Ketika memutuskan untuk mencintai seseorang, itu artinya kita harus siap dengan apa pun yang menjadi bagian dari dirinya, termasuk masa lalunya. Masa lalu ini bisa berupa perilaku dan kenangan ia dengan mantan-mantan pacarnya.

Namun, pada kenyataannya nggak semua orang bisa dengan mudah menerima masa lalu pasangannya. Kita tentu memiliki waktu masing-masing untuk bisa beradaptasi dan berdamai dengan hal itu.

Oleh karena itu, Popbela sudah siapkan 5 cara menerima masa lalu pasangan. Apa saja itu?

1. Kendalikan perasaan dan pikiranmu

Meski Sulit, Inilah 5 Cara Menerima Masa Lalu Pasangan pinterest.com

Saat kamu dan pasangan sudah terbuka dengan masa lalu kalian, cobalah untuk mengontrol bagaimana perasaan dan pikiranmu. Belajarlah untuk mengenali pikiran obsesif, agar tidak terperangkap dalam kesimpulan yang salah.

Memikirkan masa lalu pasangan bisa menimbulkan berbagai macam emosi dalam diri. Entah mungkin marah, sedih dan cemburu. Itu semua hal wajar, kok. Lampiaskan apa yang kamu rasakan, jangan dipendam. Akan tetapi, ingat untuk tidak terlalu larut di dalamnya ya!

2. Tanamkan pola pikir bahwa masa lalu adalah bagian dari hidup semua orang

Meski Sulit, Inilah 5 Cara Menerima Masa Lalu Pasangan Pexels.com/Freestocsk.org

Kita harus sepakat bahwa masa lalu adalah bagian penting dalam hidup setiap orang. Sepahit apa pun itu, mereka sudah menjadi satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu, penting bagimu untuk menanamkan pola pikir ini di dalam hubunganmu. Toh, kamu juga memiliki masa lalu kan?

Mungkin, kamu hanya butuh waktu untuk bisa beradaptasi dengan masa lalunya. Jangan lakukan hal-hal yang justru membuat dirimu sendiri lelah, seperti misalnya mencari tahu lebih dalam soal masa lalunya.

3. Belajar untuk mempercayai pasangan

Meski Sulit, Inilah 5 Cara Menerima Masa Lalu Pasangan Pexels.com/Pixabay

Kekuatan utama dalam sebuah hubungan adalah rasa saling percaya. Cara menerima masa lalu pasangan bisa kamu lakukan dengan belajar untuk memberikan kepercayaan penuh padanya.

Memang, perasaan takut dan insecure itu adalah hal yang normal. Apalagi kalau kamu memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan dari sebuah kepercayaan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk selalu berpikir positif terhadap sesuatu.

Jadi, coba katakan pada dirimu untuk berhenti merasa curiga atau cemburu pada pasangan. Tetap objektif dan fokus pada tindakan yang ia lakukan saat ini, Bela!

4. Belajar untuk menerima bukan menghindar

Meski Sulit, Inilah 5 Cara Menerima Masa Lalu Pasangan Pinterest.com/Larissa Bueno

Tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan masa lalu pasangan adalah belajar menerimanya. Tidak ada yang bisa kamu lakukan selain hal ini. Berpikir untuk menghindar? Itu bukan solusi, Bela!

Selain itu, menghindar dan membenci hanya akan menunjukkan sikapmu yang tidak dewasa. Nggak perlu kok mengambil jarak sejauh itu dengan masa lalu pasanganmu. Justru kamu harus memanfaatkan hal ini untuk mendapat pelajaran berharga tentang pasanganmu! Supaya nantinya hubungan kalian lebih baik ke depannya.

5. Fokus pada hubunganmu sekarang

Meski Sulit, Inilah 5 Cara Menerima Masa Lalu Pasangan freepik.com/ branin

Setelah tahu masa lalu pasangan dan belajar menerimanya, ini saatnya kamu untuk fokus pada hubungan. Nikmati setiap proses yang kalian jalani saat ini dan ke depannya. Ketika muncul kekhawatiran di sana, biarkan hal itu terjadi dan menjadi bagian dari proses.

Menerima masa lalu pasangan adalah satu langkah baik yang bisa mengantisipasi kesalahan yang sama terulang. Kalian bisa sama-sama untuk membantu berubah jadi lebih baik. Bila perlu, buat kesepakatan di antara kalian agar semuanya lebih terbuka.

Nah, itulah beberapa cara menerima masa lalu pasangan. Ingat untuk selalu berpikir positif atas apa yang kamu lakukan, ya! Jangan melihat sesuatu hanya dari satu sisi dan tidak mau menjadi terbuka. Semoga hubungan kamu dan pasangan lebih baik ke depannya!

Baca Juga: Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa Lalu

Baca Juga: Arti Move On dan Caranya agar Berdamai dengan Masa Lalu

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Menggali Masa Lalu Pasangan