Setiap pasangan memang tidak bisa menghendaki hubungan yang mereka jalani terus menerus dalam kondisi baik. Pasti ada saja kerikil-kerikil kecil yang menghalangi, yang mungkin saja bisa menjadi besar dan berpontensi menyebabkan hubungan hampir kandas. 

Apalagi kalau masalah sudah menjadi runyam dan kedua pasangan sama-sama melibatkan emosi. Padahal, jauh di dalam hati mereka masih sama-sama saling mencintai. Nah, jika kondisinya sudah begini, apakah hubungan seperti ini masih bisa diperbaiki?

Berikut ada 9 cara memperbaiki hubungan yang hampir putus. Apa sajakah itu?

1. Saling mendengarkan satu sama lain

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/beststudio

Salah satu masalah yang cukup krusial dan bisa berdampak langsung dalam membuat hubungan hampir kandas adalah komunikasi. Maka, masalah pertama yang perlu diatasi adalah komunikasi.

Ketika salah satu pasangan berbicara, bagaimanapun nada suaranya, pasangan lainnya perlu melihat dan mendengarkan mereka. Bahkan jika ada ketidaksepakatan, mendengarkan apa yang dikatakan orang lain itu tetap penting. Jadi, cobalah untuk belajar menjadi pendengar yang baik dengan mendengarkan perasaan pasanganmu secara seksama, dan begitu pun sebaliknya. Jangan biarkan ego kalian yang menang di sana!

2. Kedua belah pihak harus sama-sama berusaha

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir PutusPexels.com/Helena Lopes

Hubungan yang baik harus didukung oleh kerja sama antar kedua pasangan. Kamu dan pasangan harus berusaha secara sadar untuk memperbaiki hubungan kalian yang hampir putus. Jika hanya ada satu pihak saja yang mau berusaha, dan yang lainnya tidak, maka sekeras apa pun upaya yang dicoba mungkin akan menjadi sia-sia. 

3. Menjaga komunikasi tetap terbuka

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/ freepik

Jika kamu tidak menyukai sesuatu tentang pasangan, maka bicarakanlah. Tidak ada satu pun dari kita yang bisa membaca isi hati setiap orang, kecuali orang tersebut yang memberi tahunya langsung. 

Jadi, bersikaplah jujur dan terbuka tentang kekhawatiranmu sehingga dapat diatasi oleh pasanganmu. Dengan begitu, kalian bisa saling memperbaiki hubungan dan tidak lagi mengorbankan perasaan satu sama lain sampai hampir putus. Namun, tetap ingat, sampaikanlah dengan cara yang sopan dan tidak menyakiti.

4. Cobalah untuk lihat dan ubah diri sendiri sebelum mencoba mengubah pasangan

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir PutusPexels.com/Cottonbro

Terkadang ketika kita menemukan sesuatu rusak atau tidak sesuai dengan yang semestinya, kita akan berusaha keras untuk memperbaikinya, begitu pula dalam hubungan.

Ketika hubungan yang kalian jalani hampir putus, pasti ada ego yang bermain di sana. Ego itu yang akan mendominasi pikiranmu sehingga kamu atau pasangan cenderung berpikir bahwa, "Aku benar kok, dianya aja yang perlu berubah”. Padahal, mungkin bisa saja ada hal-hal yang tidak bisa kendalikan tapi orang lain bisa melihatnya.

Untuk itu, daripada berusaha keras untuk mengubah pasangan sesuai dengan yang kamu mau, cobalah untuk bersikap lebih pengertian dengan saling memahami, bukan saling menyalahkan.

5. Ingatlah saat-saat yang membuat kalian berdua tertawa

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/ lookstudio

Hubungan itu nggak selamanya pahit, kan? Pasti ada waktu dan kesempatan di mana kalian seolah tidak mau dipisahkan karena semua hal terasa begitu indah.

Maka, kalau kalian saat ini berada di tahap hubungan yang kritis karena hampir berpisah, cobalah untuk saling meredam ego masing-masing dengan mengingatkan saat-saat yang membuat kalian tertawa. 

6. Jangan mengungkit masalah dari masa lalu

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/ branin

Wajar bagi kebanyakan orang untuk menggunakan masa lalu atau orang lain untuk menambahkan pengaruh pada apa pun yang mereka anggap valid pada saat itu. Apalagi ketika salah satu pasangan merasa kehilangan argumen dan merasa bahwa memperkuatnya dengan contoh-contoh dari masa lalu, atau dukungan dari orang-orang penting lainnya akan meningkatkan keefektifannya.

Padahal yang terjadi, ini bisa saja memperkeruh suasana dan memperparah keadaan. Niat ingin memperbaiki hubungan, justru bisa berpotensi menyebabkan kalian benar-benar putus.

7. Bertanggung jawab atas tindakan masing-masing dan tidak saling menyalahkan

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/yanaly

Menunjuk siapa yang harus disalahkan karena hubungan kalian hampir putus tidak akan menyelesaikan masalah dan membuat hubungan membaik. Ini justru memperkuat ego kalian masing-masing dan semakin menjauhkan kedekatan emosional kalian sebagai pasangan. 

Jadi, alih-alih mencari kesalahan dan melimpahkannya, lebih baik temukan solusi yang bisa kalian lakukan. Setidaknya cobalah bertanggung jawab atas apa pun yang sudah kalian lakukan.

8. Habiskan waktu bersama

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir PutusPexels.com/Andie Venzl

Perhatian adalah salah satu cara untuk membawa hubungan yang rusak dan hampir putus keluar dari jurang yang suram. Dengan berfokus pada satu sama lain pasangan mulai merasa istimewa dan dibutuhkan dalam hubungan lagi.

Jadwalkan kencan malam secara teratur dan bersiaplah untuk satu sama lain. Nah, di momen itu bangunkanlah keintiman di antara kalian lewat beberapa sentuhan fisik, seperti berpegangan tangan atau berpelukan. Selain itu, cobalah yakinkan pasanganmu bahwa kamu memiliki waktu bersama setiap minggu.

9. Atasi masalah yang menyebabkan kalian hampir putus

9 Cara Memperbaiki Hubungan yang Hampir Putusfreepik.com/egoitz_bengoetxea

Dengan melakukan cara-cara di atas, kamu dan pasangan jadi tahu apa masalah yang menyebabkan hubungan kalian kritis. Namun, tentu tidak hanya berhenti dengan sebatas tahu saja, sebab membicarakannya tidak akan membawamu ke mana-mana. Melainkan, temukan solusi dan komitmenkan diri kalian masing-masing untuk mengatasinya. 

Itulah dia cara memperbaiki hubungan yang hampir putus. Selamat berjuang!

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Laki-laki Cuek Setelah Putus

Baca Juga: Pacar Sering Bersikap Kasar ke Orang Lain, Putus atau Lanjut Terus?

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Pacar yang Gampang Bilang Putus