Menjalin hubungan dengan intensitas pertemuan sering saja sulit, apalagi yang terbatas karena terhalang jarak seperti pasangan LDR alias long distance relationship. Mereka membutuhkan komunikasi dan kepercayaan yang lebih besar dibandingkan pasangan biasa pada umumnya.

Meski begitu, bukan berarti LDR adalah hal yang mustahil untuk dijalani. Ketika kamu dan pasangan sama-sama tahu kunci kesuksesan hubungan LDR, sejauh apa pun jarak yang menghalangi, nggak akan terasa, kok! Nah, salah satu kuncinya itu, ya, kepercayaan.

Nggak percaya? Coba saja jaga kepercayaan pasanganmu saat LDR, hubungan kalian pasti awet! Berikut ini caranya.

1. Sempatkan waktu untuk memberinya kabar

5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR freepik.com/lifestylememory

Komunikasi itu kunci segala hubungan yang kokoh, terlebih lagi bagi para kaum LDR. Untuk menjaga kepercayaan si dia, sesibuk apa pun kamu, usahakan untuk bisa menyempatkan waktu memberinya kabar. Nggak sampai berjam-jam, kok. Cukup beberapa pesan singkat yang memberi tahu dia kalau kamu baik-baik saja dan tidak membuatnya overthinking karena berada jauh darimu.

Jangan biarkan komunikasi kalian berantakan karena alasan jarak yang jauh. Ingat, teknologi sudah semakin canggih dan kayaknya sekarang ini hampir semua orang waktunya dihabiskan dengan ponsel. Jadi, kalau merasa pasanganmu spesial, nggak ada alasan lagi dong untuk memberinya kabar?

2. Tahu batasan ketika harus berhubungan langsung dengan lawan jenis

5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR freepik.com

Meskipun pasanganmu jauh di sana, bukan berarti kamu bisa seenaknya dekat dengan lawan jenis melebihi batas yang seharusnya. Menjalin hubungan itu berarti kamu perlu memiliki rasa tanggung jawab untuk tidak menyakiti hati pasanganmu.

Jadi, cara lainnya untuk menjaga kepercayaan pasangan saat menjalani hubungan jarak jauh adalah dengan menjaga batasan ketika bersama lawan jenis lain. Entah itu dengan teman main kamu ataupun relasi kerja.

Bukan bermaksud untuk mengekang, tetapi kalau sama-sama bisa menjaga batasan, terlepas dari jarak jauh yang memisahkan, kepercayaan pun pasti terjaga.

3. Bersikap jujur dan selalu terbuka

5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR Pexels.com/Adrienn

Mau pasanganmu percaya? Jalan paling penting adalah dengan bersikap jujur dan selalu terbuka padanya perihal apa pun itu. 

Misalnya saja dari hal kecil seperti kegiatan sehari-hari, hingga yang lebih besar seperti bepergian dengan siapa, ke mana, dan bagaimana kedekatan dengan rekan kerja ataupun bos di kantor. Keterbukaan bisa menghindari masing-masing kalian dari adanya overthinking yang tidak perlu.

Jadi, saat kamu dekat atau kenal dengan seseorang yang baru pun, jangan pernah menyembunyikannya pada pasangan. Sebab, jika ia tahu belakangan dan bukan berasal darimu, itu bisa menimbulkan kesalahpahaman yang cenderung sulit untuk dibenahi.

4. Kata-kata dan sikap tidak berbeda, atau tidak ingkar janji

5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR unsplash.com

Kepercayaan seseorang itu mahal harganya karena sangat sulit didapatkan. Maka dari itu, kalau mau menjaga kepercayaan pasangan saat LDR, jadilah seseorang yang bisa dipegang perkataan dan sikapnya. Jangan hanya bersikap terbuka tapi tidak bisa menyesuaikan apa yang dikatakan dengan tindakan yang dilakukan.

Kamu tidak boleh plin-plan, baik itu ketika bicara, berjanji, atau bahkan ketika melakukan sesuatu. Itu hanya membuat pasangan semakin mencurigaimu dan sulit menaruh kepercayaan. 

Kalau misalnya pamit mau pergi kerja, ya, itu berarti kamu memang benar-benar pergi kerja. Jangan malah mengunggah sesuatu yang menunjukkan kalau kamu justru sedang main dengan teman. Kalau pasanganmu segera melihatnya, bisa hancur kepercayaan yang sudah kamu bangun.

5. Menjaga kehangatan hubungan

5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR resveralife.com

Nah, terakhir, jika ingin menjaga kepercayaan pasangan saat LDR cobalah untuk menjaga kehangatan hubungan kalian. Nggak perlu menghabiskan banyak waktu ataupun biaya, lakukan saja beberapa hal sederhana tapi bermakna seperti berikut ini:

  • “Berkencan” online dengan menonton film bersama
  • Mengirimkan hadiah kecil yang mengingatkanmu kepadanya
  • Saling berkirim surat
  • Bermain game bersama
  • Memberitahukan jadwalmu selama seminggu ke depan
  • Atau berkunjung ke tempat pasangan saat ada kesempatan

Nah, sekarang sudah tahu, kan, cara menjaga kepercayaan pasangan saat LDR? Selamat mencoba!

Baca Juga: Bukan Karena Jarak, Ini 5 Penyebab Kandasnya Hubungan LDR

Baca Juga: 6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDR

Baca Juga: Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDR