Dalam hubungan asmara, khususnya hubungan jarak jauh, adalah hal yang wajar ketika kita kehabisan topik obrolan untuk dibicarakan dengan pasangan. Bahkan, ada saatnya salah satunya akan merasa bosan dengan topik obrolan yang berulang. Menemukan sesuatu yang baru untuk dibicarakan dengan pasangan tentunya menjadi tantangan dalam hubungan long distance relationship (LDR).

Umumnya, mereka yang sedang LDR sering menghabiskan waktu di telepon atau video call  untuk menemukan sesuatu yang baru, ataupun dengan bahan obrolan yang sudah biasa hingga suasana itu menjadi hening. 

Supaya nggak begitu terus, Popbela akan memberikan rekomendasi topik obrolan LDR yang ampuh bikin hubungan kamu langgeng. Yuk, simak sebagai berikut.

1. Membuat sebuah list tujuan

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hubungan jarak jauh atau LDR bisa lebih mudah jika kamu dan pasangan membuat sebuah daftar tujuan. Ini sebuah permulaan untuk mengetahui apa yang dikerjakan pasanganmu secara emosional, profesional, mental, dan fisik. 

Membicarakan tujuan satu sama lain akan membuat kamu dan pasanganmu bersemangat dan saling memberi support untuk mencapai tujuan yang hakiki.

2. Bertanya tentang kesehatan mental dan fisik

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Dalam menjalani LDR, kamu tidak bisa berdekatan dengan pasanganmu setiap hari. Tentu akan sulit untuk menebak apa yang terjadi dengan kesehatannya, terutama kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa menjadikan ini topik obrolan, seperti apakah dia cukup tidur? Atau apakah sudah berolahraga secara teratur? Apakah ada sesuatu yang ingin ceritakan hari ini?

Pertanyaan seperti ini sangat penting, lho. Kamu dan pasanganmu harus bertanggung jawab dalam hal kesehatan masing-masing. Terlebih lagi, ini membantu kamu dan dia untuk mengetahui lebih banyak tentan kegiatan dia di setiap harinya.

3. Bicara soal masa depan

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Membuka pembicaraan dengan membahas masa depan akan memengaruhi kehidupan pribadi dan kehidupan asmara kalian. Kamu bisa bicara tentang rencana liburan bersama, atau bertemu satu sama lain secara terjadwal. Ini adalah hal penting dalam hubungan jarak jauh atau LDR. Selain itu, kamu dan pasangan perlu menggali lebih dalam perihal masa depan bersama. 

Coba tanyakan di mana kamu akan bertemu dalam setahun, lima tahun, atau sepuluh tahun mendatang. Diskusikan visi dan misi bersama untuk masa depan nanti. Percakapan ini tidak hanya akan membuat kamu lebih dekat dengan pasangan, tetapi juga mengatasi rasa kesepianmu dengan jadwal pertemuan kalian yang pasti.

4. Bicarakan hal yang menganggu kamu

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Karena kamu tidak tinggal bersama atau dalam satu kota, tentunya sulit untuk mengetahui apa yang mengganggu pasanganmu. Mungkin saja, kamu merasa ada yang berbeda dengan sikap si dia yang tak seperti biasanya, namun kamu tidak yakin. Cobalah ceritakan kepada pasanganmu tentang perjuangan yang kamu lalui. 

Bicarakan tentang perjuangan kamu di tempat kerja, lingkungan rumah, atau kecemasan apa pun yang kamu alami. Mintalah pasanganmu untuk saling berbagi dengan apa yang mengganggu dia di setiap harinya. Memahami perjuangan satu sama lain akan membuat kamu lebih siap untuk hidup bersama dan membuat kamu merasa lebih dekat, meskipun berjarak jauh.

5. Bertanya tentang apa yang membuat dia bahagia

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kepadanya bahwa kamu mencintai dia ialah dengan menanyakan apa yang membuat mereka bahagia. Bernostalgia saat masa-masa bahagia kamu bersamanya, secara alami akan membantu kamu tetap terikat dalam hubungan LDR ini.

Selain itu, membicarakan hal-hal kecil apalagi hal-hal yang lucu, yang terjadi sepanjang hari juga membuat kamu bahagia dan tertawa bersama, ataupun mengingatkan dia tentang kebersamaan kalian.

6. Menanyakan pada si dia, apa yang membuatnya bersyukur

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Rasa bersyukur adalah hal yang penting dalam suatu hubungan. Ajukan pertanyaan seperti, apa yang paling disyukuri pasangan kamu dalam hidupnya? Apa yang paling dia hargai tentang hubungan kalian? Ketika kalian merasa sedih atau merasa berjuang di hal tertentu dalam hidup, kamu akan tahu apa yang membuat dia merasa bersyukur, dan kamu juga akan memahami bagaimana cara membantu si dia. Jangan lupa, untuk saling mengingatkan satu sama lain tentang semua hal baik yang pernah terjadi dalam kehidupan.

7. Membicarakan cara berkomunikasi

7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!Pexels.com/RODNAE Productions

Cara komunikasi kamu dan pasanganmu juga bisa dijadikan topik obrolan. Sebagai permulaan, cobalah kalian saling berbagi tentang hal yang disuka maupun yang tidak disukai saat berkomunikasi.

Misal, jika dia terlalu banyak mengirim pesan teks selama kamu bekerja dan hal itu menganggu kamu, maka diskusikan waktu terbaik jika ingin mengirim pesan teks. Mungkin dengan memberi bahwa kamu senang mendengar kabar dia, tetapi kamu tidak dapat membalasnya selagi kamu masih bekerja. Memahami cara komunikasi satu sama lain sangat membantu dalam kesuksesan hubungan LDR kamu.

Itulah 7 topik obrolan LDR yang ampuh bikin hubungan langgeng. Semoga ini bisa membantu kamu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR 

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga Pelaminan