5 Alasan Ilmiah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Ternyata bisa saja hanya sebuah ilusi positif.

5 Alasan Ilmiah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Dari mana datangnya cinta? Katanya dari mata turun ke hati? Tapi, apa iya? Mungkin bagi sebagian orang, cinta itu hanya bisa tumbuh dari kedekatan dengan orang yang sudah lama dikenal. Namun, nyatanya cinta juga bisa tumbuh hanya dari pertemuan pertama, lho.

Meski masih sering menjadi perdebatan, jatuh cinta pada pandangan pertama bisa dijelaskan secara ilmiah. Ada alasan-alasan yang melatarbelakangi seseorang bisa jatuh cinta hanya dari pertemuan pertama. Apa sajakah itu?

1. Adanya reaksi kimia yang terjadi di otak yang membuat seseorang merasakan cinta

Bela, pernah mendengar istilah ‘butterflies in my stomach’? Kondisi di mana kamu merasakan ada kupu-kupu beterbangan dalam perut? Idiom ini melekat dengan perasaan jatuh cinta. Jadi, kalau kamu merasakannya itu artinya kamu sedang jatuh cinta. Hal ini pun akan terjadi pada cinta pandangan pertama, dan ternyata itu ada alasannya, lho!

Melansir dari laman The Huffington Post, ahli neuropsikoterapi Dr. Trisha Stratford mengatakan bahwa saat jatuh cinta, otak akan menciptakan dopamin dan serotonin. Kedua hal ini akan memungkinkan kamu merasakan keterikatan instan dengan seseorang saat melihatnya.

2. Cinta pada pandangan pertama bisa saja hanya “ilusi positif” yang kita ciptakan sendiri

Sebuah studi yang dillakukan para peneliti University of Groningen tahun 2017 mengungkap bahwa cinta pandangan pertama itu sebenarnya bisa menjadi sebuah ilusi positif. Kamu dan pasangan mungkin berpikir kalau kalian saling jatuh cinta karena perasaan yang dialami saat pertama bertemu.

Selain itu, terungkap juga kalau kebanyakan orang yang mengalami cinta pada pandangan pertama berakhir dalam hubungan jangka panjang dengan orang tersebut. Hal inilah yang membuat peneliti percaya bahwa cinta pandangan pertama adalah bias memori dan bukan cinta yang unik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here