mana tidak ada kekuatan lain yang dapat mencegah kamu mencapai tujuanmu.

Kamu benar-benar siap pasang badan untuk berdiri di depan orang yang kamu cintai dan untuk mempertahankan hubungan kamu dengannya. Kamu siap melakukan apa pun untuk melindungi cinta yang kamu miliki. Tentunya tidak hanya berani secara fisik tetapi juga emosional, sebab cinta memberimu keberanian untuk menjadi diri sendiri. 

Itulah tadi beberapa alasan dasar mengapa kita sebagai manusia membutuhkan cinta. Jika kamu masih tidak bisa memahami mengapa cinta itu penting, maka bisa berarti satu hal: mungkin saja sampai detik ini, kamu belum pernah jatuh cinta secara nyata.

Baca Juga: Ini Kelemahan Tiap Zodiak dalam Hubungan Percintaan, Nggak Nyangka!

Baca Juga: Kata Terapis, Ini 9 Tanda Kalau Kamu Sedang Jatuh Cinta 

Baca Juga: 10 Ilustrasi Menggemaskan yang Bikin Kamu Ingin Jatuh Cinta Lagi