Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!

Apa saja, ya?

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!

Berada dalam suatu hubungan percintaan adalah salah satu hal yang paling menakjubkan yang ada dalam hidup setiap insan. Kita memiliki seseorang untuk saling berbagi, saling membutuhkan, dan yang paling utama adalah memberikan hati serta komitmen.

Tetapi, yang sulit diterima adalah saat kita harus menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Selain permasalahan jarak, hal ini membutuhkan lebih banyak kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan kedewasaan.

Sebelum memutuskan untuk menjalani LDR, sudahkah kamu bertanya pada diri sendiri? Apakah kamu sudah memastikan kalau kamu akan benar-benar berjauhan dan membutuhkan kepercayaan, kesabaran ekstra, dan lainnya? 

Mengutip dari laman Tribune, Popbela akan membantumu untuk memutuskan apakah kamu sanggup LDR atau tidak, dengan memastikan 5 hal ini sebagai berikut.

1. Masalah kepercayaan

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!Pexels.com/Clark Cruz

Fondasi utama dalam menjalani LDR adalah rasa kepercayaan. Kalau kamu sering curigaan, atau rasa insecure yang besar, sudah jelas hubungan jarak jauh nggak akan bisa kamu lakukan. Pasalnya, kamu nggak akan bisa melihat secara langsung apa saja kegiatan pasanganmu, dan dengan siapa dia menghabiskan waktu.

Kalau memiliki masalah kepercayaan seperti ini, kamu akan selalu merasa meragukan pasanganmu, yang padahal dia nggak melakukan hal yang kamu curigai.

Sebagai nasihat saja, kalau kamu menyadari akan merasa sulit menghadapi hal ini dengan rasa keraguanmu, sebaiknya nggak perlu. Sebab, hal ini akan merusak hubunganmu, bahkan yang terburuknya adalah, putus cinta.

2. Kecerdasan emosional dan kemandirian

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!Pexels.com/Mikhail Nilov

Sebelum memutuskan untuk menjalani LDR, kamu perlu meyakinkan diri apakah kamu cerdas secara emosional dan mandiri. Karena hubungan jarak jauh bukan untuk orang yang selalu melekat sama pasangannya, yang nggak bisa melakukan apa pun tanpa kehadiran sang kekasih secara fisik.

Kalau kamu termasuk tipe yang sering mengandalkan pasanganmu untuk dukungan emosional, mungkin akan terasa sulit untuk mempertahankan hubungan LDR.

3. Mampu melakukan sesuatu tanpa sentuhan fisik

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!Pexels.com/cottonbro studio

Berada dalam hubungan jarak jauh berarti nggak akan ada sentuhan fisik dalam jangka waktu yang lama. Kalaupun ada kesempatan sentuhan fisik, itu hanya sesekali saja. Masalahnya, kalau kamu adalah orang yang selalu ingin disentuh oleh pasanganmu, sebaiknya jangan menjalani LDR. Kalau melakukannya, kamu akan merasa bosan dalam jangka panjang.

4. Keterampilan komunikasi yang baik

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!pexels.com/ekaterina-bolovtsova

Bagi seseorang yang akan menjalani LDR, mereka harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan pasangannya meskipun tidak dapat melihatnya secara langsung. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan mengatasi masalah-masalah yang akan muncul dalam hubungan jarak jauh.

Kalau kamu nggak nyaman untuk video calls atau voice calls, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menjalani hubungan jarak jauh atau tidak.

5. Kamu punya kehidupan sendiri

Yakin Sanggup Menjalani LDR? Coba Pastikan 5 Hal Ini Dulu!Pexels.com/Ivan Samkov

Pada dasarnya, hubungan jarak jauh akan membuat kita dan pasangan berada dalam waktu yang terpisah. Kalau kamu adalah seseorang yang nyaman sendirian tanpa pasangan untuk jangka waktu tertentu, dan bisa menjalani kehidupan sendiri di luar hubungan asmara, tentu nggak akan jadi masalah, tetapi kalau nggak sanggup sebaiknya jangan lakukan itu.

Menjalani hubungan LDR memanglah nggak mudah. Sebelum kamu berkomitmen soal itu, jujurlah pada diri sendiri dan pastikan kamu akan bersedia melakukan banyak hal tanpa pasanganmu, ya.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat LDR 

Baca Juga: 7 Topik Obrolan Saat LDR, Ampuh Bikin Hubungan Langgeng!

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga Pelaminan

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Rayakan Ultah Pacar, 7 Potret Manis Angga Yunanda & Shenina Cinnamon

Rayakan Ultah Pacar, 7 Potret Manis Angga Yunanda & Shenina Cinnamon

trending

Trending

Deretan Pakaian Nyentrik yang Buat Para Artis Terlihat Telanjang

Deretan Pakaian Nyentrik yang Buat Para Artis Terlihat Telanjang

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Dating

Jadi 'The Bachelor Indonesia', Ini Tipe Perempuan Idaman Richard Kyle

Jadi 'The Bachelor Indonesia', Ini Tipe Perempuan Idaman Richard Kyle