Hari ini tanggal 16 September 2019 seharusnya menjadi hari ulang tahun penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye. Laki-laki bernama lengkap Chrismansyah Rahadi ini wafat pada 30 Maret 2007 akibat kanker paru-paru yang dideritanya. Meski sudah tiada, sosok dan karyanya masih melekat di ingatan para pecinta musik Indonesia.

Semasa hidup, Chrisye banyak menyanyikan lagu-lagu cinta. Bahkan hingga kini, banyak penyanyi dan musisi yang membuat dan menyanyikan ulang lagu almarhum. Penggalan lirik dalam lagu-lagunya yang abadi seolah bisa menggambarkan perasaan pendengarnya dengan syahdu. Nggak cuma enak didengar, ada beberapa pesan penting dalam lagu mendiang Chrisye yang bisa kamu petik.

1. Seperti yang Kau Minta

https://www.youtube.com/embed/Y2VvvtNWpKo

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang berusaha memahami keinginan perempuan yang ia dambakan. Ia tahu bahwa tak mungkin bagi dirinya untuk berubah demi menarik hati perempuan yang ia kagumi. Namun untuk mendapatkan cinta memang perlu ada perjuangan dan pengorbanan, salah satunya menjadi sosok yang lebih baik.

2. Kangen

https://www.youtube.com/embed/hVZEE62jjlg

“Semua kata rindumu semakin membuatku tak berdaya. Menahan rasa ingin jumpa.” Dengan lirik yang sederhana, lagu Kangen ini sudah menjadi lagu ‘kebangsaan’ bagi mereka yang memendam rindu. Lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh Dewa 19 ini mengajarkan kita bahwa rasa kangen itu diperlukan dalam hubungan, baik untuk pasangan jarak jauh maupun nggak. Karena dengan kangen inilah, hubungan akan menjadi semakin hangat.

3. Kala Cinta Menggoda

https://www.youtube.com/embed/o2jLWzwC4eg

Naksir dengan seseorang yang nggak available memang berat banget, ya. Tapi, yang namanya perasaan memang nggak bisa dibohongi. Semakin ditahan justru semakin sakit. Diutarakan atau nggak, itu keputusanmu. Yang jelas, kamu harus kuat jika memilih untuk menahannya. 

4. Kisah Kasih di Sekolah

https://www.youtube.com/embed/uWbnSFWH3kA

Jika bicara tentang kisah cinta saat sekolah, mungkin lagu inilah yang paling bisa menggambarkannya. Masa-masa sekolah bukan hanya masa belajar secara akademik, tapi juga belajar mengenal lain, termasuk cinta. Meski masih tergolong cinta remaja, namun pengalaman di sekolah, entah itu naksir kakak kelas hingga patah hati, adalah pengalaman yang berharga dan menjadikan kita lebih dewasa.

5. Andai Aku Bisa

https://www.youtube.com/embed/uahsU4-i3o4

Lagu ini bercerita tentang penyesalan seseorang ketika mengingat sosok yang pernah ia sayangi dulu. Satu hal yang nggak bisa didapatkan kembali di dunia ini, yaitu waktu. Jadi nikmati momen yang ada dan sayangi seseorang yang ada di sekitarmu sebelum semua itu berubah menjadi memori.

Baca Juga: 5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi Penyanyinya